Meski sudah lama berlalu sejak tamatnya drama Korea The Descendant Of The Sun, tapi euforia pecinta drama Korea belum berkurang. Mungkin kamu masih ingat masa-masa rela beli kuota demi streaming-an per episodenya? Meski internet empot-empotan dan kamu harus menunggu buffering sampai ngantuk, kamu tetap rela. Namanya juga cinta.

Kali ini bukan drama Korea yang akan dibahas Hipwee, tapi tayangan yang kira-kira sepuluh tahun lalu juga membuat kamu kencanduan. Yup, telenovela. Sekarang Song Joong Ki dan Song Hye Kyo yang jadi idola semua, dulu Gabriela Spanic dan Fernando Colunga yang jadi idaman semua.

Masih ingat saat dulu kamu standby di depan televisi, menunggu telenovela kesayangan tayang? Kalau masih, judul-judul telenovela jadul ini pasti masih kamu ingat juga.

1. Cinta Paulina alias Usurpadora

Merupakan salah satu telenovela yang ‘meledak’ banget di zaman kamu muda. Ceritanya yang mengharu biru bikin kamu sering meneteskan air mata di depan TV. Menceritakan tentang saudara kembar, Paola dan Paulina, yang terpisah sejak masih kecil dan baru bertemu setelah mereka dewasa. Kedua orang ini berbeda sifat 180 derajat. Paola adalah perempuan sombong, licik, dan jahat, tapi justru beruntung karena menikah dengan Carlos Daniel Brancho si pria kaya. Sementara Paulina tumbuh jadi perempuan baik hati, penyayang, tapi miskin. Paola menjebak Paulina supaya dia menggantikan dirinya di keluarga Bracho, sementara dirinya liburan dengan simpanannya. Bisa ditebak, Paulina akhirnya jatuh cinta pada Carlos Daniel. Endingnya? Tentu saja Carlos Daniel menikah dengan Paulina. Cinta Paulina ini membuktikan bahwa tren saudara yang terpisah nggak cuma ada di sinetron Indonesia.

2. Rosalinda

Advertisement

Rosalinda via www.mundonets.com

Rosalinda adalah kerja sama antara sutradara Beatriz Sheridan dan Ratu Telenovela pada masa itu, Thalia. Menceritakan tentang Rosalinda, si gadis miskin penjual bunga, yang jatuh cinta pada seorang pemuda kaya raya dan baik hati, Fernando Jose. Mereka akhirnya menikah, dan punya anak bernama Erika. Tapi Ibu tiri Fernando Jose nggak membiarkan mereka bahagia, dan selalu berusaha memisahkan. Hmm. Mirip alur mainstream drama Korea—cowok kaya jatuh cinta pada cewek miskin—nggak sih?

3. Marimar

Marimar dan anjingnya (yang bisa bicara) via blog.tokopedia.com

Menceritakan tentang Marimar, gadis miskin dan pendiam yang tinggal di pondok kecil di tepi pantai bersama kakek dan neneknya. Marimar jatuh cinta pada Sergio, seorang pemuda tampan. Sayangnya, keluarga Sergio yang kaya raya nggak merestui. Meski akhirnya Sergio menikahi Marimar, tap Mama tiri Sergio (yang diam-diam naksir juga sama anak tirinya) tetap berusaha memisahkan. Marimar ini dibintangi pula oleh Thalia, yang memang cantiknya nggak perlu ditanya. Selain si cantik Thalia, yang nggak mungkin dilupakan di sini pastinya tokoh Pulgoso. Siapa itu? Anjingnya Marimar yang bisa ngomong (iya, bisa ngomong).

4. Yo Soy Betty, La Fea alias Betty La fea

Yo Soy Betty, La fea via www.pinterest.com

Siapa yang nggak tahu telenovela ini? Remake-nya pernah dibuat juga oleh Hollywood dengan judul Ugly Betty yang dibintangi oleh America Ferrerra. Nah, di versi aslinya, Betty adalah si sekretaris yang culun dan buruk rupa, dibintangi oleh Ana Maria dan jatuh cinta pada atasannya, Berbeda dengan telenovela lainnya yang membuat kita berurai air mata, Betty La Fea ini lebih sering membuat kita tertawa. Pada akhirnya, Betty yang jelek bisa bertransformasi jadi gadis yang cantik jelita, dan membuat Bos Armando Mendosa semakin tergila-gila. Saking suksesnya, telenovela Betty La Fea ini juga ada versi Jerman dan Indianya lho!

5. Esmeralda

Esmeralda via sharingdisini.com

Menceritakan tentang gadis buta yang sengaja ditukar dengan bayi lain oleh ibunya sendiri sesaat setelah melahirkan, karena takut dibenci suaminya. Sementara Esmeralda dibesarkan oleh orang lain, bayi laki-laki yang ditukar oleh Ibu kandungnya juga tumbuh jadi pemuda tampan. Bisa ditebak, akhirnya Esmeralda dan laki-laki itu saling jatuh cinta, dan ditentang keluarga, terutama Ayah kandung Esmeralda yang saat itu belum tahu bahwa Esmeralda adalah anaknya. Saking mengharu biru dan kerennya, ini adalah telenovela yang paling banyak diminta putar ulang oleh penonton kita.

6. Maria Belen

Maria Belen via www.childstarlets.com

Nah selain kisah asmara yang bergelora, ada juga telenovela “normal” yang boleh ditonton oleh anak-anak. Maria Belen salah satunya. Bercerita tentang gadis kecil yatim piatu yang diasuh oleh Pamannya. Maria dimasukkan ke sekolah asrama, dan di sana dia merasa nggak betah, karena selalu dijahati oleh temannya dan kepala sekolah. Untung ada guru cantik nan baik yang selalu membantu Maria. Ending-nya, guru cantik tadi menikah dengan Ayah kandung Maria Belen.  Saat Maria Bellen tayang, Ibu-ibu jadi terobsesi untuk mendandani anaknya seperti Maria yang khas dengan dua kuncirnya.

7. Carita De Angel

Dulce Maria via www.laprensa.hn

Lain lagi dengan kehidupan si lucu Dulce Maria di telenovela Clarita De Angel. Dulce lahir di keluarga kaya dengan Ayah, Nenek, Paman, dan Bibi yang baik hati semua. Sebagai anak kecil idola semua ibu, Dulce Maria adalah anak baik yang selalu ingin menolong orang lain. Sayangnya, Dulce Maria ini agak-agak kurang pintar. Jadi meski niatnya menolong, seringnya malah bikin orang lain cemas. Belum lagi, teman-temannya sering iseng dan memanfaatkan kepolosan Dulce Maria. Tokoh yang nggak kalah khas selain Dulce Maria pasti Tante Rambut Palsu, yang bikin kamu pengen banget punya rambut aneka warna begitu.

8. Amigos X Siempre

Amigos X siempre! via www.bintang.com

Selain anak-anak, ada juga telenovela tentang dunia remaja di Amigos X Siempre. Bercerita tentang sebuah sekolah menengah yang punya banyak aturan kedisiplinan. Tentang Ana, si pendiam anak kepala sekolah yang sering di-bully oleh temannya, Renata dan Patrica. Tentang Pedro, yang naksir Ana dan ditaksir oleh Renata. Santiago yang naksir Renata jadi cemburu pada Pedro. Jadilah mereka saling mengusili satu sama lain. Namanya juga cinta nggak kemana. Ending-nya, Anna tetap jadian dengan Pedro. Ternyata begitulah dunia remaja, meski nggak sekompleks dunia orang dewasa, tetap saja banyak dominasi cinta-cintaan. Hehe

Nggak cuma di sinetron Indonesia dan drama Korea, tema cerita si miskin jatuh cinta pada si kaya kemudian hubungan mereka ditentang orang tua juga menjadi di sebagian besar telenovela.  Kalau dipikir-pikir, ceritanya ya hanya gitu-gitu saja. Tapi dulu kita suka dan jadi tontonan bersama. Ada lagi nggak telenovela yang dulu sering kamu tunggu-tunggu?