“Aku rela pergi pagi pulang pagi hanya untuk mencari rejeki. Doakan aku pergi semoga pulang dompetku terisi…”

“Haha… nyanyi apaan sih kamu? Suka ya?”

“Eh nggak-nggak! Ini tadi dengerin di mall, lagunya gitu jadi keinget-inget terus,”

“Bohong! Bilang aja suka nggak papa kok hahaha!”

Lagu yang sedang hits sering banget diputar di tempat umum. Gara-gara sering keputer dan nggak sengaja dengerin, lagu itu rasanya muter terus di kepala. Padahal, kamu sama sekali nggak suka dengan lagu itu. Tenang Hipwee menemukan solusi untuk masalah ini.

Ke mall, pasar, toko buku, angkot bahkan di rumah sendiri, semua orang memutar lagu yang lagi hits.

Duh, stop!

Duh, stop! via www.google.co.id

Advertisement

Lagu Hits/n/ musik pop yang diputar secara berlebihan di acara musik pagi.

Lagi jalan-jalan ke mall, lagu bernada minor dengan suara dimelayukan memenuhi ruangan. Beberapa kali kamu memang pernah (tak sengaja) mendengarkan lagu ini di tempat umum yang lain. Akhirnya, kamu paham kalau lagu tersebut memang sedang nge-hits. Sayangnya, tak semua lagu yang sedang populer itu enak didengar buat telinga kamu. Lagu-lagu yang menurut kebanyakan orang itu ‘keren’ ternyata terasa mengganggu di telinga kamu.

Lagu itu nempel di kepalamu meski kamu nggak suka sama sekali.

Bikin pusing pala barbie

Bikin pusing pala barbie via www.google.co.id

Lebih parah lagi, karena lagu itu sering tanpa sengaja kamu dengarkan dengan perasaan dongkol, lagu tersebut malah menempel di kepalamu. Ketika lagu tersebut tak lagi diputar, di kepalamu masih saja terngiang lagu tersebut. Bahkan, kamu yang nggak suka dan benci banget dengan lagu itu malah hafal setiap kalimat dalam lirik lagu tersebut. Sampai cengkok-cengkok suara penyanyinya pun kamu hafal. Help!

Semakin kamu coba melenyapkan semakin terus terngiang bahkan jadi kamu nyanyikan.

Eh jadi ikut-ikutan nyanyi

Eh jadi ikut-ikutan nyanyi via www.google.co.id

Advertisement

Seperti rasa gatal yang kamu garuk malah semakin gatal, begitulah yang kamu rasakan ketika lagu itu terus menerus ada di pikiranmu. Seolah-olah lagu itu mewakili perasaanmu. Ih, apaan suka aja nggak! Tapi, semakin kamu mengelak dengan mengatakan nggak suka sama lagu itu, dendangan lagu itu malah terngiang terus di kepalamu.

Ketika suasana lagi hening, lagu itu malah semakin mengisi kepalamu dan rasanya terus benrnyanyi di telingamu. Tanpa sadar pun saat sedang asyik bekerja, kamu tiba-tiba bersenandung lagu yang nggak kamu suka itu. Sial! Jadi diketawain sama teman sebelah deh disangkanya suka lagu itu, padahal nggak sama sekali.

Tenang, ini bukan sihir. Ada beberapa nama ilmiah untuk gejala ini; earworm atau repetunitis.

Menurut penelitian ada nama khusus untuk gelaja ini

Menurut penelitian ada nama khusus untuk gelaja ini via www.google.co.id

Ternyata secara ilmiah ada istilah untuk gejala lagu yang terngiang-ngiang di kepala ini. Gejala ini termasuk sindrom akhir lagu yang disebut earworm atau repetunitis. Enggak ada aturan lagu seperti apa yang bisa dengan mudah masuk ke otak dan bersarang di sana, tapi biasanya lagu yang liriknya berulang dan mudah dipahami lebih cepat bisa terkunci di otak. Tak ada yang tahu kenapa hal ini bisa terjadi, yang jelas pikiran manusia bisa dibentuk melalui pendengaran. Mungkin saja ada sesuatu yang berkaitan dengan hal ini, jadi lagu tersebut serasa diputar berulang-ulang di kepalamu.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengusir si earworm keluar dari kepala kamu:

1. Dengan menyanyikannya keras-keras dari awal sampai akhir katanya sih bisa menghilangkannya.

Nyanyikan lagu itu keras-keras

Nyanyikan lagu itu keras-keras via www.google.co.id

Salah satu cara agar lagu yang menempel di kepalamu itu segera minggat, kamu bisa mencoba menyanyikan lagu tersebut keras-keras dari awal sampai akhir Katanya cara ini cukup ampuh menghilangkan lagu yang nggak kamu sukai tapi menempel di kepalamu. Kalau kamu malu menyanyikannya di tempat umum, kamu bisa mencobanya di kamarmu yang tertutup dan tak ada siapa pun. Nyanyikan lagu tersebut sekencang-kencang sampai selesai agar lagu tersebut keluar dari kepalamu.

2. Berhenti berpikir kalau lagu tersebut jelek.

Jangan benci terus-terusan

Jangan benci terus-terusan via www.google.co.id

Cara lain, kamu harus berhenti berpikir kalau lagu tersebut jelek. Bedanya benci sama cinta itu tipis. Makanya kalau kamu nggak ingin lagu ini terus mengganggu pikiranmu, kamu harus mulai berhenti membenci lagu tersebut. Kalau kamu terus membenci lama-lama kamu malah jadi suka sama lagu tersebut. Jadi stop membenci lagu tersebut ya!

3. Coba dengarkan lagu lain yang kamu suka terus menerus.

Dengarkan lagu lain biar lagu yang menyebalkan hilang.

Dengarkan lagu lain biar lagu yang menyebalkan hilang. via www.google.co.id

Jika kedua cara di atas masih belum juga membuat lagu itu hilang dari kepalamu, coba kamu dengarkan lagu-lagu lain yang kamu suka berulang-ulang kali. Jadi lagu yang menyebalkan buatmu dan bersarang di kepalamu itu bisa tertutupi lagu yang memang kamu suka. Semakin sering kamu mengulang lagu yang kamu suka, maka lagu yang mengganggu telingamu akan semakin cepat hilang.

4. Penelitian terbaru: dengan makan permen karet lagu yang mengganggu itu bisa lenyap di kepalamu.

Kunyah permen karet bisa menghilangkan lagu yang mengendap di telinga

Kunyah permen karet bisa menghilangkan lagu yang mengendap di telinga via www.google.co.id

Kalau cara-cara di atas masih juga belum membuat lagu yang mengganggu itu hilang di kepalamu, kamu tak perlu khawatir. Baru-baru ini sebuah penelitian menemukan cara sederhana untuk mengatasi masalah ini. Kamu bisa mengunyah permen karet agar lagu yang menempel di kepalamu menghilang.

Penelitian ini menemukan bahwa orang yang mendengarkan lagu sambil mengunyah permen lebih cenderung mengabaikan lagu tersebut dibandingkan orang yang gak mengunyah sama sekali. Ilmuwan di University of Reading tersebut juga bilang kalau kita gak bisa “mendengar” saat kita mengerakkan rahang. Akhirnya, lagu-lagu alay gagal masuk ke otak kamu.

Jadi, mulai sekarang kalau ada lagu yang menurut kamu menggangut nggak usah buru-buru sewot. Kamu bisa mengunyah permen karet ketika lagu tersebut mulai menempel di kepala.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya