Bukan hal yang aneh lagi kalau ada selebritas atau artis yang kemudian terjun ke dunia politik di Indonesia. Banyak seleb yang akhirnya duduk di kursi wakil rakyat dan meninggalkan karier keartisannya demi masuk ke lingkaran pemerintahan. Tapi nggak sedikit juga yang justru gagal ketika mencalonkan diri. Sebenarnya hal ini wajar, karena walau bagaimana pun, artis juga manusia biasa yang masing-masing bisa dinilai kapasitasnya.

Nah, baru-baru ini mantan artis cilik Tina Toon juga jadi pembicaraan publik lho. Penyanyi lagu Bolo-Bolo ini katanya sudah mantap mencalonkan diri dan pengen berkontribusi buat dunia politik di Indonesia. Bagi kamu yang ketika kecil dulu suka banget dengerin lagunya, nggak terasa, ya, kita sudah dewasa, dan sudah pantas kalau ikut ngomongin soal politik.

Tina Toon mengatakan pada media, dirinya pengen berkontribusi dan mengajak anak muda mengawal pemerintahan

Tina Toon bersama Megawati Soekarnoputri. via www.instagram.com

Advertisement

Banyak orang yang meramalkan bahwa pada 2025 mendatang, bisa jadi roda pemerintahan akan banyak dijalankan oleh anak muda. Mungkin, kemantapan Tina Toon masuk ke dunia politik bisa jadi sebuah tanda-tanda kalau anak muda juga punya geliat politik. Tina Toon atau yang punya nama asli Agustina Hermanto ini bakal mencalonkan diri pada Pemilihan Legislatif 2019 lewat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Sebagai generasi muda dan generasi milenial, memang masih jarang banget yang berani terjun. Masuknya figur publik muda di dunia politik jadi menarik buat dikulik

Anak muda yang mulai nyaleg. via wartakota.tribunnews.com

Sebenarnya banyak kekhawatiran yang muncul akibat konflik politik yang belakangan terjadi. Takutnya, anak muda jadi apatis sama politik. Tina Toon yang nyaleg jadi menarik dibahas karena sosoknya yang memang sudah tenar sejak kecil dan sudah berani ambil tindakan tegas untuk ikut berkontribusi. Terlepas dari kamu mendukung atau nggak Tina jadi caleg, toh, semua warga negara itu memiliki kesempatan yang sama dalam pemerintahan, kan?

Sebagai lulusan magister ilmu hukum, mungkin Tina merasa punya bekal yang lumayan

Latar belakang pendidian Tina Toon. via kumparan.com

Kalau bahas caleg, seringnya kita kembali lihat latar belakang pendidikannya. Nah, Tina Toon selama ini telah menempuh pendidikan S-1 Sistem Informatika dan S-2 Ilmu Hukum. Bekal pendidikan yang sudah ditempuh bisa jadi bekal yang bagus buat berkontribusi jadi wakil rakyat kok. Meski nggak sepenuhnya kapasitas seseorang selalu ditentukan dari titel pendidikannya juga.

Sebagai artis, Tina Toon terkenal banget lewat lagunya yang berjudul Bolo-Bolo yang jadi hit waktu kita kecil dulu. Dia juga sempat jadi host acara musik lho

karier Tina Toon via www.cnnindonesia.com

Advertisement

Kiprah Tina Toon selama ini dikenal di dunia musik sebagai penyanyi. Hitnya yang berjudul Bolo-Bolo memorable banget hingga hari ini. Ketenarannya ketika kecil juga sempat membawanya bermain di layar lebar pada tahun 2004. Beranjak dewasa dan berhenti jadi artis cilik, Tina diketahui sering manggung off air lho. Selain itu Tina juga sempat berlalu lalang di layar kaca belakangan ini sebagai host acara musik. Nggak sampai di situ, dia juga sempat membentuk girlband pada 2011 meskipun nggak dilanjutkan hingga sekarang.

Sebagai Warga Negara Indonesia tentu Tina Toon punya hak yang sama untuk ikut menyumbangkan pendapat dan pemikirannya dalam ranah politik. Namanya juga negara demokrasi, setiap orang boleh lho mencalonkan diri. Sama seperti Tina, kamu yang nggak nyaleg juga punya hak untuk mendukung atau nggak mendukung Tina. Yang jelas, kita harus bijak dalam mengambil tindakan, ya. Jangan sampai lalu menimbulkan konflik dan ketegangan yang berkepanjangan, kan, capek. 😀

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya