Andai COVID-19 Sebuah Band, Mungkin 6 Lagu ini yang Jadi Hits Mereka. Baladewa Merapat!

Lagu COVID-19

Sudah setengah tahun lebih Indonesia dilanda pandemi COVID-19. Orang yang tadinya takut ke luar rumah, kini jadi biasa aja, karena tuntutan hidup. Penanganan yang buruk pemerintah dalam mengatasi virus COVID-19 membuat pandemi berlarut-larut.

Advertisement

Saking udah terbiasanya, COVID-19 kerap jadi bercandaan. Salah satunya seperti yang dibagikan @RyuDeka ke linimasa Twitter. Ia membagikan pesan WhatsApp yang diterimanya di grup keluarga. Isinya tentang jokes perbedaan COVID-19 dengan Dewa 19. Menurut Hipwee Hiburan guyonan ini cukup menarik untuk dibahas. Andai COVID-19 jadi sebuah band, mungkin 6 lagu di ataslah yang jadi hits mereka. Cekidot!

1. Kalau Dewa 19 punya lagu “Kirana”, maka COVID-19 punya lagu “Corona”. Corona jamah aku, jamahlah rinduku~ 😀

Kucoba memahami pandemi corona
Terdampar di keruhnya kamar karantina
Hadir di muka bumi tak tersaji indah
Kuingin rasakan cinta

Advertisement

Setelah mengaitkan lirik lagu “Kirana” dari Dewa 19 dengan pandemi corona, penggalan bait pertama lagu itu ternyata cocok. Tema yang didapat dari lagu corona nantinya adalah seseorang yang pengin ketemu lagi sama pacarnya setelah dikarantina. Mantul!

2. Lagu kedua dari Dewa 19 yang bisa diadaptasi oleh band COVID-19 adalah “Bukan Cinta Biasa”. Judulnya perlu disesuaikan jadi “Bukan Virus Biasa”

Virusku ini bukan virus milik manusia biasa
Virusku ini virus sejati yang paling bahaya

Andai ada band COVID-19 beneran, maka lagu “Bukan Cinta Biasa” dari Dewa 19 ini layak diadaptasi jadi “Bukan Virus Biasa”. Kesan lagunya jadi orang yang positif COVID-19 sedang mengimbau orang lain menjauh darinya. Ia tahu virus ini berbahaya, maka orang lain nggak boleh mendekat. Salut sih, peduli banget sama orang lain.

Advertisement

3. Lagu “Separuh Nafas” nanti bakal berubah jadi “Sesak Nafas”. Hmm, kok jadi serem, ya

Sesak nafasku
Terasa karena dirimu
Saat kau tularkanku
Salahkanku

Ketika lagu “Separuh Nafas” disesuaikan dengan tema corona, jadinya malah serem. Cerita tentang orang yang kena COVID-19 karena temannya. Ketika temannnya disalahkan, dia malah nyalahin balik. Hmm, makanya jangan nongkrong dulu!

*nafas=napas

4. Lagu “Cukup Siti Nurbaya” bisa diubah jadi lagu imbauan. Judulnya jadi “Cukup di Rumah” saja 😀

Katakan pada mama
Hidup bukan hanya harta dan tahta
Pastikan pada semua
Di rumah saja bisa selamatkan dunia
(Di rumah aja mama, di rumah aja papa)

Mengimbau orang tua untuk tetap di rumah aja itu nggak gampang. Sering kali mereka ngeyel kalau dibilangin. Bapak misalnya, nggak betah di rumah mau kumpul-kumpul ronda. Lalu ibu, udah pengen cepet-cepet ikut arisan. Hadeeeeh, nyanyiin lagu “Cukup di Rumah” aja coba gih.

5. Lagu imbauan selanjutnya berjudul “Hadapi dengan Maskeran”. Diadaptasi dari lagu Dewa 19 yang berjudul “Hadapi dengan Senyuman”

Hadapi dengan maskeran
Semua yang terjadi biar terjadi
Hadapi dengan tenang jiwa
Semua ‘kan baik-baik saja

COVID-19 tergolong virus berbahaya. Meski begitu kita masih punya kesempatan untuk terhindar dari virus tersebut dengan melakukan protokol kesehatan. Cara yang paling mudah dengan memakai masker saat bepergian.

6. “Sedang Ingin Bercinta” bakal berubah jadi “Sedang Jaga Jarak”. Jangan pada nongkrong, woi!

Setiap ada kamu mengapa darahku
Mengalir lebih cepat dari ujung kaki ke ujung kepala
Setiap ada kamu otakku berpikir
Bagaimana caranya untuk menyingkir dari kamu

Lagu ini mengisahkan orang yang risih ketika didekati orang-orang asing. Momen yang sempat kita rasakan di awal-awal pandemi. Ketemu orang bawaannya parno.

Itulah 6 lagu Dewa 19 yang bisa diadaptasi dan disesuaikan dengan tema corona. Buat kamu yang suka covercover lagu, silakan pakai ide lagu di atas. Pandemi terus berlanjut, hiburan-hiburan seperti lagu sangat dibutuhkan untuk menenangkan batin orang banyak.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

CLOSE