Restu orang tua sangat penting untuk keberlangsungan hubungan kamu dan pacar hingga ke jenjang pernikahan. Ada yang bilang, restu orang tua itu sama dengan restu Tuhan. Langkahmu untuk menikah akan berjalan lancar dengan adanya restu dari orang tua. Dengan restu dari orang tua, niscaya keluarga baru yang akan kamu jalangkan akan penuh berkah.

Sayangnya, beberapa dari kamu mungkin hubungannya masih belum mendapat restu dari orang tua. Biasanya karena beberapa alasan inilah, orang tua kamu belum menyetujui hubunganmu dengan dia.

1. Kamu dan pasanganmu memiliki keyakinan yang berbeda.

Pacaran beda agama

Pacaran beda agama via musmus.me

Advertisement

“Tuhan memang satu, kita yang tak sama…

harus kah aku lantas pergi meski cinta tak kan bisa pergi…” Marcel, Peri Cintaku.

Lagu Marcel yang berjudul Peri Cintaku menjadi lagu yang menggambarkan hubunganmu banget. Kamu dan dia sangat ingin bersatu namun kepentok karena beda agama. Sebenarnya, kamu atau pun dia sih nggak masalah kalau harus menjalani pernikahan beda agama. Tapi ya gitu, orang tua masing-masing yang sangat mempermasalahkan.

2. Bisa juga karena dia berasal dari suku atau negara yang berbeda.

Punya pacar beda negara

Punya pacar beda negara via www.tokohindonesia.com

Selain berbeda agama, kamu yang pacaran dengan orang yang besa suku atau negara sering kali nggak dapat restu dari orang tua.

Advertisement

“Pokoknya, mama nggak mau ya kamu punya istri orang bule, nanti nggak mau di rumah!”

3. Orang tua hanya ingin punya mantu PNS.

Mantu idaman

Mantu idaman via megapolitan.kompas.com

Papa: sebenernya Rio itu anaknya baik, tapi apa dia nggak pingin daftar PNS gitu supaya masa depan kalian lebih baik? Lebih bagus lagi sih kalau kamu cari yang lain, yang sudah Polisi atau TNI gitu…

kamu: Pa, plis…

Ada orang tua yang masih beranggap bahwa pekerjaan yang paling menjajikan untuk masa depan adalah sebagai abdi negara. Makanya, orang tua pingin banget punya menantu seorang PNS atau kalau bisa anggota Polisi atau TNI. Anggapannya, kalau anaknya menikah dengan yang punya profesi tersebut masa depannya akan terjamin. Makanya kadang, kamu yang sudah punya pacar dan bukan seorang abdi negara kurang disetujui oleh orang tua.

4. Hubungan kamu bisa mengalami hambatan restu kalau pasanganmu belum bekerja.

Kerja juga belum

Kerja juga belum via www.latinpost.com

Orang tuamu juga belum merestui hubunganmu karena alasan pasanganmu belum bekerja. Boro-boro hidupin anaknya, hidupin diri sendiri aja belum mampu, begitu lah pikiran orang tua.

5. …Atau bahkan belum lulus kuliah. Arrghhh

Pacar kamu belum lulus

Pacar kamu belum lulus via www.isigood.com

Lebih parah lagi, kalau ternyata pasanganmu belum juga lulus kuliah.

“Emang nikah butuh ijazah ya? Bukannya ijab-sah?”

6. Pasangan yang bertato juga sering kali menjadi sulit dapat restu.

Beberapa dari kamu juga susah mendapat restu dari orang tua karena pasanganmu bertattoo. Meski sudah berkali-kali kamu menjelaskan bahwa pasanganmu anak baik-baik, punya pekerjaan yang jelas, dan bertanggung jawab tapi tetap saja orang tuamu nggak suka. Tidak sedikit orang tua yang beranggapan bahwa tattoo itu tanda bahwa anak itu nakal, nggak baik, dan lain sebagainya.

Kamu: Itu cuma seni, Ma, dia kan desainer ya memang sukanya begitu.

Mama: Seni kok kayak gitu, kalau dia itu ternyata anggota geng gimana? Nanti tiba-tiba suamimu ditembak sama petrus mau kamu?

Kamu: ini sudah bukan zaman orde baru kali, Ma…

7. Pekerjaan pasangamu dianggap kurang bermasa depan baik oleh orang tua.

Mau jadi apa kamu pacaran sama anak band?

Mau jadi apa kamu pacaran sama anak band? via www.talkmen.com

Sering kali, kamu merasa pasanganmu sudah sangat cocok dan pas buatmu, tapi orang tua mu belum merasa demikian. Memang pasanganmu sudah punya pekerjaan tetap, tapi sayang orang tuamu mengganggap pekerjaan pasanganmu kurang bermasa depan cerah.

Papa: Papa dulu juga anak band pas kuliah, tapi habis itu ya udah, kerja yang bener.

Kamu: dia itu nge-band bukan cuma seneng-seneng aja, Pa, tapi juga serius di industrinya…

Papa: ah, sama aja! Mau jadi apa nanti?

8. Pasanganmu sudah pernah menikah sebelumnya.

Terlalu banyak duda keren melemahkan iman, Pa...

Terlalu banyak duda keren melemahkan iman, Pa… via www.vemale.com

Memang jarang terjadi, tapi bukan berarti nggak ada kan? Kamu yang punya pasangan yang sudah pernah menikah sebelumnya sering kali susah mendapat restu dari orang tua. Orang tua pasti berpikir, ada banyak yang masih lajang kenapa anaknya harus sama orang yang sudah pernah menikah.

“Namanya juga cinta, Pak!”

9. Kamu dan pasangan memiliki jarak usia yang terlalu jauh.

Beda usia nggak jadi masalah kok, Ma...

Beda usia nggak jadi masalah kok, Ma… via mantenhouse.com

Masalah usia kadang juga bisa menjadi kendala bagi hubunganmu di mata orang tua. Kamu punya pasangan dengan jarak usia yang cukup jauh kadang sulit mendapat restu dari orang tua.

Mama: Apa nggak ketuaan buat kamu? Nanti kalau dia mati duluan kan kamu kesepian…

Kamu: Hidup mati udah ada yang ngatur, Ma, begitu juga dengan jodoh 🙂

10. Secara fisik, menurut orang tua, pasangamu kurang menarik.

Papa pinginnya punya mantu kayak gini

Papa pinginnya punya mantu kayak gini via hotbirthdays.com

Memang agak menyakitkan, tapi tak jarang orang tua belum memberikan restu karena menurutnya pasangan anaknya kurang menarik. Biasanya sih, alasannya karena orang tua pingin punya keturunan yang bagus-bagus jadi bibit bebet bobotnya harusnya dipilih betul-betul.

11. Orang tua memiliki jodoh yang menurut mereka lebih layak untukmu.

Seperti film

Seperti cerita lawas via www.lautanindonesia.com

Yang paling menyakitkan adalah ketika orang tuamu nggak setuju sama pasanganmu karena sesungguhnya mereka telah memilihkan pasangan untukmu. Banyak orang tua yang masih beranggapan bahwa pilihan orang tua adalah yang terbaik untuk anaknya. Kamu yang mengalami ini pasti merasa senasib dengan Siti Nurbaya.

12. Saat pertama kali kenalan, orang tua dan pasangan punya kesan yang buruk.

Pokoknya nggak suka!

Pokoknya nggak suka! via www.informationng.com

Entah apa yang membuat orang tuamu nggak suka dengan pacarmu. Pokoknya dari awal kamu mengenalkan pacarmu ke orang tua, mereka langsung nggak suka. Pokoknya, kesan pertama yang didapat orang tuamu tentang pacarmu buruk sehingga mereka belum merestui.

13. Pasangan kamu pernah nggak sengaja melakukan kesalahan yang bikin orang tua sebel.

Ada yang bikin sebel

Ada yang bikin sebel via www.mtv.com

Ada lagi yang sebenarnya, di awal baik-baik saja, tapi gara-gara pacarmu melakukan kesalahan orang tuamu jadi sebel dan jadi deh hubungan kalian belum direstuin. Misalnya saja, pacarmu pernah telat nganter kamu pulang ke rumah atau orang tuamu pernah ngelihat pacarmu lagi ngerjain hal yang nggak disukai orang tuamu, degum misalnya (lah bapak sendiri ngapain di situ). Pokoknya pas lagi apes deh!

14. Menurut orang tua, kamu dan pasanganmu dinilai tidak cocok secara kepercayaan tertentu.

Secara fengshui udah cocok belum?

Secara fengshui udah cocok belum? via daxueconsulting.com

Namanya orang tua ada aja pertimbangannya. Meski mungkin sudah jarang, ada juga orang tua yang tidak memberikan restu karena menganggap kamu dan pasangan tidak cocok. Entah itu tidak cocok secara weton atau hari lahir, ada yang dianggap tidak cocok sesuai fengshui dan semacamnya.

15. Kamu dan pasangan dianggap belum cukup umur untuk menikah.

Masih kecil sih

Masih kecil sih via favim.com

Yang terakhir, orang tuamu belum memberikan restu karena menganggap kamu dan pacarmu masih belum cukup umur untuk menikah.

“Ya elah baru juga masuk kuliah udah minta restu nikah!”

Ada banyak alasan yang membuat orang tua belum menyetujui hubunganmu. Kadang, alasan yang dilontarkan orang tua tidak masuk akal menurutmu. Tapi, namanya juga orang tua, pasti pingin yang terbaik untuk anaknya. Buat kamu yang masih belum direstui, sabar saja ya, kalau jodoh pasti nggak ke mana-mana kok!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya