Dalam sebuah hubungan, ada beberapa istilah yang diberikan kepada cowok dan cewek. Kalau cowok itu Mr. Right. Sedangkan cewek diberikan predikat sebagai Mrs. Always Right atau Yang Selalu Benar. Predikat yang diberikan untuk cewek sebagai Mrs. Always Right ini memang udah menjadi rahasia umum. Sampai dibuat lucu-lucuan dengan dituliskan di bantal tidur untuk beberapa pasangan yang sudah menikah.

Disebut sebagai Mrs. Always Right kesannya memang keren. Apalagi untuk cewek yang udah tahunan pacaran dan sebentar lagi melangkah ke jenjang pernikahan. Namun tahukah kamu mengapa kaum cewek bisa sampai mendapatkan predikat ini? Buat kamu yang masih bertanya-tanya kenapa nggak cowok aja yang disebut ‘Always Right’ di dalam hubungan, nih Hipwee berikan beberapa penjelasan. Siapa tahu selama ini kamu hanya ikut-ikutan tanpa tahu alasannya.

1. Saat berdebat, cowok seringnya mengalah biar nggak makin panjang urusan. Kebiasaan ini yang akhirnya membentuknya jadi ‘selalu benar’

Mengalah daripada panjang urusan via redsheepphotocinema.com

Advertisement

Ya nggak bisa gitu dong? Kalau kamu sekarang boros kan nanti pas nikah boros juga.

Iya deh iya. Aku yang salah~

Dalam sebuah hubungan pasti pernah mengalami beda pendapat lalu bertengkar. Namun seringnya pertengkaran yang disebabkan oleh hal sepele justru makin berbuntut panjang. Dan kamu sebagai cowok nggak mau ambil pusing, akhirnya mengalah tanpa benar-benar ingin peduli siapa yang bertanggungjawab atas pertengkaran. Kebiasan ini yang akhirnya menyebabkan cewek selalu menjadi pihak yang paling benar. Di dalam pikiran mereka jadi tertanam, bahwa mayoritas penyebab pertengkaran dalam hubungan itu ya karena cowok yang melakukan.

2. Perihal gengsi juga turut mempengaruhi. Kalau gengsinya lagi tinggi, cewek akan melakukan segala cara agar menang telak

Gengsinya cewek memang nggak bisa diapa-apain via www.pexels.com

Cewek dan gengsi itu ibarat mall dengan diskon. Nggak bisa dipisahkan! Berawal dari gengsi inilah predikat sebagai Mrs. Always Right pelan-pelan terbentuk. Sebab jika gengsinya cewek lagi tinggi-tingginya, dia akan melakukan segala cara agar menang telak dan bisa terpenuhi keinginannya. Contohnya seperti menambah sedikit drama atau malah melakukan little white lies dengan alasan demi kebaikan bersama. Intinya, dari rasa gengsi ini membuat cewek nggak akan mau dibilangin meskipun fakta sudah membuktikan apa yang sebenarnya terjadi.

3. Dibandingkan cowok, perasaan cewek jauh lebih peka. Hal ini membuat tebakan mereka lebih banyak benarnya

Kepekaan hati cewek via www.unsplash.com

Advertisement

Cewek memang dibekali perasaan yang jauh lebih peka daripada cowok. Kepekaan hatinya ini yang jadi modal untuk menebak-nebak sesuatu yang akan terjadi. Sementara tebakan cewek seringnya itu benar, semisal cewekmu nggak suka melihatmu terus-terusan lembur. Dia menebak sebentar lagi pasti kamu akan tumbang, tapi kamu masih saja bebal dan melanjutkan lemburmu. Eh beberapa hari kemudian apa yang cewekmu tebak benar-benar terjadi. Dari hal tersebut kamu jadi kapok dan menuruti apa yang cewekmu katakan lagi.

4. Cewek memang lebih jago dalam berkata-kata. Ini juga yang membuat cewek lebih percaya diri memperjuangkan pendapatnya

Cewek lebih ‘jago’ dalam berkata-kata via www.unsplash.com

Mungkin kamu belum tahu kalau menurut penelitian ilmiah, cewek lebih banyak memproduksi kata-kata verbal di dalam pikirannya. Makanya kebanyakan cewek itu bawel dan susah dipotong ketika berbicara. Kemampuan dalam bertutur kata seperti ini akhirnya digunakan cewek untuk memperjuangkan pendapatnya. Apalagi kalau lagi beradu pendapat denganmu. Dia jelas akan punya tambahan kekuatan dan rasa percaya diri untuk memenangkan pertengkaran dibandingkan dirimu.

5. Adanya ungkapan cewek tercipta dari tulang rusuk cowok membuatnya merasa punya hak istimewa. Salah satunya agar cowok bisa menjaga mood mereka

Menjaga mood cewek kini adalah tugas cowok juga via www.unsplash.com

Adanya ungkapan cewek tercipta dari tulang rusuk cowok juga turut menjadi alasannya. Ungkapan tersebut kemudian buat cewek menjadi punya hak istimewa, yang harus dipenuhi cowok. Salah satu hak istimewa tersebut adalah cowok wajib menjaga mood mereka dengan nggak menyanggah ketika cewek lagi berbicara. Sebab jika disanggah atau disela sebentar, perasaan cewek yang rapuh ini akan terlukai jadinya. Sebagai cowok, kamu pun nggak mau ribet di akhir nanti. Kamu akhirnya turut mengiyakan hak istimewa yang diajukan cewekmu ini. Jadinya di setiap cewekmu ngomong, kamu seringnya mendengarkannya aja. Daripada nanti harus ribet di akhir karena mood-nya berantakan.

Cantikan aku kan Yang daripada cewek itu? Iya kan!

Mmm..iya kok iya~

6. Karena bagi cowok, bikin cewek bisa senyum lagi itu luar biasa susah. Jadi daripada menyalahkan lebih baik diiyakan saja dulu apa yang cewek bilang~

Iyain dulu aja~ via www.unsplash.com

Kamu mungkin paham benar soal ini. Bahwa mengembalikan senyum manis cewekmu itu perlu usaha yang luar biasa susahnya. Apalagi perlu waktu yang nggak sebentar untuk melakukannya. Jadi daripada ribet dan buang-buang tenanga karena belum tentu sukses berusaha, kamu seringnya menghindari segala ucapan yang menyalahkan cewekmu. Lebih baik iyain aja dulu. Perihal benar atau salah dipikir belakangan. Ini nih yang turut menyumbang alasan di balik cewek yang mendapat predikat Mrs. Always Right.

Predikat ini memang sedikit tidak adil bagi cowok karena selalu dipinggirkan serta dinomorduakan. Namun kalau diperhatikan lagi, cowok juga turut andil dalam cewek yang disebut sebagai Mrs. Always Right ini. Tuh buktinya dari 6 alasan, cowok turut menyumbang 2 hal.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya