Akhir-akhir musik dangdut tanah air kembali hangat. Hal ini nggak terlepas dari penyanyi-penyanyi baru yang turut meramaikan dunia hiburan. Apalagi kehadiran mereka  yang masih muda dan fresh ini semakin membuat ranah dangdut Indonesia semakin bergairah. Sebut saja Ayu Ting Ting, Via Vallen, dan Nella Kharisma. Tiga perempuan muda dan cantik ini berhasil menaikkan kembali animo masyarakat terhadap musik dangdut.

Salah satu lagu dangdut yang akhir-akhir ini paling sering diperdengarkan, mulai dari radio, di sarana publik, hingga toko musik adalah “Jaran Goyang” yang dibawakan oleh penyanyi asal Jawa Timur, Nella Kharisma. Sefenomenal apa sih sebenarnya sosok dan lagu ini?

Video Klip “Jaran Goyang” saat ini ditonton lebih dari 105 juta orang mungkin jadi salah satu pencapaian terbesar di dunia hiburan tanah air, khususnya musik dangdut

Mencapai 105 juta views! via www.youtube.com

Advertisement

Salah satu lagu yang paling populer di akhir tahun 2017 ini adalah “Jaran Goyang.” Lagu ini dipopulerkan oleh Nella Kharisma. Nggak hanya di konser-konser dangdut, lagu ini nggak kalah populer di dunia maya. Bahkan tergolong sangat populer. Buktinya, hanya dalam waktu tujuh bulan, video klip Jaran Goyang telah ditonton lebih dari 105 juta kali. Tentu bukan angkat yang kecil, apalagi di kancah musih tanah air. Mungkin Jaran Goyang bisa disebut sebagai salah satu pencapaian terbesar akhir-akhir ini, selain lagunya Via Vallen yang berjudul “Sayang” yang telah mengumpulkan views sebanyak 108 juta kali.

Nggak cuma itu, sang penyanyi juga menjadi nama paling populer yang dicari di mesin pencarian internet sepanjang 2017

paling dicari via trends.google.co.id

Nggak hanya video klipnya saja yang ditonton ratusan juta kali, nama Nella Kharisma juga menjadi yang paling dicari sepanjang tahun 2017, terutama akhir-akhir ini. Bukan nama Ayu Ting Ting ataupun Via Vallen yang berada di nomor teratas, melainkan nama perempuan berusia 23 tahun ini. Hal ini tentu mengejutkan, mengingat di dunia selebritas nama Nella nggak sepopuler penyanyi dangdut lain yang sering masuk berita dan akun gosip. Artinya, pencarian nama Nella Kharisma ini bukan karena ada gosip atau pun gimmick, melainkan karena profesinya sebagai penyanyi dangdut populer.

Mulai dari anak-anak hingga orang tua, termasuk figur publik lainnya juga ikut menyanyikan lagu tersebut karena saking enaknya

bahkan buat acara wisudaan via www.youtube.com

Lagu Jaran Goyang ini juga bisa kamu dengarkan dalam berbagai versi. Karena lagu Nella yang satu ini di-cover oleh banyak orang. Mulai dari YouTuber, figur publik, hingga sesama selebritas, dan penyanyi seperti Via Vallen dan Hanin Dhiya. Nggak cuma itu, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Jember bahkan membawakan lagu ini di momen wisuda kampus mereka beberapa waktu lalu. Jadi wajar saja jika hampir semua golongan, mulai dari anak-anak hingga orang tua hafal dengan lagu ini.

Mungkin ada beberapa alasan kenapa lagu Jaran Goyan ini bisa melejit dengan cepat dan menjadi favorit masyarakat

Duh, Mbak Nella. via www.instagram.com

Advertisement

Tentu banyak alasan kenapa lagu yang satu ini cepat melejit dan jadi favorit masyarakat. Pertama, karena nggak sedikit dari pendengar yang merasa penasaran dengan apa itu makna atau arti dari “jaran goyang”. Ada juga yang mungkin merasa bahwa ini adalah lagu “nakal” karena berisi diksi “jaran” dan “goyang”, yang jika ditafsirkan, artinya adalah kuda bergoyang. Hal yang nggak bisa diabaikan juga adalah karena penyanyinya yang masih muda dan cantik sehingga memberikan warna baru di dunia perdangdutan tanah air. Liriknya pun juga mudah dihafal dan enak untuk bergoyang.

Kalau kamu salah satu orang yang masih belum tahu, jaran goyang merupakan mantra untuk menarik lawan jenis

arti Jaran Goyang via www.instagram.com

Tapi meski sudah sepopuler ini dibawakan oleh semua kalangan, masih banyak yang nggak mengerti dengan Jaran Goyang ini. Karena dalam lirik pun, bahasa yang digunakan nggak cuma bahasa Indonesia tapi juga bahasa Jawa. Jaran Goyang sebenarnya adalah sebuah mantra pengasihan yang berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur. Jaran goyang ini termasuk dalam golongan ilmu merah atau dikenal dengan santet karena berhubungan dengan perasaan cinta. Mantra satu ini biasa digunakan untuk menyatukan dua orang agar bisa bersatu dalam ikatan pernikahan atau sebaliknya, memisahkan dua orang yang saling mencintai sehingga salah satunya bisa menikah dengan pilihan keluarganya.

Kehadiran beberapa penyanyi baru yang langsung populer ini seakan memberikan angin segar dan harapan tinggi terhadap musik dangdut sendiri. Seiring berkembangnya zaman, nggak sedikit dari masyarakat sekarang terutama kaum muda yang lebih tertarik dengan genre musik lain seperti pop, rock, rap, dan lainnya. Musik dangdut yang dianggap tradisional membuat mereka merasa “kampungan” jika jadi salah satu penggemarnya. Padahal musik dangdut sendiri sudah mengakar dan bertahan layaknya budaya kita sejak lama.

Semoga nggak cuma sekarang, tapi juga kedepannya, musik dangdut semakin digemari dan dicintai oleh masyarakat terutama kaum muda ya, sehingga eksistensinya nggak terkikis oleh kehadiran musik kekinian.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya