Biar Momen Pasca Putusmu Nggak Berlarut-larut

Momen pasca putus cewek itu digambarkan menjadi sesuatu yang menyedihkan. Nangis berhari-hari, ngak doyan makan, dan kelihatan nggak semangat. Tambah menyedihkan karena cewek kadang berlarut-larut dalam menanggapi sesuatu. Kehilangan pacar rasanya seperti kehilangan sumber kehidupan. Ingat mantan rasanya seperti ada lubang di hatimu yang paling dalam.

Mungkin saat membaca ini kamu sambil senyum-senyum sendiri. Sebab hal ini pernah kamu alami atau bahkan tengah kamu rasai saat ini. Mungkin sudah banyak tulisan yang mengulas tentang cara cepat untuk move on pada mantan. Kali ini Hipwee akan memberimu sesuatu yang berbeda. Biar nggak berlarut-larut dan sakitnya nggak mengendap di hatimu, hal-hal ini perlu banget kamu coba. Paling tidak, galaumu soal mantan bisa terkurangi segera.

1. Ikhlaskan hubungan yang udah nggak bisa bertahan. Sebab kalau dipaksakan, mungkin hanya rasa sakit yang akan kamu rasakan

Coba pelan-pelan diikhlaskan via unsplash.com

Advertisement

Dalam hidup ini, ada beberapa hal terjadi luar kuasamu sebagai manusia. Saat hubunganmu terpaksa bubar, mungkin inilah jalan hidup yang harus kamu jalani. Yang bisa kamu lakukan agar tak semakin tenggelam adalah dengan mengikhlaskan. Relakan sesuatu yang sudah tak bisa kamu genggam lagi. Sebab jika masih kamu paksakan untuk diingat, yang ada justru hatimu yang semakin sakit. Jatuhnya kamu malah menjadi seseorang yang paling berharap.

2. Tak perlu buru-buru move on hanya untuk balas dendam. Lakukanlah kalau kamu udah benar-benar siap

Tak perlu buru-buru hanya karena tak ingin ketinggalan via unsplash.com

Memaksa diri untuk buru-buru move on ternyata buatmu semakin larut dalam kesedihan. Sebab, hatimu jelas belum siap untuk menghapuskan sosoknya dari ingatan. Kalau seperti ini, kamu bisa memberi sedikit waktu untuk berdamai dengan patah hatimu. Berikan jangka waktu tertentu untuk hatimu menikmati patah hati. Biar kelak hatimu bisa benar-benar siap untuk membuka lembaran baru

3. Kamu juga tak perlu mencari pelampiasan sebagai bala bantuan. Sebab kelegaan yang didapat hanya sesaat

Pelampiasan hanya sesaat melegakan via unsplash.com

Mencari pelampiasan mungkin salah satu cara move on paling cepat. Tapi tahukah kamu dampak yang disebabkan? Perhatianmu mungkin bisa teralihkan. Tapi itu hanya bersifat sementara. Kelegaan yang kamu dapatkan dari pelampiasan ini juga tak akan berlangsung lama. Setelah pelampiasanmu lewat, sisa kenangan bersama mantan akan kembali teringat. Malah justru dua kali lebih besar.

4. Ketika rindu mantan datang, kamu harus tegas menentukan pilihan. Seperti terus menyimpan fotonya atau menghapusnya sekalian

Hapus sekarang atau selamanya teringat mantan via unsplash.com

Advertisement

Penyebab patah hatimu makin berlarut-larut salah satunya karena curi-curi kesempatan untuk melihat kembali kenangan bersama mantan. Apalagi saat awal-awal baru putus. Rasanya membuka kembali kenangan lama menjadi kebiasaan yang harus dilakukan. Padahal curi-curi kesempatan itu hanya buat kamu semakin terjatuh dan susah bangkit dari masa lalu. Sudah saatnya kamu bersikap tegas pada diri sendiri kalau tak mau berakhir menyedihkan. Salah satunya dengan menghapus foto-foto mantan secara bertahap. Biar nggak ada lagi keinginan curi-curi kesempatan melihat kenangan mantan.

5. Berhenti menyalahkan diri atas berakhirnya hubungan kalian. Toh kamu bukan satu-satunya penyebab kandasnya hubungan

Kamu bukan satu-satunya penyebab kandasnya hubungan via unsplash.com

Mencintai terlalu dalam berpotensi akan menyalahkan diri sendiri sebagai akibat berakhirnya hubungan. Inilah salah satu penyebab kamu berlarut-larut setelah putus dengan mantan. Sebab kamu terlalu menyalahkan diri sendiri sehingga pikiranmu akan terus berkutat di hubungan yang sudah berakhir ini. Sudah saatnya kamu berhenti menyalahkan diri sendiri kalau ingin tak lagi terjatuh terlalu dalam. Karena kamu bukan satu-satunya penyebab kandasnya hubungan kalian. Masih ada hal-hal lain yang mungkin di luar kuasamu yang mungkin menjadi penyebab utamanya.

6. Klise tapi terbukti ampuh jauhkan pikiranmu dari dia yang udah pergi. Jangan sampai pikiranmu kosong dan berdiam diri. Lakukan kegiatan yang menyibukkan pikiran

Sibukkan diri, jangan biarkan pikiranmu kosong tak terisi via unsplash.com

Dengerin lagu mellow ingat mantan. Melihat hujan juga ingat mantan. Setiap hal-hal di hidupmu selalu mengingatkanmu tentang kenangan bersama mantan. Hal itu jelas saja terjadi. Sebab sebelumnya kamu membiarkan pikiranmu kosong sendiri. Kamu nggak punya aktivitas yang menyibukkan. Makanya alam bawah sadarmu menghadirkan sosok yang diam-diam kamu rindukan. Untuk mengurangi hadirnya mantan di pikiran secara terus-terusan, kamu sebaiknya menghindari berdiam diri dan mengosongkan pikiran. Lakukan kegiatan yang menyibukkan dirimu. Agar tak ada kesempatan untuk mantan hadir kembali di pikiran.

Move on atau tidak, itu jelas sepenuhnya pilihanmu. Tapi nggak berlarut-larut pasca putus itu jelas perlu kamu lakukan. Sebab berlarut-larut setelah putus itu hanya akan merugikan dirimu sendiri. Waktu dan duniamu seakan berhenti berputar. Kalau begini, kapan saatnya kamu berkembang?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya