11 Potret Kreatif Momen Khotbah Salat Id di Rumah Ketika Karantina. Yang Penting Berasa Lebaran~

Salat Id di rumah

Lebaran tahun ini agaknya punya banyak perbedaan dengan momen Lebaran yang sebelum-sebelumnya. Mungkin, di tahun ini juga kamu baru pertama kali mengalami gimana rasanya salat Id berjamaah di rumah sendiri setelah sekian lama selalu di lapangan atau di masjid. Tentunya, rasanya pun juga jauh berbeda karena hanya bisa dilakukan dengan anggota keluarga dan nggak bisa beramai-ramai karena adanya pandemi.

Advertisement

Uniknya, belakangan ini viral potret tetang kelucuan dalam menjalankan salat Id di tengah pandemi yang dilakukan oleh masyarakat di rumah masing-masing. Nggak cuma dari warganet asal Indonesia aja, tapi beberapa juga dari negeri tetangga yang rupanya merasakan hal serupa. Simak deh foto-foto di bawah ini~

1. Namanya juga di rumah, tentunya nggak ada mimbar masjid. Bisalah diakalin pakai mesin cuci begini, yang penting bisa berbagai pesan positif melalui dakwah :’)

Mimbar masjid ala mesin cuci. via twitter.com

2. Nggak selalu harus berdiri, apalagi kalau di depanmu ada orang tuamu. Kok kepikiran gitu sih pakai meja belajar buat jadi mimbar? 😀

Malah persis kayak mau belajar ngaji kok~ via twitter.com

Advertisement

3. Bukti bahwa kreatif itu bisa dilakukan tanpa batas. Tapi mohon maaf sebelumnya nih, apa khotbahnya nggak ngos-ngosan, ya? 🙁

Dinyalain ga, ya? Wkwk via twitter.com

4. Walaupun di rumah, khotbah pun tetap dilakukan sambil memperhatikan kebersihan. Nggak boleh lupa, hand sanitizer harus selalu ada!

Patut dicontoh. via twitter.com

5. Mesin cuci udah, meja belajar udah, alat olahraga juga udah, sekarang tambah lagi pakai air purifier. Ngebet banget harus ada mimbar biar rasanya kayak di masjid, ya, gini nih 🙁

Mimbar ala air purifier. via twitter.com

Advertisement

6. Memang sih, ada sebagian ulama yang bilang bahwa memegang tongkat saat khotbah itu dianjurkan. Tapi jangan pakai tombak juga kali, yang ada jamaahnya malah serem 🙁

Tombak rasa tongkat khotbah. via twitter.com

7. Ini lagi, bocil-bocil mau di mana pun kayaknya memang susah buat dikasih tahu deh. Tadi sih masih mending tombak, ada mirip-miripnya dikit. Ini malah pakai pedang begini, haduuuh 🙁

Malah pakai pedang. via twitter.com

8. Kalau yang punya rumah tingkat sih enak, nggak perlu susah-susah cari mimbar, tinggal naik tangga gini. Tapi kalau rumahnya cuma satu lantai yang ada malah kayak tadi~

Kreatif banget. via twitter.com

9. Ceramah rasa Star Wars yang begini nih, kayaknya si bapak pengagum berat Dart vader deh. Bisa-bisanya tongkatnya bercahaya begitu, ya, Pak~

Tongkat bercahaya. via twitter.com

10. Kakek yang satu ini pasti masa mudanya adalah seorang pemanah ulung, kelihatan banget nih dari peralatannya yang dijadikan buat tongkat. Hati-hati, ya, kek!

Siap memanah budaya setan! via twitter.com

11. Kalau yang satu ini sih kayaknya masih satu geng dengan bapak yang bawa tongkat bercahaya tadi. Kira-kira kalau mereka ketemu bakal main perang-perangan nggak, ya?!

Geng tongkat bercahaya. via twitter.com

Perlu diketahui, bahwa memegang tongkat saat melakukan khotbah itu memang dianjurkan oleh sebagian ulama. Itu artinya, boleh dilakukan dan boleh juga kalau nggak dilakukan. Meski begitu, kalau nggak ada tongkat yang beneran, bisa menggunakan benda lainnya yang lebih mirip, tapi jangan malah dibuat mainan juga, ya. 🙁

So, gimana Lebaranmu kemarin di rumah? Yang di kosan gimana?

Yuk, terus tambah kebaikanmu di bulan ramadan ini bersama Hipwee! Jangan lupa kunjungi halaman #RamadanDirumah ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE