Menuju Broadway Lewat Program Musical Theater Conservatory yang Digelar IndonesiaKaya Secara Hybrid

Indonesia Menuju Broadway 2021

Bicara industri hiburan klasik, wajib hukumnya menyebut Broadway. Yup, sebuah distrik di New York, Amerika Serikat yang berisi kumpulan teater dan pertunjukkan. Broadway telah menjadi semacam kiblat bagi seniman peran. Bermain di Broadway adalah kesuksesan yang akan mengantar kepada kesuksesan besar lainnya.

Advertisement

Kalau kamu akrab dengan Hollywood, aktor dan aktrisnya banyak yang lahir dari rahim Broadway. Kristen Bell, Julie Andrews, Hugh Jackman, dan Matthew Broderick adalah beberapa di antaranya. Broadway juga tersohor berkat pertunjukan-pertunjukan musikal yang pernah digelar. Sebut saja yang paling terkenal Chicago dan Phantom of the Opera yang sempat diadaptasi ke layar lebar.

Hingga saat ini, Broadway nggak pernah sepi antrean orang-orang yang ingin menjajal pengalaman. Namun, nggak sembarang seniman bisa masuk Broadway. Hanya seniman dengan ilmu panggung mumpuni yang bisa berada di sana. Kesempatan menjadi mumpuni itulah yang ditawarkan program ‘Indonesia Menuju Broadway (IMB) 2021’ besutan IndonesiaKaya bekerja sama dengan Passport to Broadway.

Indonesia Menuju Broadway 2021 hadirkan pelatihan vokal, tari dan akting setara tahun pertama sekolah konservatori Amerika Serikat

Peserta audisi Indonesia Menuju Broadway 2019 | dok. IndonesiaKaya

IMB 2021 adalah kali kedua IndonesiaKaya mengantar seniman peran Indonesia menuju Broadway. Kali pertama dilakukan pada tahun 2019. Dari sekitar 700 pendaftar IMB 2019, sebanyak 70 peserta terseleksi untuk pelatihan intensif menyanyi, menari dan akting selama lima hari bersama pakar dari Passport to Broadway. Kemudian, sebanyak 13 peserta dipilih untuk berangkat ke Broadway menjalani pelatihan intensif.

Advertisement

Tahun ini, kesempatan yang ditawarkan IMB 2021 masih sama. Hanya saja, skema yang dijalankan sedikit berbeda menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19. IMB 2021 kali ini membuka kesempatan menuju Broadway melalui program online and offline musical theater conservatory, yang akan diadakan secara intensif selama hampir satu tahun mulai tanggal 1 November 2021.

Program online and offline musical theater conservatory intensif ini disebut sebagai pionir di Indonesia, karena mengadaptasi silabus dari pelajaran tahun pertama sekolah konservatori di Amerika Serikat. Dengan kata lain, peserta nantinya akan mendapat pelatihan terkait vokal, tari dan akting sesuai kurikulum musikal dan teater Broadway.

Advertisement

Program Manager IndonesiaKaya Billy Gamaliel menjelaskan untuk pelatihan secara online nantinya akan melibatkan mentor dari Passport to Broadway, yaitu Amy Weinstein, Stephen Brotebeck, Seth Weinstein, dan Catherine Vaughn.

“Sementara untuk offline-nya nanti akan diselenggarakan di Jakarta bersama mentor dari Indonesia,” kata Billy dalam konferensi pers Indonesia Menuju Broadway 2021, Selasa (31/8).

Mentor dari Indonesia tersebut adalah Venytha Yoshiantini dan Putri Indam Kamila untuk kelas akting, Ufa Sofura, Pasha Prakasa dan Ayu Gurnitha untuk kelas tari, dan Dani Dumadi bersama Andrea Miranda untuk kelas vokal.

Cara dan syarat mengikuti Indonesia Menuju Broadway 2021

Alur pendaftaran dan periode kelas Indonesia Menuju Broadway 2021 | dok. Tangkapan layar/IndonesiaKaya

IMB 2021 terbatas hanya untuk 100 peserta berusia 15-30 tahun. Calon peserta harus mendaftarkan diri melalui website www.indonesiakaya.com, dan membuat video audisi terkait tiga sektor pelatihan. Tutorial terkait video audisi dapat dilihat di kanal YouTube IndonesiaKaya. Setelah itu calon peserta dapat mengisi formulir pendaftaran untuk kemudian diseleksi. Pendaftaran telah dibuka sejak 5 Juni hingga 30 September 2021.

Peserta yang lolos seleksi nantinya akan dihubungi pihak IMB 2021 melalui email untuk melanjutkan pembayaran biaya pendaftaran senilai USD250 langsung ke pihak Passport to Broadway. Dari 100 peserta terseleksi yang telah menjalankan program online and offline musical theater conservatory akan dipilih sebanyak 15 peserta terbaik untuk melanjutkan pelatihan intensif di Broadway, New York, Amerika Serikat.

“Program ini disubsidi oleh IndonesiaKaya. Peserta hanya diwajibkan membayar biaya pendaftaran. Peserta terpilih untuk pelatihan intensif di Broadway nantinya tidak perlu membayar biaya lagi,” jelas Billy.

Dengan pelatihan setara tahun pertama sekolah konservatori Amerika Serikat, biaya pendaftaran IMB 2021 terbilang murah. Jika dibandingkan mengikuti pelatihan yang sama di New York, calon peserta perlu merogoh kocek setidaknya sebesar USD30.000 hanya untuk biaya sekolah.

Di samping itu, Billy mengatakan akan ada program beasiswa penuh untuk calon peserta yang berasal dari komunitas teater. Melalui program beasiswa, calon peserta nggak perlu mengeluarkan biaya pendaftaran. Syarat yang perlu dipenuhi untuk ini hanyalah mendaftar. Nantinya pihak IMB 2021 akan menyeleksi formulir yang sekiranya layak diberikan beasiswa, dan akan dihubungi melalui email.

Indonesia Menuju Broadway 2021 bukan program yang mudah

Program Director IndonesiaKaya Renitasari Adrian | dok. Tangkapan layar/Zoom

Program Director IndonesiaKaya Renitasari Adrian mengatakan IMB 2021 merupakan ajang penting untuk diikuti seniman panggung. Berkaca dari IMB 2019, para peserta, khususnya yang berhasil berangkat ke New York untuk melanjutkan pelatihan intensif, hingga saat ini berhasil tumbuh secara karier.

“Program ini memungkinkan para peserta untuk belajar dari yang terbaik, bertemu dengan rekan-rekan dan para pengajar Broadway, dan memberikan bekal ilmu pengetahuan yang cukup untuk mengejar impian. Melihat batch pertama di 2019, mereka yang berangkat ke New York kini growing. Di antara mereka banyak yang terlibat di panggung-panggung besar komersil maupun nonkomersil,” jelas Renita.

Sejalan dengan itu, ia menekankan kalau IMB 2021 akan lebih berat dibanding IMB 2019. Selain karena periode program yang memakan waktu hampir satu tahun, Renita mengatakan IMB 2021 telah menaikkan standar levelnya. Untuk itu dibutuhkan komitmen dan pengorbanan dalam mengikuti seluruh rangkaian program ini.

“IMB 2021 bukan program yang mudah. Memang susah karena kita menaikkan standar level dari tahun sebelummnya. Untuk itu dibutuhkan komitmen, pengorbanan, hati, bakat, dan keberanian dalam mengikuti seluruh program ini,” pungkas Renita. 

Jalan menuju Broadway sudah terbentang. Jadi, silakan daftarkan diri. Siapa tahu kamu adalah salah satu orang berbakat yang akan menginjakkan kaki di panggung Broadway.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE