Agar Nggak Ada Tank Nabrak Gerobak Lagi, ini 5 Hal yang Perlu Dilakukan. Kasihan Abang Baksonya :(

Tank nabrak gerobak

Dari tampilannya yang sering kita lihat di film perang saja tank sudah menyeramkan. Kendaraan perang ini begitu kokoh dan tangguh. Nggak kebayang jika kita melihatnya dengan mata kepala sendiri, mungkin langsung terperangah ngeri-ngeri sedap. Perasaan semacam itulah barangkali yang dirasakan warganet setelah melihat video ini.

Advertisement
View this post on Instagram

Kecelakaan Lalu Lintas Kendaraan Tank Beredar di media sosial Instagram satu unit tank milik TNI AD mengalami kecelakaan tunggal di ruas Jalan Raya Cipatat atau tepatnya depan Polsek Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (10/9/2020). Video berdurasi 19 detik yang diabadikan oleh warga menunjukkan ada dua tank yang keluar dari Jalan Saguling, area PLTA Saguling, menuju Jalan Raya Cipatat. Saat melaju, tank pertama berhasil berbelok dengan mulus. Namun tank kedua tersebut tak terkendali, lalu menghantam sepeda motor dan gerobak penjual gorengan. Panit Lantas Polsek Cipatat Ipda Nana mengatakan, akibat kecelakaan tersebut, gerobak dan sejumlah motor yang sedang berada di pinggir jalan mengalami kerusakan. "Betul ada kecelakaan tank Yonkav 4, tapi itu sebetulnya hanya kecelakaan biasa saja," ucap Nana saat dihubungi detikcom. Nana menyebut, saat berbelok itu, pengemudi tak bisa mengendalikan laju tank hingga akhirnya menabrak. Tidak ada korban dalam kejadian tersebut karena pemilik motor dan penjual gorengan berhasil menghindar. Artikel Detik.COM #lakalantas#kecelakaam#tank#kendaraan#lapisbaja#tanktempur#jabar

A post shared by Warung Jurnalis (@warung_jurnalis) on

Insiden tank nabrak gerobak ini terjadi di Jalan Raya Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, pada Kamis (10/9). Kabar terakhir menyebutkan bahwa TNI siap memberi ganti rugi dan korban pun menerimanya. Nah, Hipwee Hiburan kali ini akan sedikit mengulas dan memberi saran terkait 5 hal yang bisa dilakukan agar kejadian serupa nggak terulang. Cekidot!

1. Aturan mengemudi tank mesti diperketat. Salah satunya dengan memberlakukan kepemilikan SIM T (tank) sebagai syarat utama

Nih, SIM T. via oomph.co.id

Untuk mengemudi kendaraan, ada aturan tertulis yang mewajibkan warga negara memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi). Kalau kendaraan biasa saja ada aturannya, kendaraan militer harusnya ada juga ada dong. Jangan biarkan prajurit yang nggak memiliki SIM T mengendarai tank sebab berbahaya bagi warga sipil.

2. Pengendara tank mesti diberi kesadaran untuk hati-hati. Masa di jalanan raya ngebut?

Jangan ngebut via amp.rappler.com

Kalau dilihat dari video, kesalahan tank terletak dari caranya berbelok. Laju tank terlalu kencang dan beloknya terlalu tajam. Pengendara tank mesti diberi penyadaran bahwa yang sedang dikendarai itu tank dan jalur yang dipakai jalanan raya. Saat perang mungkin boleh berkendara dengan kecepatan dan cara belok seperti pembalap itu, tapi kan ini nggak perang? Hati-hati banyak warga sipil.

3. Buat perlombaan drift untuk para pengemudi tank. Biar hobi nge-drift para pengemudinya tersalurkan

Bikin lomba via dunia.tempo.co

Cara tank dalam video belok mirip banget sama cara mobil di film Fast and The Furious lewati tikungan. Barangkali pengemudinya memang suka dengan olahraga adrenalin, khususnya balapan. Untuk mengakomodasi hobi mereka, maka ada baiknya diadakan perlombaan nge-drift atau balapan tank. Daripada hobi mereka tersalurkan di tempat dan waktu yang salah, maka sekalian difokuskan aja, yekan?

4. Kalau pengendaranya nggak bisa dikontrol, setidaknya lengkapi tank dengan fitur klakson biar warga yang minggir

Tukang roti aja ada klaksonnya via www.flickr.com

Advertisement

Kalau emang aturan berkendara dengan hati-hati itu susah diwujudkan maka seenggaknya ada fitur klakson pada tank. Jadi buat warga sipil yang ada di dekatnya bisa tahu kalau tank mau lewat. Seenggaknya mereka bisa mengalah untuk minggir meskipun sebenarnya itu wilayah jualan mereka, bukan wilayah konflik. Nggak apa-apa kok, warga sipil mah santai, udah biasa mengalah sama urusan negara. Memangnya, pejabat negara, jarang banget mengalah sama urusan rakyatnya.

5. Lagian ngapain tank di jalan raya, memangnya lagi konflik? Buatin jalur khusus atau cara memindahkan tank yang aman biar warga nggak jadi korban lagi

Dari bentuknya yang kokoh, tank bisa banget membahayakan warga sipil. Maka dari itu penting banget untuk menjauhkannya dari jalan umum yang jelas banyak warga sipil. Caranya mungkin dengan menghindari tank masuk jalan raya. Bikin jalan baru kek gitu, atau bikin protokol yang aman buat memindahkan tank. Misal, tanknya bisa dinaikin kendaraan lain.

Kita sama-sama sepakat kalau kejadian tersebut nggak disengaja, namun kita perlu belajar dari kesalahan agar nggak terulangi lagi. Untung cuma gerobak bakso yang jadi kerugian, bukan nyawa manusia. Alasan tank dibeli dan digunakan negara kan untuk melindungi rakyat bukan untuk menakuti apalagi membahayakan. Maka sudah menjadi kewajiban aparat untuk menjamin hal-hal semacam ini nggak terjadi lagi.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

CLOSE