Dalam menjaga sebuah hubungan, pasti butuh perjuangan biar nanti bisa langgeng sampai ke pelaminan. Apalagi hubungan yang dijalani ini udah cukup lama dan udah saatnya naik pelaminan bersama. Selain perjuangan, jelas ada tantangan yang perlu dihadapi mereka yang udah lama pacaran. Salah satunya adalah omongan orang atau bahkan omongan teman sendiri. Sebab sering kan teman sendiri keceplosan ngomong sesuatu yang menyakiti hati?

Kamu sebagai teman pun bisa turut menjaga kelanggengan hubungan temanmu dan pacarnya ini. Bukan, bukan berarti kamu harus masuk ke dalam hubungan. Namun kamu bisa turut menjaga hubungan mereka dari luar. Seperti dengan tak menyinggung perasaan mereka dengan pertanyaan yang nggak penting-penting amat seperti di bawah ini.

1. Mungkin maksudmu bercanda, tapi bertanya ‘nggak bosen ya sama pacarmu yang sekarang?’ malah berpotensi bikin pertengkaran

Kalau bosan, mungkin mereka udahan dari dulu ~

Advertisement

Namanya pertemanan pasti ada hal-hal yang perlu dibawa bercanda biar hubungan kalian tak menjadi kaku. Namun bukan berarti semua hal bisa ditertawakan. Salah satunya tentang lamanya temanmu ini menjalin hubungan. Apalagi kalau kamu sampai kepo bertanya apakah dia tak bosan lama berpacaran dengan pacarnya saat ini. Bagimu pertanyaan ini memang bercanda, tapi mungkin baginya yang udah bertahun-tahun bersama hal ini sungguh menyinggung nuraninya. Kamu bisa dianggap merendahkan hubungan karena menyebut kata bosan di dalamnya.

2. Baiknya jangan sampai keceplosan tanya ‘selama pacaran udah ngapain aja?’ Ingat, ini soal hubungan, bukan bimbingan belajar

Ini bagian dari privasi mereka via www.babygaga.com

Memang sih kamu dan temanmu ini cukup akrab. Namun akrab bukan berarti melanggar batas privasi. Temanmu juga punya hal-hal atas hubungannya yang ingin dia simpan sendiri. Dengan kamu yang bertanya ‘udah ngapain aja nih pacaran selama ini?’ merupakan bentuk akrab yang berlebihan. Sebab yang kamu tanyakan ini hubungan seseorang, bukannya kegiatan bimbingan belajar yang bisa diketahui setiap orang.

3. Perihal restu orangtua juga baiknya disimpan dulu. Toh nanti akan terjawab seiring berjalannya waktu

Pun soal restu. Baiknya disimpan dulu via nessakphotography.com

Restu orangtua memang dibutuhkan dalam menjalani sebuah hubungan yang serius. Apalagi di masyarakat kita seperti ini. Restu orangtua rasanya mutlak diperlukan untuk bisa bersanding di pelaminan. Karena bersangkutan dengan keluarga kedua belah pihak temanmu dan pacarnya ini, menanyakan restu orangtua mereka sepertinya kurang etis dilakukan. Kalau mereka sudah direstui sih taka pa. Namun bagaimana jika sebaliknya? Bukankah kamu akan turut menambah beban temanmu ini dalam hal restu? Memang baiknya perihal restu ini kamu simpan dulu. Sebab rasa penasaranmu ini akan tejawab seiring berjalannya waktu.

4. Tak perlulah soal mantan masih kamu tanyakan pada mereka yang udah lama pacaran. Apalagi sampai membandingkan hubungan yang dulu dengan yang sekarang

Jangan bawa-bawa mantan lagi. Toh mereka udah cukup dengan hubungan yang ini via www.unsplash.com

Advertisement

Andai aja kamu masih sama dia ya? Mungkin sekarang udah nikah sih~

Sebagai teman, kamu mungkin turut menjadi saksi perjalanan cinta temanmu ini. Dari yang awalnya pacaran sama si A, sekarang udah berganti dengan si B dan hubungannya udah berjalan lama. Meski kamu pernah menjadi saksi perjalanan cinta temanmu ini, tapi bertanya lagi soal mantan di tengah hubungannya yang sekarang juga kurang sopan dilakukan. Apalagi kalau kamu sampai membanding-bandingkan hubungannya yang dulu dan sekarang. Sebab yang namanya dibanding-bandingkan itu rasanya tak enak sama sekali.

5. Melihat dia udah lama pacaran memang gatel untuk bilang kapan nikah. Namun kalau dibarengi dengan ‘kalau kelamaan jadi zina’, mending tanyamu disimpan aja

Ditanya kapan nikah aja udah saqit~ via www.unsplash.com

Lamanya sebuah hubungan berjalan memang bukan suatu jaminan untuk segera menikah. Seperti apa yang terjadi pada temanmu dan pacarnya yang udah bertahun-tahun pacaran ini. Melihat hubungan temanmu yang udah lama ini pun kamu rasanya gatal sekali untuk bertanya ‘kapan nikah’ pada mereka. Namun lebih baik disimpan saja, sebab pasti udah banyak orang yang bertanya soal kapan nikah ini. Apalagi kalau kamu menakut-nakuti mereka dengan ungkapan ‘nanti kalau kelamaan malah jadi zina lho’. Duh, mending kamu diam dan mendoakan mereka biar dilancarkan jalan menuju sahnya.

6. Apalagi kalau sampai bertanya gimana perasaan mereka melihat pasangan lain yang udah menikah duluan. Duh, mending jangan~

Jadi, gimana pendapat kalian disalip berkali-kali kayak gini? via www.unsplash.com

Selain kapan nikah, pertanyaan soal pendapat mereka saat melihat pasangan lain menikah juga jangan sampai keceplosan. Sebab kamu tak tahu kan bagaimana perjuangan mereka sampai sekarang ini? Bisa jadi mereka malah bersedih atau patah hati karena mengingat hubungan mereka yang masih jauh dari pelaminan ini. Atau mereka malah menjauhimu karena terus menekan dengan pertanyaan semacam itu.

Kalau 6 hal ini udah bisa kamu tahan dan tak kamu tanya-tanyakan ke temanmu yang udah lama pacaran, tak perlu khawatir pertemanan kalian akan bubaran. Sebab dengan menahan rasa penasaranmu dan tak menanyakan hal-hal ini, kamu turut membebaskan temanmu dari tekanan batin. Tahu sendiri kan tekanan dan tantangan untuk pasangan yang udah lama pacaran itu beratnya gimana?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya