Penuh Kehangatan, ini 5 Alasan Kenapa Sosok Nenek itu Malaikat Layaknya Ibu. Setuju?

Keluarga adalah rumah untuk berpulang. Keluarga adalah pelabuhan yang di dalamnya terdapat orang-orang yang sangat kita sayangi dan kasihi. Selain kedua orang tua, nenek adalah sosok malaikat pelindung dalam keluarga. Nggak bisa dimungkiri, sosok paling berumur tersebut memang sangat mengayomi dan mencintai keluarganya.

Advertisement

Bagi mereka yang sempat berpengalaman, bercengkrama dan berinteraksi dengan neneknya pasti setuju dengan statement di atas. Ada ribuan alasan kenapa seorang nenek disebut sebagai sosok malaikat pelindung keluarga yang mengayomi anaknya maupun kita cucu-cucunya. Nggak mengherankan kalau nenek adalah sosok yang dijaga dan diperjuangkan oleh keluarga atas jasa-jasa yang telah ia berikan.

Kenangan bersama nenek

1.Nenek adalah sosok paling fleksibel. Nenek memiliki peran ganda dan mengayomi semua anggota keluarga dari orang dewasa sampai anak-anak

Nenek adalah sosok pengganti ibu bagi cucu-cucu mereka. Namun, seorang nenek pada dasarnya merupakan seorang ibu yang memiliki anaknya. Biasanya nenek adalah cerminan dari sifat anaknya yang menjadi orang tua bagi cucunya. Jika nenek kita adalah orang penyayang maka kemungkinan besar ibu kita punya sifat yang sama.

Di dalam keluarga, nenek adalah sosok yang paling mengayomi. Bukan sekadar umur dan pengalaman, seorang nenek memang harus berperan ganda untuk orang tua dan anak-anak muda atau kecil di dalam keluarga. Nenek harus bisa menjadi tempat curhat dan berpulang anaknya maupun cucu-cucunya. Wajar kiranya kalau banyak keluarga yang merasa kehilangan saat sosok nenek meninggal dunia

Advertisement

2. Sosok nenek sangat mencintai seluruh anggota keluarga. Sejelek apapun pandangan orang luar, ia tetap menganggap keluarganya adalah orang-orang baik yang begitu penyayang

Nggak bisa kita pungkiri lagi, nenek adalah sosok yang paling mencintai keluarga. Apalagi jika hal tersebut menyangkut pada sosok cucu-cucunya. Nenek akan memberikan apapun pada cucunya saat pertemuan keluarga. Nggak mengherankan bahwa banyak orang yang punya kenangan manis dengan sosok nenek mereka. Anak-anak selalu menganggap neneknya adalah malaikat yang baik hati.

Berbeda dengan kedua orang tua kita yang memang bertugas mendidik, nenek kadangkala menjadi tempat untuk anak-anak bergembira. Seorang nenek akan berusaha maksimal untuk membahagiakan cucu-cucunya. Meski cucunya dianggap jahat oleh dunia sekalipun, sosok nenek akan selalu menganggap cucunya adalah anak baik hati yang ada dalam keluarganya.

Advertisement

3. Nenek selalu memberi banyak hal dengan tulus dan tanpa pamrih, serta selalu ada saat keluarga membutuhkan

Kalian yang pernah main atau diasuh beberapa waktu oleh nenek pasti paham bahwa nenek kita adalah orang yang sangat tulus tanpa pamrih. Sama seperti ibu kita, nenek akan menyediakan semua kebutuhan anggota keluarga yang datang ke kediamannya. Kalian pasti pernah mendapatkan makanan yang melimpah sampai uang dari nenek. Iya kan?

Sama seperti kedua orang tua kita, nenek hanya memberi-memberi dan nggak pernah mengharapkan apapun dari cucumya. Perlakuan baik ini juga bukan sekadar diberikan pada cucunya tapi pada anak-anaknya yakni orang tua kita dan anggota keluarga yang lain. Belum lagi, nenek adalah sosok yang selalu ada dan bisa diandalkan.

Bagi sebagian keluarga, menitipkan anak pada sosok nenek adalah pilihan yang paling tepat. Banyak orang tua yang percaya bahwa nenek akan mengurus anaknya jauh lebih baik dari seorang pengasuh berbayar. Secara sederhana, orang tua percaya bahwa sosok nenek akan mengasuh anaknya dengan baik layaknya sang nenek mengasuh mereka saat kecil.

4. Nenek bisa memberikan pelajaran hidup yang positif tanpa harus terdengar menggurui

Salah satu alasan kenapa anggota keluarga begitu nyaman dengan nenek adalah cara mereka berkomunikasi dan menerima kondisi anggota keluarganya. Karena penuh pengalaman hidup, seorang nenek akan selalu berpandangan positif dan sebisa mungkin memberikan nasihat-nasihat baik yang berguna bagi kehidupan anggota keluarganya.

Menariknya, seorang nenek akan memberikan pelajaran tanpa harus terdengar menggurui. Mereka tahu cara untuk membuat lawan bicaranya nyaman. Ditambah lagi, setiap anggota keluarga bisa membahas beragam hal dengan nenek. Nggak cuman masalah hidup, kadang ada orang-orang yang sangat dekat dengan neneknya sampai-sampai membicarakan perihal cinta dan jodoh dengannya.

5. Terakhir, karena masa hidupnya yang dekat dengan alam, nenek sangat mengerti bagaimana cara mengurus lingkungan

Nenek biasanya adalah sosok yang paling tua di dalam sebuah keluarga. Karena lebih dulu hidup, lingkungan seorang nenek tumbuh sangat berbeda dengan lingkungan kita hari ini. Umumnya, sosok nenek sangat dekat dengan alam dan hidupnya sangat bersinergi dengan lingkungan sekitarnya.

Karena terbiasa hidup dengan alam, maka nenek kita adalah malaikat pelindung sekaligus pengurus lingkungan rumah yang baik. Biasanya nenek jago banget mengurus hal-hal berbau dengan alam. Di masa tuanya, nenek biasanya mencari kesibukan dengan menjahit, berolahraga kecil dan paling penting mengurus pekarangan rumah dengan menanam beragam tanaman dari mulai sayuran sampai bunga-bunga indah.

Nah itu dia beberapa alasan kenapa sosok nenek adalah malaikat pelindung bagi keluarga dan harus banget kisa sayangi. Bahkan untuk sebagian orang, nenek adalah pengganti sosok ibu yang senantiasa mengurus, mendengar dan memberikan nasihat baik pada seorang anak. Terimakasih nenek! kau malaikat pelindungku <3

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

CLOSE