Viral Video Cewek-Cewek Berantakin Produk Minimarket Sambil Ketawa-Ketawi. Etikanya di Mana sih?

Rusuh di minimarket

Kehadiran minimarket telah memudahkan kita untuk berbelanja kebutuhan. Dari yang tadinya kita mesti ke pasar, warung, sampai apotek, kini semua yang dibutuhkan telah tersedia di minimarket. Beli detergen, mi instan, buah-buahan, telor, sampai obat batuk pun semua ada.

Advertisement

Nggak cuma ketersediaan barang, aturan jual belinya juga mudah. Semua produk telah ada label harga, keranjang siap sedia, dan bisa pakai kartu kredit juga. Barang lengkap, fasilitas juga lengkap, kurang apalagi coba? Makanya, kebangetan kalau ada orang rusuh di minimarket kayak cewek-cewek yang videonya viral berikut ini.

Beredar video cewek-cewek berantaki susunan produk di sebuah minimarket. Bercandanya gitu banget deh!

Viral di media sosial sebuah potongan video segerombolan cewek berbelanja di minimarket. Awalnya mereka melihat-lihat produk yang dijual, tapi ada beberapa dari mereka yang melakukan hal yang nggak beretika. Salah seorang menjatuhkan tisu yang tersusun rapi sambil ketawa-ketiwi. Sejurus berselang, ada seorang lain yang menjilat-jilati dan memencet-mencet kemasan produk buah.

Advertisement

Di sambungan video (Instastory) lainnya, mereka terlihat memborong banyak cemilan. Mirisnya, di video tersebut terdapat kalimat “orang kaya bebas“. Belum jelas siapa dan di mana tempat kejadian dalam video. Namun jika dilihat dari logat dan tanda video, kejadian tersebut bertempat di salah satu minimarket di Makassar.

Memberantaki etalase minimarket itu tindakan yang nggak beretika. Kasihan karyawan minimarket yang telah menyusunnya rapi 🙁

Kasihan karyawan dan pembeli lain, pasti nggak nyaman. via mix.co.id

Tindakan gerombolan cewek (seperti anak kuliahan) dalam video jelas sangat nggak beretika. Memberantaki susunan produk pada etalase jelas merugikan minimarket yang bersangkutan. Terlebih bagi karyawan yang bertugas. Mereka mesti memberesi lagi produk yang jatuh, sesuatu yang telah mereka kerjakan.

Belum lagi jika manajer minimarket nggak tahu kalau itu ulah oknum yang nggak beranggung jawab. Bisa kena marah. Belum lagi ada produk yang dijilati dan dirusak, sungguh menjijikan dan merugikan bagi konsumen lain.

Aturan pembelian sudah diatur di setiap minimarket. Meski nggak tertulis, mestinya itu dipatuhi karena menyangkut kenyamanan orang banyak. Udah rusuh, direkam lagi … etikanya di mana sih?!

Sebel banget melihat orang semena-mena berlandaskan slogan “orang kaya bebas”. Bebas juga ada aturannya kali!

Pengertian yang melenceng. via dubaiinformer.com

Slogan “orang kaya bebas” belakangan sering dikampanyekan. Slogan yang merujuk daya beli orang kaya yang kerap nggak masuk di akal sobat misqueen. Namun belakangan sering disalahartikan. Seakan-akan jika memborong barang yang banyak mereka bisa berlaku seenaknya. Pembeli emang dianggap raja, tapi, ya, mbok jangan jadi raja yang lalim!

Dalam hidup bermasyarakat ada aturan dan norma yang berlaku. Kamu berhak melakukan apa saja asal nggak mengganggu ketentraman orang lain, begitu juga sebaliknya. Kamu mesti mengontrol perilakumu jika nggak mau dibilang nggak beretika. Kenyamanan orang lain juga tanggung jawab kita.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

Editor

Senois.

CLOSE