Sebuah video yang menunjukkan aksi seorang siswa di sekolah menengah pertama di Gresik, Jawa Timur, viral di media sosial. Dalam video yang diunggah di Instagram @krishnamurti_bd91 tersebut tampak perilaku tidak sopan dari murid tersebut kepada gurunya. Murid SMP tersebut menantang dan mencengkeram kerah baju gurunya. Sikap itu tentu tidak bisa dibenarkan. Murid tersebut pun mendapat banyak kecaman di media sosial.

Seperti apa kronologis ceritanya, yuk simak ulasan Hipwee ya!

Dalam video berdurasi 54 detik ini, seorang siswa SMP di Gresik bersikap menantang dan melawan gurunya sendiri. Parahnya, ia sampai memegang kepala gurunya!

Advertisement

SMP PGRI Kecamatan Wringinanom di Kabupaten Gresik sedang mendapat perhatian dari netizen seluruh Indonesia di akhir pekan ini. Betapa tidak, salah satu siswanya tengah viral di media sosial. Beredar sebuah video aksi yang tidak terpuji dari salah satu siswa SMP PGRI Wringinanom kepada gurunya. Siswa ini bertindak kurang ajar dengan cara menantang, memaki-maki, memegang kepala dan mencengkeram kerah baju gurunya. Sebuah tindakan tidak bermoral yang ironisnya terjadi di ruangan kelas, tempat di mana nilai-nilai moral diajarkan.

Tidak diketahui secara pasti detail penyebabnya, namun disinyalir karena Pak Guru tersebut melarang si siswa yang merokok di kelas. Ya elah bandel banget nih anak…

murid menantang gurunya via planet.merdeka.com

Awalnya sih guru tersebut mendatanginya, kemungkinan mengingatkan agar dia tidak merokok di kelas. Namun, siswa ini justru ‘menoyor’ kepala sang guru. Ia mendorong dan memegangi kerah baju gurunya seolah menantang berkelahi. Lalu ia seolah akan memukul guru tersebut. Perlakuan tidak menyenangkan tersebut cuma didiamkan saja oleh sang guru.

Advertisement

Siswa kurang ajar tersebut lalu menyalakan rokoknya dan melanjutkan merokok di dalam kelas. Teman-temannya pun seolah acuh tak acuh dan justru tertawa-tawa melihat kejadian tersebut. Sebuah pemandangan yang bikin kita miris dengan keadaan dunia pendidikan di Indonesia.

Satu hal yang pasti, kejadian ini akan berbuntut panjang karena Dinas Pendidikan dan Kepolisian segera melakukan investigasi terhadap kasus ini

murid tantang guru via news.detik.com

“Hanya yang saya sayangkan dan juga saya sesalkan, pertama kenapa siswa itu sampai merokok di dalam kelas. Kedua, kenapa juga Pak Guru kok terlihat kurang tegas dan tidak berwibawa di hadapan murid seperti itu, ujar Kepala Dinas Pendidikan Gresik, Mahin, seperti dikutip Kompas.

Pernyataan Kepala Dinas Pendidikan Gresik ini justru seolah menyalahkan semuanya, muridnya salah dan gurunya salah. Padahal akan lebih baik kalau dia segera melakukan investigasi secara menyeluruh sehingga bisa didapatkan kesimpulan yang tepat alih-alih cuma menyalahkan guru yang kurang tegas.

Zaman sekarang apa sih yang bisa diperbuat guru? Kalau dulu sih siswa bandel bisa dihukum dengan cara dipukul atau dicubit. Lha sekarang, siap-siap masuk penjara kalau orang tuanya nggak terima. Jadi apa yang dilakukan guru tersebut sangat wajar. Ia lebih memilih mengalah alih-alih ribut dengan muridnya dan dilihat oleh siswa yang lain.

Kesimpulan dari kejadian ini adalah, dunia pendidikan Indonesia sedang tidak baik-baik saja. Mudah-mudahan keadilan bisa ditegakkan dalam kasus ini. Semoga.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya