Pengabdi Setan 2 Segera Tayang di Bioskop, Warganet Cerita Pengalaman Seram Saat Nonton Pengabdi Setan 1

Pengabdi Setan 2

Menonton film bisa dikatakan sebagai hobi banyak orang. Masing-masing dari mereka punya genre tersendiri yang dijadikan kesukaan. Namun, di antara banyaknya genre film, ada satu yang punya keunikan sendiri. Yaitu, horor. Nggak semua orang suka atau berani menontonnya. Bahkan di kalangan pencinta film sekalipun masih banyak yang takut berhadapan dengan jalan cerita yang menyeramkan dan banyak jumpscare ini.

Advertisement

Sutradara film Indonesia, Joko Anwar baru saja mengabarkan bahwa Pengabdi Setan 2 akan segera tayang di bioskop tahun 2022. Kabar ini dia sebarkan lewat akun media sosial Twitter (7/1/2022). Seketika, pengumuman itu langsung menggemparkan warganet. Pasalnya, banyak di antara mereka yang masih teringat-ingat pengalaman seram ketika menonton Pengabdi Setan 1.

Diketahui pada tahun 2017 Pengabdi Setan 1 udah lebih dulu dirilis. Pengabdi Setan adalah film horor yang dibuat ulang dari film berjudul serupa tahun 1980 silam. Film ini mengangkat kisah keluarga Rini (diperankan Tara Basro) yang berjuang menyembuhkan ibu (diperankan Ayu Laksmi) mereka yang udah 3 tahun sakit tanpa alasan yang jelas. Karena tubuhnya nggak bisa digerakkan, sang ibu harus sepenuhnya berbaring dan membunyikan lonceng ketika memerlukan bantuan. Kondisi keuangan keluarga yang sedang terpuruk memperparah proses penyembuhan ibu. Suatu hari, Rini menemukan ibunya terjatuh di lantai kamar dan menghembuskan nafas terakhir.

Sejak kematian sang ibu, rumah keluarga Rini sering mendapat intimidasi mistis. Dia dan ketiga adiknya didatangi sosok yang mirip mendiang ibu mereka. Intimidasi mistis itu berubah semakin parah sampai-sampai Rini harus meminta bantuan ustaz dan putranya. Rentetan kejadian mengerikan itu akhirnya banyak mengungkap masa lalu mendiang ibu mereka. Namun, banyak penonton yang merasa akhir cerita dari Pengabdi Setan 1 masih terasa menggantung.

Advertisement

Menanggapi kabar rilisnya musim kedua, warganet pun beramai-ramai memenuhi kolom komentar unggahan Joko Anwar dengan cerita unik masing-masing. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Kalau nonton film horor mustahil banget nggak ngebayangin adegan-adegan seram di dalamnya. Efeknya bisa jadi parnoan dan nggak berani kemana-mana sendirian deh

Terbayang-bayang

Terbayang-bayang | Credit: Twitter

Salah satu saran yang paling nggak berguna untuk penonton film horor adalah jangan dibayangin ceritanya. Mau dinasihatin bagaimana pun yang namanya menonton film itu otomatis melibatkan imajinasi kita. Adegan yang kita lihat sampai suara yang kita dengar pasti tersimpan di memori otak disadari atau nggak. Banyak warganet yang mengaku jadi parnoan dan harus ditemani kemanapun dia pergi. Belum lagi ada yang jadi kepikiran karena beberapa adegan dirasa terlalu seram sampai nggak masuk akal. Tapi kalau dipikir-pikir, emangnya pocong beneran bisa nusuk ustaz? Serius nanya.

2. Takut tapi kepo jadi dilema terbesar warganet ketika mau nonton film ini. Kolom komentar sekejap berubah jadi ajang cari teman nonton

Ajang cari teman nonton

Ajang cari teman nonton | Credit: Twitter

Kalau udah pengen tau alias kepo, apa aja pasti dilakukan deh. Termasuk rasa takut dalam diri sendiri pun diredam abis-abisan demi nonton Pengabdi Setan 2. Tapi, warganet yang seperti ini masih tau diri juga, mereka sadar kalau nonton sendirian sepertinya jantung mereka nggak akan kuat berhadapan dengan jumpscare. Jangankan jumpscare, dengerin denting lonceng ibu aja udah merinding satu badan.

Advertisement

3. Fix, yang bisa tahan nonton Pengabdi Setan 1 sampai habis (meskipun kebanyakan tutup mata) keren sih. Respect!

Satu adegan aja udah serem banget

Satu adegan aja udah serem banget | Credit: Twitter

Kalau mau dilihat lebih detail, wujud setan di Pengabdi Setan 1 ini kalah seram dibandingkan setan di film horor Indonesia pada umumnya. Riasan wajah mereka sebenarnya cukup polos tanpa banyak darah yang sering dijadikan simbol untuk menambahkan kesan seram. Tapi, rasa seram memang bukan perkara apa yang dilihat penonton, melainkan bagaimana perasaan kita dicampur aduk lewat adegan filmnya.

Selesai nonton Pengabdi Setan 1 siapa yang jadi sering nggak sadar ngecek jendela atau bahkan nggak berani melirik ke sana? Siapa yang jadi takut dengar suara lonceng? Ayo udah, ngaku aja!

4. Di tengah rasa takut, masih ada juga yang sempat melakukan analisis adegan Pengabdi Setan 1. Bukti kalau penonton Indonesia itu nggak cuma asal nonton

Masih sempat menganalisis

Masih sempat menganalisis | Credit: Twitter

Nggak bisa dipungkiri, memang banyak penonton yang merasa bagian akhir film ini membingungkan. Adegan di dalamnya membuat bertanya-tanya dan bahkan ada yang beranggapan kalau itu kurang masuk akal. Tapi, di situlah letak serunya menikmati karya orang lain. Keren sih buat kamu yang bisa punya opini sendiri tentang film ini. Tapi, itu semua bisa dilakukan setelah selesai nginap 1 minggu bareng temen plus 24 jam non stop musik religi kan?

5. Persektean duniawi ini memang harus diperjelas di Pengabdi Setan 2. Pasalnya, banyak mengundang pertanyaan dari warganet

Ending yang menggantung

Ending yang menggantung | Credit: Twitter

Masa lalu sang ibu yang ternyata pernah bergabung ke sekte terlarang sepertinya memang menjadi salah satu adegan yang perlu dijawab sampai tuntas di musim kedua ini. Jangan sampai penonton udah takut setengah mati tapi masih banyak adegan yang mengganjal di hati.

Itu tadi beberapa cerita warganet ketika menyambut rilisnya Pengabdi Setan 2. Apakah kamu juga pernah mengalami hal yang sama? Kalau tanggalnya udah rilis, kira-kira kamu bakal ngajak nonton siapa nih?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE