Human life will never be understood, Abraham Maslow.

Entah asalnya dari mana, ada sebuah stereotip tentang cowok dan cewek dalam hubungan. Cowok seringkali dianggap sosok yang cuek dan kurang perhatian. Sementara kamu dianggap sebagai cewek gengsian dan susah mengungkapkan apa yang dirasa. Stereotip tersebut tak sepenuhnya salah. Sebab selama menjalani hubungan, kamu merasa hal-hal tersebut benar ada. Seperti kalau lagi sibuk, cowokmu suka cuek dan lupa memberi kabar. Kamu pun kadang susah sekali mengungkapkan apa yang dirimu inginkan dan akhirnya hanya bisa kamu pendam.

Advertisement

Susahnya kamu mengungkapkan ini membuatmu jadi berharap agar dia paham duluan. Padahal kamu tahu benar bahwa cowokmu nggak punya kekuatan super untuk mengetahui apa yang dirimu ingini. Momen tersebut membuat kalian kerap terlibat dalam ngambek-ngambek lucu sampai bertengkar beneran. Seperti hal-hal di bawah ini, yang kerap kamu ingini tapi malah berakhir diam-diaman lagi.

1. Saat suasana hatimu sedang buruk, kamu inginnya dibuat nyaman. Seperti pelukan atau sekedar didengarkan celotehanmu

Ingin didengarkan dan dibuat nyaman via nouba.com.au

Revisi pekerjaan yang nggak ada habisnya, bos yang banyak tingkah hingga buatmu lelah sampai pengaruh hormon saat tamu bulanan datang, sukses buat suasana hatimu porak poranda. Muka dilipat dan sikap tak ramah jadi hasilnya. Saat mengalami momen itu jelas kamu ingin mendapatkan pelukan atau pendengar setia. Tapi namanya juga sedang tak baik suasana hatinya, kamu sulit untuk bicara terus terang. Cowokmu makin menambah rasa kesal akibat tak paham apa yang kamu inginkan. Dia justru sibuk bertanya mengapa kamu hanya diam.

Kamu kenapa sih, Yang?

Ngambek ya?

Capek banget ya?

Atau lagi ada masalah di kantor?

2. Kamu juga ingin cowokmu lebih inisiatif saat ngobrol berdua. Biar nggak kamu saja yang membuka obrolan

Gantian dong Yang via nouba.com.au

Advertisement

Sebagai cewek, kamu memang banyak bicara. Dalam setiap obrolan, hampir kamu yang mendominasinya. Kamu yang banyak bicara ini bukannya cerewet atau ingin merasa dominan. Tapi kamu mencoba untuk terus membangun komunikasi dengan cowokmu. Agar tak berakhir diam-diaman dan awkward satu sama lain. Ingin rasanya sesekali kamu bilang,

Yang, gantian dong kamu yang ngobrol. Masa aku terus yang negoceh dari tadi?

Tapi ucapan itu selalu terhenti di ujung mulut atau yang keluar justru lanjutan pembicaraan yang sedari tadi ada.

3. Selayaknya pasangan, kamu inginnya cowokmu perhatian pada hal-hal kecil tentang dirimu

Kamu nggak negliat ada yang baru gitu di rambutku? via nouba.com.au

Perhatian itu bukan sekadar membalas pesan atau mengucapkan selamat tidur tiap malam. Tapi juga menyangkut hal-hal kecil seperti ingat apa yang pernah kamu katakan atau perubahan kecil pada dirimu. Diam-diam kamu berharap cowokmu bisa lebih peka terhadap hal-hal kecil seperti ini. Tapi lagi-lagi karena terhalang gengsi, yang bisa keluar hanya kode-kode seperti terus membenarkan poni agar dia paham bahwa kamu telah mengganti gaya rambutmu.

4. Saat momen spesial seperti ulang tahun atau hari jadian, kamu inginnya diberi kejutan. Nggak perlu yang mahal-mahal, asal tulus dari hatinya

Kejutan kecil yang tak harus mahal via nouba.com.au

Nggak bisa dipungkiri kalau cewek  suka diberi kejutan. Kamu pun juga demikian. Apalagi jika kejutan tersebut diberikan pada momen-momen spesial. Kamu selalu berharap cowokmu sesekali mau memberikan kejutan ini padamu. Tak harus dengan barang-barang atau yang ternilai dengan uang. Tapi bisa dengan hal-hal kecil seperti kehadirannya di kantor untuk mengajakmu makan siang. Atau ucapan selamat ulang tahun saat tengah malam. Sederhana tapi akan buat hatimu berbunga-bunga.

5. Sesekali dipuji atau dipanggil dengan kata-kata sayang. Sebab hal tersebut buatmu merasa lebih dihargai sebagai pasangan

Sesekali diberi pujian via nouba.com.au

Kamu bukan seseorang yang gila pujian. Apalagi dari cowokmu sendiri. Tapi sesekali kamu juga mengiinginkan untuk dipuji selayaknya pasangan kebanyakan. Tak perlu pujian puitis-puitis  yang berlebihan. Harapanmu adalah dipuji dengan satu kata yang buat hatimu nyaman atau malah sekedar panggilan sayang. Sebab mungkin cowokmu belum tahu, sesekali dipuji seperti ini akan buatmu merasa lebih dihargai. Apalagi dipuji oleh seseorang yang kamu cintai.

6. Bukannya manja, tapi kadang cewek juga berharap cowok mau menemanimu tanpa diminta

Turut menemani tanpa diminta via nouba.com.au

Udah selesai? Aku udah di bawah nih.

Kamu memang bukan anak TK yang kemana-mana harus ada temannya. Kamu bukan juga seseorang yang mudah bergantung dengan orang lain. Kalau bisa dikerjakan sendiri, segala sesuatu pasti sudah kamu lakoni. Tapi ada kalanya kamu ingin sesuatu yang di luar kebiasaanmu sehari-hari. Seperti cowokmu yang menjemputmu tanpa diminta. Atau memegang tanganmu saat akan menyebrang jalan. Tak hanya akan luluh hatinya. Tapi kamu juga merasa bahwa cowokmu benar-benar menjagamu sesuai janjinya.

7. Nggak dicuekin saat cowokmu lagi sibuk dengan sesuatu. Minimal tetap membalas pesan walaupun singkat-singkat

Jangan dicuekin dong via nouba.com.au

Kamu tahu, kalau cowokmu lagi disibukkan dengan sesuatu pasti perhatianmu padamu akan sedikit berkurang. Tapi kamu juga ingin agar cueknya itu tak sampai kebangetan hingga mengabaikanmu seharian. Kamu ingin agar paling tidak pesanmu tetap dibalas. Tak apalah jika dibalas dengan singkat. Asalkan tak membuatmu khawatir karena tanpa kabar.

Sifat gengsi ini memang tak baik jika terus-terusan kamu pelihara. Sesekali kamu perlu belajar untuk mengungkapkan isi hatimu yang sebenarnya. Cowok juga perlu bebenah. Seperti belajar lebih peka agar tak terus-terusan cewek yang memberi kode duluan. Kalau cewek mau mengurangi rasa gengsi dan cowok mau belajar lebih peka, bukankah lebih enak jadinya?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya