Aku belum mandi tak tun tuang tak tun tuang
Tapi masih cantik juga tak tun tuang
Apalagi kalau sudah mandi tak tun tuang
Pasti cantik sekali~

Saat membaca penggalan lagu ini, sebagian besar kamu pasti bakal langsung menyanyikannnya. Wajar saja, soalnya akhir-akhir ini lagu tersebut lagi viral-viralnya. Nggak di televisi, radio, media sosial, bahkan di pasar sekalipun, lagu ini diperdendangkan.

Advertisement

Dialah Upiak Isil, penyanyi asal Bukittinggi, Sumatera Barat, yang semakin sering muncul di depan publik membawakan lagunya tersebut. Dengan suara tinggi, dan setelah ala amak-amak (ibu-ibu), ia sukses menghibur penonton.

Lagu “Tak Tun Tuang” sebenarnya sudah dirilis sejak tahun 2016 namun mulai viral akhir-akhir ini

Dirilis tahun 2016 via www.youtube.com

Lagu yang berjudul “Tak Tun Tuang” ini sebenarnya sudah dirilis sejak lama, sekitar tahun 2016 lalu. Penyanyi aslinya, yaitu Upiak Isil, membawakan lagu ini dengan riang dan ceria. Video klip yang diambil di pasar dan di Jam Gadang ini memang memiliki bahasa campuran, yaitu antara bahasa Indonesia dan bahasa Minang. Tapi di situlah asyiknya lagu tersebut. Liriknya yang lucu, iramanya yang ceria, serta penyanyinya yang melagukan dengan suara tinggi membuat lagu ini gampang dihafal.

Hebatnya, lagu ini malah viral duluan di luar negeri seperti Malaysia dan Thailand

viral di Malaysia dan Thailand via www.instagram.com

Beberapa waktu terakhir, lagu penyanyi Minang ini semakin populer aja. Hebatnya, lagu “Tak Tun Tuang” ini malah viral duluan di negeri tetangga, seperti Malaysia dan Thailand. Upiak Isil bahkan berkali-kali diundang keluar negeri untuk menghadiri program acara televisi ataupun live di konser-konser. Tentu saja, reaksi dari para penonton sangat excited dan terkejut dengan kehadiran Upiak Isil. Apalagi ia selalu tampil dalam busana amak-amak yang menggunakan atasan daster dan bawahan kodek (sarung).

Saking niatnya, salah satu studio musik Malaysia bikin versi terbaru lagu Upiak Isil ini

Sampai dibikin video baru via www.style.tribunnews.com

Advertisement

Nggak hanya mendapatkan respons positif dari masyarakat, lagu “Tak Tun Tuang ” ini bahkan dibikin versi ulangnya oleh salah satu studio musik asal Malaysia, MVM Music. Video yang dihadirkan dengan resolusi yang lebih tinggi ini dalam kurun waktu kurang dari dua minggu sudah mencapai 2,7 juta penonton. Keren, ya?

Meski lagunya sangat ceria, kehidupan Upiak Isil selama ini cukup membuat haru

16 album via www.instagram.com

Di mata masyarakat, sosok yang memiliki nama asli Silvia Nanda ini adalah orang yang ceria dan nggak peduli dengan omongan orang lain. Ia tampil apa adanya, bahkan terkesan “nyeleneh”. Dia nggak mencoba untuk tampil secantik mungkin, tapi malah sekocak mungkin. Namun di balik keceriaannya dan lagu-lagunya itu, Upiak sempat bercerita tentang momen sulitnya. Orang tuanya yang sudah bercerai saat ia masih kecil, membuatnya harus ikut membantu perekonomian keluarga. Ia mulai bernyanyi sejak umur 13 tahun. Dan hingga saat ini udah merilis 19 album. Selama perjalanan kariernya itu, Upiak merasakan jatuh bangun, bahkan diremehkan oleh orang-orang. Namun itu semua rasanya cukup terbayarkan ketika lagu “Tak Tuan Tuang” populer dan viral.

Dan kini, berbagai cover lagunya dinyanyikan ratusan orang, termasuk artis terkenal seperti Ian Kasela

banyak yang cover lagunya via www.instagram.com

Nggak cuma diundang ke luar negeri, lagu “Tak Tun Tuang” juga mendapatkan tempat yang luas di hati penggemar dan masyarakat. Buktinya ratusan cover lagu ini muncul di YouTube. Nggak hanya orang biasa yang menyanyikannya, artis papan atas pun nggak lupa ikut menyanyikannya. Bahkan vokalis Radja, Ian Kasela juga ikutan bikin cover lagu ini.

Belasan tahun ia berkarier hingga akhirnya Upiak Isil bisa dikenal di seluruh nusantara bahkan mancanegara. Gayanya yang terbilang nyentrik dan beda dari penyanyi lainnya juga nggak berubah, meski sudah sepopuler ini. Di layar kaca, ia tetap tampil dengan daster dan sarung. Ditunggu karya-karya lainnya, ya, Uni! Agiah taruih!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya