Kalau ngomongin soal nama memang nggak ada habisnya, ya. Bisa tentang nama yang ‘pasaran’, nama unik, nama yang ‘Indonesia banget’ dan lain sebagainya. Apalagi kalau bicara tentang nama unik. Nggak usah nama-nama yang ada di dunia dulu, di Indonesia saja sudah banyak banget, bahkan nggak kalah lucunya.

Meski begitu, nama-nama ini tetap saja memiliki cerita di baliknya. Seperti nama seorang bayi yang akhir-akhir ini viral di media sosial. Bukan nama pemain film atau pemain bola, kedua orang tuanya justru memberikan sang bayi dengan nama klub sepak bola.

Seorang pria memberi nama unik untuk anaknya yang baru lahir, yaitu Persib Satu Sembilan Tiga Tiga

Persib Satu Sembilan Tiga Tiga via bolabanget.id

Advertisement

Beberapa hari terakhir, media sosial dihebohkan dengan beredarnya sebuah akta kelahiran. Memang terlihat biasa, tapi ketika kamu melihat nama anak yang terdapat di dalam akta tersebut mungkin kamu akan kaget. “Persib Satu Sembilan Tiga Tiga“, merupakan anak kedua dari Asep Kuswandi dan Lilis Sumiati. Nama tersebut diberikan oleh sang ayah sebagai nazar yang pernah diucapkannya, jika anaknya yang kedua ini berjenis kelamin laki-laki. Yups, Asep merupakan salah satu pencinta klub sepak bola Persib.

Ia berharap suatu saat anaknya bisa disukai banyak orang layaknya klub tersebut. Dan ia juga berharap nanti sang anak bisa seharum dan seterkenal Persib di Tanah Air. Dilansir dari laman pikiranrakyat.com, Asep yang awalnya pengen menamai anaknya “Persib” saja ini tiba-tiba mendapat inspirasi saat menonton pertandingan Persib di televisi. Hingga akhirnya ia memberi nama sang anak yang lahir seminggu kemudian dengan “Persib 1933”. Namun karena dalam akta nggak bisa pakai angka, nama anaknya pun akhirnya berubah menjadi “Persib Satu Sembilan Tiga Tiga”.

Sebelumnya, warganet juga dihebohkan dengan beredarnya akta kelahiran seorang anak dengan nama sebuah mobil, yaitu Pajero Sport

Pajero Sport via beritagar.id

Nggak cuma Persib yang memiliki nama unik, Muhammad Muis Iskandar dan Novi Yanti, warga Pamulang, Tangerang Selatan sebelumnya juga sempat viral di media sosial. Pasalnya, pasangan suami istri ini memberi nama anaknya persis sama dengan nama sebuah mobil, yaitu Pajero Sport. Tahun lalu, nama sang anak menjadi viral setelah undangan akikahnya beredar di media sosial. Sama seperti Asep, Muis yang juga nge-fans dengn jenis mobil tersebut berharap agar suatu saat san anak memiliki karakter yang tangguh, keren, dan kuat dalam menghadapi rintangan.

Semua orang tua tentu menginginkan yang terbaik bagi anaknya. Tapi kira-kira ketika sudah besar nanti mereka bakal protes nggak, ya? Seperti bocah yang bernama Ariel Peterpan ini

Aril Piterpen via www.bintang.com

Advertisement

Bagi sebagian orang, nama memanglah hanya nama. Yang terpenting adalah makna di balik tersebut. Sehingga apapun bisa menjadi inspirasi untuk menamai sang buah hati yang baru lahir. Biasanya para orang tua akan mencari nama anak mereka dari kitab suci, misalnya, dan membutuhkan waktu yang lama untuk menentukan nama apa yang akan diberikan. Namun nggak sedikit orang tua yang memberi nama sang anak dari hal-hal biasa yang kita dengar atau ucapkan sehari-hari, bahkan telah mewakili sebuah benda dan lainnya. Bagi orang lain mungkin itu termasuk nama yang “nggak biasa” dan unik, tapi para orang tua ini justru punya cerita lain di balik nama tersebut.

Yang bikin penasaran warganet adalah bagaimana nanti ketika anak-anak ini sudah besar dan mengerti dengan nama yang diberikan orang tua mereka. Apakah mereka bangga atau justru protes dan pengen ganti nama. Seperti seorang bocah SD yang bernama Aril Piterpen ini. Ia sempat viral karena namanya uniknya itu. Bahkan ia sempat pengen mengganti namanya. Karena sering di-bully teman-teman di sekolah. Bocah kelahiran 2007 ini diberi nama sesuai dengan vokalis Peterpan tersebut karena keinginan sang ibu. Apalagi ketika ia akan melahirkan, Peterpan tengah manggung di Banyuwangi. Beruntung kini ia sudah nggak lagi berniat mengganti namanya itu setelah melihat sosok Ariel.

Pemberian nama ini mungkin penting bagi kita yang memilikinya. Tentu kita berharap kalau nama kita bisa sekeren atau seunik orang-orang yang populer di dunia. Dan jika bisa, nama kita nggak “pasaran”. Namun, kalau kita tahu makna di balik apa pun nama yang diberikan orang tua, mungkin kita akan lebih bangga. Seperti Persib Satu Sembilan Tiga Tiga dan Pajero Sport. Semoga kelak mereka benar-benar menjadi sosok yang diharapkan oleh orang tuanya dan menerima nama uniknya itu, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya