12 Prakarya Zaman SD yang Bikinnya Penuh Perjuangan. Padahal Kayaknya Sepele Banget lo!

Tugas prakarya SD

Apa pelajaran kesukaanmu waktu masih SD? Mungkin ada yang menjawab bahasa Indonesia, IPS, bahkan matematika. Di sisi lain, nggak sedikit lo yang suka pelajaran keterampilan atau prakarya. Biasanya kita bakal diajarin untuk membuat berbagai kerajinan tangan sendiri. Bahan-bahannya pun beragam, mulai dari sedotan sampai manik-manik. Kita pasti juga disuruh membawa gunting dan lem.

Advertisement

Dengan berbagai bahan dan peralatan itu, dulu kita bisa membuat berbagai prakarya yang menarik. Hasilnya pun bisa dibawa pulang dan dijadikan pajangan di rumah. Seru banget! Bikin bernostalgia sama zaman SD deh. Yuk, kita mengenang berbagai prakarya yang dulu sering dibuat~

1. Gantungan kunci bentuk ikan ini sering jadi tugas prakarya. Terbuat dari potongan sedotan yang dianyam kayak ketupat

Lucu, ya?! via masfikr.com

2. Kita bisa bikin lukisan kayak gini dari dedaunan kering. Baunya agak aneh sih, tapi yang penting bagus~

Dari dedaunan kering. via indo.amuslima.com

Advertisement

3. Waktu masih SD, siapa yang sering beli kertas lipat warna-warni? Berguna banget tuh buat bikin origami

Origami bangau. via www.liputan6.com

4. Gantungan kunci dari manik-manik ini butuh kesabaran ekstra. Salah gerak sedikit aja, bisa berjatuhan ke lantai semua

Gantungan cantik. via www.youtube.com

5. Nah, ini nih salah satu prakarya SD yang paling sering dibuat: hiasan dari anyaman kertas!

Harus teliti. via qolbunhadi.com

Advertisement

6. Lampion dari kertas minyak ini menguji kesabaran banget. Kalau salah ngolesin lem, hasilnya bisa gagal 🙁

Sulit banget. via kumparan.com

7. Lumayan seru nih bikin rumah dari stik es krim. Tapi kalau nggak sengaja diduduki, langsung remuk~

Bagus juga. via m.bukalapak.com

8. Sekali seumur hidup, pasti kamu pernah disuruh bikin pigura foto. Entah dari potongan kertas, sedotan, atau lainnya

Jadi pajangan. via www.kriya.co.id

9. Bikin kerajinan tanah liat juga nggak kalah seru. Kita bisa bikin macam-macam bentuk, dari pesawat sampai dinosaurus

Hasilnya unik nih. via twitter.com

10. Gemes banget, ya, prakarya yang ini! Terbuat dari biji jagung, kacang ijo, dan lain-lain yang dilem pada kertas

Menguji kesabaran. via pbs.twimg.com

11. Nggak punya celengan? Dulu kita nggak perlu beli di toko, karena bisa bikin sendiri dari stoples yang dilukis

Bisa buat nabung. via livingwellmom.com

12. Ini salah satu prakarya tersulit buat anak SD. Memasukkan benang ke dalam jarum aja kadang-kadang harus dibantu guru

Awas, ketusuk jarum! via plukme.com

Itulah berbagai prakarya yang sering dibuat saat masih SD. Bikin bernostalgia banget, ya! Yuk, sekarang coba bikin lagi dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Pasti hasilnya jauh lebih bagus dari yang dulu. Lumayan, kan, bisa jadi penghias ruangan.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

CLOSE