Kalau ngomongin soal film, salah satu genre paling populer dan terkenal di industri perfilman Indonesia adalah horor. Sejak era Suzana, Pengabdi Setan versi old, Rumah Dara, film-film horor yang kayak ayam di restoran cepat saji (Baca: Paha-Dada), hingga film horor Pengabdi Setan versi Joko Anwar, selalu saja ramai dibanjiri penonton. Maklum, di negara kita tercinta ini, hal-hal berbau mistis dan horor masih sangat dipercaya. Karena itu film-film horor peminatnya.

Dan ngomong-ngomong soal film horor nih, kamu nyadar nggak sih kalau sebagian hantu di Indonesia digambarkan dengan kakinya nggak pernah napak tanah? Kayak melayang aja gitu… Belum lagi beberapa waktu lalu ada kasus “dosen gaib” di sebuah universitas yang viral karena kakinya nggak napak tanah saat mengajar di kelas. Hii… Bikin merinding! Penasaran nggak kenapa kok hantu-hantu itu kakinya nggak pernah napak tanah? Nih, Hipwee udah ngerangkum beberapa teori yang mungkin bisa menjawabnya!

Advertisement

P.S. Nggak usah serius-serius ah, nanti takut ;p

1. Ada teori yang bilang kalau hantu dan bumi itu bermuatan negatif. Ya kalau negatif ketemu negatif emang nggak bisa nyatu sih…

Hiii… via www.123rf.com

Teori yang satu ini didasari oleh hukum fisika. Jika manusia adalah materi dan materi adalah bagian dari energi, makna arwah, ruh, atau hantu adalah bagian energi negatifnya. Hal ini juga didasari oleh kepercayaan yang mengatakan hantu itu itu energi negatif. Sedangkan bumi sendiri adalah raksasa elektron yang bisa menetralkan petir. Nah berdasar ilmu fisika, kalau negatif ketemu negatif nggak akan bisa bersatu!

2. Teori yang lain menyebutkan kalau kaki hantu napak tanah karena alamnya sudah beda. Meskipun kita bisa liat, tapi realita bagi si hantu berbeda!

Alamnya udah beda :’) via www.today.com

Hantu itu makhluk tak kasat mata yang dimensi ruangnya sudah sangat berbeda dengan kita. Ada yang bilang hantu itu makhluk 4 dimensi, ada juga yang percaya teori sesederhana hantu itu alamnya berbeda dari manusia. Bisa jadi misalkan pijakan bagi kita yang hidup di alam manusia ini adalah tanah, sedangkan untuk hantu bisa jadi pijakannya berbeda lagi. Kan alamnya udah beda. Apa yang kita lihat belum tentu sama dengan yang bisa dilihat oleh si hantu!

3. Yang bilang bahwa hantu nggak mau napakin kakinya ke tanah karena nggak mau disamain dengan manusia juga ada lho…

Kecuali hantunya Casper~ via christmas-specials.wikia.com

Advertisement

“Ya ngapain napakin kaki ke tanah kalau kamu bisa terbang!”

Mungkin terdengar konyol, tapi bisa jadi itu benar lho. Hantu dan manusia kan berada di dunia yang berbeda. Kalau ingin menakut-nakuti manusia, harus ada efek yang memunculkan stigma hantu itu lebih superior dari manusia. Salah satu caranya adalah dengan melayang di udara! Kan kalau melayang gitu mau gerak buat nakut-nakutin jadi lebih cepet dan lebih dinamis. Jadi secepat apa pun kamu lari, bakalan terkejar… Hehe

4. Bisa jadi ini hanya akal-akalan si hantu untuk menutupi kelemahannya! Hmm…

Hiii… via id.bookmyshow.com

Di balik superioritas hantu yang bisa melayang dan seakan sangat menyeramkan itu, bisa jadi sebenarnya mereka hanya sekadar ingin menutupi kelemahannya. Coba deh kita bayangkan, kalau hantu-hantu itu kakinya napak tanah, jadinya nggak seram lagi. Kan jadi mirip manusia biasa. Apalagi kalau ternyata kaki hantu ini pecah-pecah. Atau kapalan. Atau mungkin cantengan? Iyuuh… Jadi nggak keren lagi kan?

5. Atau mungkin sebenarnya hantu itu kakinya napak, cuma kita aja yang keburu takut sebelum benar-benar memastikan!

Jangan bilang-bilang, yaa~ via id.bookmyshow.com

Teori yang satu ini bisa jadi benar lho. Si hantu ini bisa jadi kakinya napak tanah, hanya saja karena kita yang udah kadung ketakutan duluan, jadi keburu pingsan atau lari duluan sebelum memastikannya. Bisa juga karena saking takutnya, hantu tersebut jadi nampak melayang meski sebenarnya kakinya napak tanah! Ya namanya juga orang panik, pasti udah mikir yang enggak-enggak deh. Ya ‘kan?

Kayak kisah-kisah hantu di Webseries LEMBUR BACUN nih. Bacun si pegawai baru harus lembur di hari pertama kerja dan mulai “kenalan” dengan hantu-hantu di kantor yang usil. Terutama buat kamu yang masih belum puas dengan perkiraan Hipwee soal kenapa hantu kakinya ngambang, kisah horor yang dialami Bacun akan menjawab alasan kenapa hantu di Indonesia jalannya aneh-aneh. Ada yang ngambang, loncat-loncat, ngesot, dan masih banyak lagi. Webseries horor – komedi terbaru dari Kanna “LEMBUR BACUN” akan mulai tayang tanggal 9 Maret 2018 nanti. Yuk tonton trailernya dulu di bawah ini~

Tapi apa pun teorinya, tetap seram sih kalau ketemu hantu. Nah, saran Hipwee, kalau kamu ketemu hantu, jangan lari atau pingsan dulu. Coba cek kakinya, emang beneran melayang?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya