Tingkat Kegunaan Teman saat Presentasi dari Urutan Berdirinya. Makin Mepet Tembok Makin Useless

Sebagai seorang pelajar, tentu udah nggak asing lagi sama yang namanya tugas kelompok. Agenda pembelajaran ini biasanya selalu ditunggu-tunggu oleh banyak siswa karena memang menyenangkan. Iya, lebih menyenangkan bagi mereka yang terima jadi, tapi cobaan bagi anak-anak pinter. Apalagi jika nanti hasil akhirnya diminta oleh guru buat dipresentasikan di depan kelas saat jam pelajaran.

Advertisement

Tentu masing-masing anggota kelompok akan mengambil perannya sendiri-sendiri. Ada yang bertugas menjelaskan, moderator, mencatat pertanyaan, mengoperasikan laptop, bahkan ada juga yang cuma sekadar numpang setor muka aja. Nah posisi-posisi ini uniknya seringkali bisa dilihat dari urutan berdirinya atau kedekatan dengan tembok. Nggak percaya!? Simak deh~

1. Siapa pun yang berdiri paling jauh dengan laptop dan berada di ujung barisan, biasanya adalah orang yang paling berguna. Pintar dan serba bisa~

Orang yang berada di paling kanan adalah yang paling berguna / Credit: pwmu

Bisa dipastikan, siswa yang berada di ujung barisan paling kanan dan paling jauh dengan laptop, pasti dialah yang paling pintar dan paling berguna. Nggak mungkin anak yang cuma sekadar numpang nama dan setor muka berani berdiri di posisi itu. Tugasnya berat lo, dia harus berinteraksi langsung dengan guru dan juga teman sekelas yang kadang suka ajukan pertanyaan nggak masuk akal. Selain itu, dialah yang paling pintar mengayomi temen-temen sekelompoknya. Diantara anak sekolah, orang-orang kayak gitu yang harusnya dapat penghargaan sama Nobel πŸ™

2. Masih tetap berjasa dalam tugas presentasi, orang yang berada di urutan dua atau tiga dari kanan, dialah yang selalu siap sedia membantu. Pokoknya gercep banget kalau ada yang kelupaan materi

Ilustrasi presentasi / Credit: smkmardiyuana

Berada nggak jauh dari orang yang berdiri paling ujung tadi, siswa yang di urutan nomer dua atau tiga adalah orang-orang yang berjasa memberi bantuan. Entah itu mengingatkan materi yang terlewat, cari jawaban apa yang ditanyakan teman-teman lain di depannya, sampai kadang bantuin ngomong dan juga menjelaskan secara lebih rinci. Biasanya, mentok sampai nomer tiga dari kanan bakal diisi oleh siswa-siswa perempuan. Tempat itu pokoknya menjadi posisi horor bagi siswa cowok. Nggak percaya? Coba perhatikan temen-temenmu deh.

Advertisement

3. Posisi paling β€˜enak’ sekaligus ngeselin dan useless banget, dipegang oleh siswa-siswa yang jadi operator laptop dan yang berdiri di sampingnya

Enak banget kerjanya cuma megang latop sama iya-iya aja / Credit: Twitter

Meski nggak semua bisa digeneralisir sama rata, namun fakta yang terjadi di depan kelas seringkali begini. Siswa yang bertugas mengoperasikan laptop dan yang berada di sampingnya pasti nggak jelas banget jobdesk-nya. Ikut menjelaskan materi juga nggak, apalagi bantu jawab. Enak banget, mereka paling biasanya cuma rebutan buat memindahkan slide presentasi. Kalau nggak ya ditambah ngasih kelimat penutup dan ucapan terima kasih.

Meski begitu, terkadang hal-hal kayak gini malah bisa jadi cerita di masa depan kok tentang konyolnya usia remaja kamu bersama temen-temen sekolah. Bayangin aja, besok pas udah berkeluarga terus kamu ketemu sama temen kelas waktu SMA dan saling sapa, β€œEh kamu dulu yang kerjanya cuma mencet-mencet mouse waktu presentasi kelompok kan!?”

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE