Memang tak semua orang bisa langsung melupakan mantan. Sesekali mengingat tentu tidak apa-apa, namun tak ada faedahnya juga tenggelam dalam kenangan masa lalu yang malah mengganggu hidup kita saat ini.

Tak ada yang bisa menjamin berapa lama batas waktu yang masing-masing orang butuhkan dalam proses melupakan mantan. Ada yang bisa lupa dalam waktu singkat, ada pula yang membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan tahun untuk bisa ‘move-on’ dari mantan.

Advertisement

Agar kamu tahu perkembanganmu dalam proses melupakan mantan, ada baiknya kamu simak artikel Hipwee kali ini.

1. Masihkah bayangan dia terlintas di kepalamu? Itu tanda pertama bahwa kamu belum lupa pada mantanmu

Kamu masih mengingat momen seperti ini

Kamu masih mengingat momen seperti ini via galleryhip.com

Saat tak ada yang sedang kamu lakukan, mendadak kamu ingin tahu apa yang sedang mantanmu lakukan. Dan tak jarang pula kamu masih stalking media sosial miliknya untuk sekedar mencari info apa yang sedang berlangsung di hidupnya sekarang. Tak jarang kalau kamu pun tau kalau belakangan dia sedang berniat membeli ponsel baru, atau sedang kerepotan mengerjakan tugas dari dosennya.

Hal-hal seperti ini sungguh tak bisa kamu hindarkan. Kamu merasa tak bisa menghilangkan namanya dari kepalamu dan tak bisa mencegah saat sekali waktu namanya terlintas begitu saja.

2. Akhirnya kamu mulai dekat dengan orang lain. Tapi ada juga rasa di hatimu bahwa kamu belum siap menjalani hubungan yang baru

Kamu belum mau membuka hati untuk orang lain

Kamu belum mau membuka hati untuk orang lain via yudhapramuka.blogspot.com

Advertisement

Tepat saat kamu memutuskan untuk sendiri, kamu pun mulai menyadari bahwa banyak diluar sana orang yang membuatmu tertarik. Tak jarang pula beberapa dari mereka berusaha mendekatimu. Saat kamu merasa bahwa kamu tertarik pada seseorang, kamu pun mulai menjalani hubungan pendekatan yang ia lancarkan. Tapi ada satu rasa di dalam hati kecilmu bahwa orang ini tak seperti harapanmu, yang mana setelahnya kamu tersadar bahwa yang kamu harapkan adalah seseorang yang seperti mantan kekasihmu dulu. Kekecewaan ini membawamu menjadi hilang rasa pada setiap orang yang kamu kira ada ketertarikan khusus dengannya. Setelahnya, kamu akan memutuskan bahwa memang kamu belum siap dalam menjalani hubungan dengan siapapun dalam waktu sekarang ini.

3. Terkadang, kamu dengan tegas meyakinkan dirimu sendiri bahwa kamu sudah 100% lupa dengan semua tentang mantan kekasihmu

Yakin sudah merelakannya

Yakin sudah merelakannya via twitter.com

Kamu mengingat semua kesalahannya padamu dan betapa ia jahat padamu. Setelahnya kamu akan berpikir betapa bodohnya ia dan kamu merasa hidupmu bahagia setelah ia pergi. Tak perlu dipertanyakan pula jika kamu melanjutkan hubungan dengannya, maka kamu tak akan mendapat kedamaian dan kebahagiaan yang kamu cari. Dan kamu pun terus meyakinkan dirimu sendiri dengan pemikiran-pemikiran seperti ini. Padahal, jika kamu memang benar-benar sudah mengakhiri perasaanmu dan memendam meorimu bersama dia, kamu bahkan tak akan terpikir tentang hal itu lagi. Kamu akan fokus pada apa yang kamu jalani sekarang dan masa depan dengan jalan yang ringan tanpa perlu meyakinkan diri berulang-ulang.

4. Saat dia tiba-tiba menghubungimu untuk meminta tolong, kamu akan siap sedia selalu ada untuk membantunya

Menerima telpon darinya

Menerima telpon darinya via groups.nur.kz

Kamu cenderung tak bisa menahan untuk tak selalu ada untuknya. Karena entah kenapa kamu akan langsung mengangkat telpon dari mantan dengan segera, dan membalas semua pesan darinya juga seperti itu merupakan hal yang sangat penting bagimu. Padahal belum tentu dia melakukan hal yang sama sepertimu.

Tak jarang pula kamu pun tak segan untuk memberikan pertolongan saat ia membutuhkannya. Entah untuk sekedar curhat atau membantu dalam hal apapun untuknya.

5. Ada kalanya kamu lupa bahwa kamu sudah tak mempunyai hubungan lagi dengannya

Kamu masih berharap bersama lagi dengannya

Kamu masih berharap bersama lagi dengannya via 8tracks.com

Suatu pagi saat kamu baru bangun tidur, kamu pernah secara setengah sadar mengambil ponsel dan akan mengucapkan selamat pagi seperti biasa padanya. Tapi tak lama setelahnya kamu tersadar bahwa hubungan kalian sudah putus beberapa waktu yang lalu. Tak jarang hal ini membuatmu mendadak terserang rasa sedih yang telah belakangan kamu akrabi keberadaannya. Hal macam ini jelas menjadi pertanda bahwa dia masih ada di hatimu saat ini walaupun hubungan kalian sudah berakhir.

6. Dialah orang pertama yang sangat ingin kamu beritahu saat ada berita baik ataupun buruk yang datang kepadamu

Kamu ingin menceritakan banyak hal dengannya

Kamu ingin menceritakan banyak hal dengannya via www.playbuzz.com

Perasaan nyaman itu belum bisa kamu hilangkan sampai saat ini. Sampai-sampai kamu pun masih menjadikan dia orang pertama yang sangat ingin kamu ceritakan tentang segalanya. Apapun berita yang kamu dapat, baik ataupun buruk, dia masih jadi orang pertama yang ingin kamu hubungi. Padahal kamu tau bahwa masih banyak orang lain disekitarmu yang sayang terhadapmu dan kamu tak menjadikan mereka sebagai prioritas di hatimu.

7. Imajinasi akan masa depan dimana kamu berjodoh dengannya pun menjadi mimpi favoritmu saat ini

Melamun

Melamun sendiri via galleryhip.com

Memimpikan masa depan yang akhirnya bahagia bersama dirinya merupakan penghibur bagimu pada masa sekarang ini. Kamu yang sedang bersedih dengan keadaan masa sekarang pun kini tenggelam dalam imajinasimu sendiri tentang bagaimana skenario masa depanmu dengannya. Pun kamu masih mengingat masa lalu saat kamu bahagia dengannya. Alih-alih hidup di masa sekarang, pikiranmu pun menjadi hidup di masa lalu dan masa depan. Hal ini jelas sangat mengganggumu dalam menjalani kehidupanmu yang sekarang. Ada baiknya jika kamu segera menyadari ini dan berusaha untuk terus menjalani hidup sebaik-baiknya saat ini.

8. Kamu masih sering bersedih saat mengingat semua kejadian yang menjadi penyebab hubunganmu berakhir

Bersedih

Bersedih via galleryhip.com

Entah kamu berpisah secara baik-baik ataupun tidak, saat orang lain menanyakan bagaimana hubunganmu dengannya, rasa sedih pun mendadak menyeruak di dalam hatimu dan tak jarang pula kamu menangis setelahnya. Tak bisa dipungkiri dalam hatimu bahwa kamu belum merelakan dirinya pergi dari hidupmu. Dan perjuangan ini lah yang masih kamu lakoni dengan rasa berat yang mengganggu.

Tak apa jika kamu masih mengakui bahwa kamu belum sepenuhnya lupa dengan mantanmu. Tapi satu hal yang harus kamu yakini, bahwa setiap orang berhak bahagia, dan kamu pun berhak mencari kebahagiaanmu sendri. Tak harus dengannya yang nyatanya memberimu luka. Tapi lihatlah orang disekelilingmu yang sangat menyayangimu. Dan yakinlah bahwa suatu saat nanti kamu pasti akan menemukan cinta yang sejati dalam hidupmu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya