Lihat Cewek Bule ‘Bening’ Dikit, Warganet ini Update Status dengan Nada Melecehkan. Dipikir Lucu?!

Pelecehan di media sosial

Etika bermedia sosial memang nggak dipahami semua warganet. Ada beberapa di antaranya yang memilih melontarkan kalimat dan tindakan-tindakan ‘ajaib’ sehingga memicu kegeraman oleh yang lain. Baru-baru ini seorang warganet sempat jadi bahan “diskusi” karena statusnya di Facebook dianggap nggak pantas. Semoga uraian Hipwee Boys berikut bisa mencerahkanmu, ya!

Seorang warganet diduga ditanyai seorang warga mancanegara yang tersesat. Seperti apa yang dia unggah, bule tersebut tampak sedang mencari jalan

Hmm aja, gitu! via twitter.com

Advertisement

Belum lama ini, status Facebook seorang warganet jadi viral dan diperbincangkan di berbagai platform media sosial lain. Semua ini disebabkan karena statusnya yang mengundang gemas karena dianggap melecehkan seorang wisatawan luar negeri.

Seorang warganet yang tampaknya kurang piknik ini menceritakan kalau seorang bule menghampirinya dengan kondisi “dada ke mana-mana” dan sedang meminjam ponselnya untuk melihat maps. Nggak lupa si warganet kurang piknik bahkan menambahkan gestur yang nggak sopan seperti kalimat, “Diapain dulu enaknya, sikat nggak? Hahaha.”

Sayangnya, apa yang dia unggah di medsos memang bener-bener nggak terduga. Bukannya niat ingin membantu, justru kalimatnya cenderung melecehkan

Halu, pulisi, ada yang nakal nih! via gifer.com

Bukannya terlihat lucu dan mengundang likes dari pengguna Facebook lainnya, status ini justru dibilang nggak pantas dan menuai banyak hujatan. Karena, bagaimana mungkin seorang perempuan yang sedang kebingungan bertanya alamat di negeri orang justru mendapat omongan nggak enak, bonus difoto secara diam-diam pula. Nggak heran kalau status ini pun sampai dibawa ke ranah medsos lain dan panen komentar negatif.

Advertisement

Meskipun niatnya bercanda, tapi kalau nggak lucu begini percuma juga. Mendingan dibantu dulu terus kenalan aja Mas, siapa tahu dapat relasi baru!

Tuh, kan, pada gemes! via twitter.com

Masih banyak cara untuk bercanda dan melontarkan guyonan. Tentu tanpa nada melecehkan dan nggak dibarengi pikiran-pikiran jorok lainnya. Padahal si bule pakaiannya sudah relatif sopan dan nggak separah yang digambarkan si warganet kurang piknik itu lo. Bukankah mendingan membantu mengantarkan Mbak Bule ke alamat yang dia tuju, siapa tahu, kan, jadi kenalan dan dapat relasi baru. Seru tuh!

Nggak semua yang kamu kira pantas dan lucu bisa dijadikan konsumsi semua orang. Alih-alih dianggap lawak, kamu justru bakal dihakimi oleh sejumlah orang yang risih dengan tindakanmu. Berperilaku di medsos memang gampang-gampang susah, konteks budaya dan norma yang patokannya beragam harusnya bikin kita ekstra hati-hati. Lain kali, mendingan bercandaannya yang lebih elit deh, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Sonyaruri---

CLOSE