Pernah Heran Kenapa Tulisan Cowok itu Berantakan? Ternyata Logis Juga Alasannya

Ketika kita masih sekolah dan sering pinjam catatan, kebanyakan suka pinjam catatan ke teman cewek. Alasannya pun karena tulisan cewek itu lebih mudah dibaca, tulisan cewek rapi dan bagus. Anggapan ini jadi sebuah konstruksi turun temurun, meskipun pada dasarnya nggak semua tulisan tangan cowok itu jelek dan berantakan.

Advertisement

Ternyata ada penjelasan tentang fenomena ini. Kalau dipikir penjelasan ini masuk akal juga sih. Mau mengelak seperti apapun memang nyatanya kebanyakan tulisan cowok itu lebih berantakan ketimbang cewek. Yuk disimak dulu!

Sebagian besar alasannya adalah karena sistem kerja otak yang berbeda antara cowok dan cewek

Ilustrasi cowok menulis / Credit: Pexels mentatdgt

Pada 1992 ilmuwan Amerika Serikat menemukan bahwa cara kerja otak antara cowok dan cewek memang umumnya berbeda. Tapi ini bukanlah hal yang mutlak membedakan sistem kerja otak cowok dan cewek, artinya beberapa cowok mungkin cara kerja otaknya hampir sama dengan cewek. Pada usia awal-awal masuk ke sekolah saat itu sistem kerja urat syaraf motorik cowok belum sedewasa urat syaraf motorik cewek. Sehingga cewek cenderung lebih bisa mengendalikan bagaimana pergerakan jarinya untuk menulis dengan rapi. Karena ini terjadi di masa-masa awal anak masuk ke sekolah dan awal belajar menulis, kebiasaan ini pun bisa terbawa hingga dewasa dengan gaya tulisan yang hampir sama.

Urat syaraf motorik ini juga berpengaruh pada kecenderungan cowok dan cewek dalam menyelesaikan tugas manual seperti menulis

Ketika cowok menulis / Credit: Pexels Rodnae Productions

Tulisan tangan termasuk tugas manual yang dilakukan manusia. Karena urat syaraf motorik cowok secara biologis berbeda dengan cewek, maka kemampuan menyelesaikan tugasnya pun berbeda. Cewek cenderung lebih teliti dalam mengerjakan tugas manual. Sehingga tulisan tangannya pun cenderung lebih rapi. Sedangkan cowok lebih menguasai skill dalam menyelesaikan tugas tertarget yang biasanya membutuhkan ketepatan dibanding ketelitian.

Advertisement

Anggapan masyarakat juga ikut berperan, karena dianggap tulisannya cenderung jelek cowok secara nggak langsung jadi nggak tertarik nulis bagus

Udah terlanjur dapat stigma / Credit: Pexels Cup of Couple

Konstruksi seperti ini memang nggak seratus persen akurat, namun nyatanya kehidupan sosial kita lebih banyak bicara dan mendorong kita menentukan sikap. Tekanan dari anggapan kebanyakan orang yang terkadang menyalahkan dengan bilang, “Masa cewek tulisannya jelek kaya cakar ayam begini?” membuat cewek-cewek jadi berusaha lebih baik lagi dan membiasakan diri menulis dengan rapi. Sedangkan cowok cenderung jadi tidak peduli dan menerima anggapan itu dengan tidak berusaha menulis dengan rapi. Hal ini terjadi terus menerus sampai jadi hal yang dianggap lumrah saat ini.

Lebih rumit lagi, banyak pemerhati feminis menduga kalau ini ada hubungannya dengan budaya patriarki yang menganggap cewek lebih patuh dan ingin dipuji dalam banyak hal

Ilustrasi cowok saat menulis / Credit: Pexels Pixabay

Banyak pemerhati yang bilang kalau ini juga ada hubungannya sama budaya patriarki di lingkungan sosial manusia. Budaya ini adalah budaya yang menganggap posisi cowok lebih dominan. Cewek dianggap cenderung patuh dan suka banget dipuji, sehingga secara nggak langsung cewek ingin dilihat lebih baik daripada lainnya, meskipun dimulai dari hal sekecil kerapihan tulisan tangan. Hmmm,  hal yang nggak serius jadi kedengeran serius begini~

Gimana menurutmu? Apakah hanya karena tulisan tangan, cewek dan cowok perlu saling berdebat nih? Yang jelas sih mau cewek atau cowok kalau profesinya dokter seringnya tulisannya tetep sulit terbaca, hehe.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE