Memang, cukup mengkhawatirkan ketika cewekmu tiba-tiba diam gitu aja. Kamu akan berpikiran bahwa cintanya pada dirimu agak pudar atau mencapai taraf bosan. Segala pertanyaanmu cuma dijawab dengan anggukan dan gelengan kepala. Setiap ceritamu hanya berbuah tanggapan yang datar. Tetap tenang, jangan dulu geer bahwa segala sikapnya hanya dipengaruhi oleh dirimu seorang. Dia juga sedang belajar untuk mengelola segala persoalan yang melingkupi dirinya.

So, jika cewekmu sedang dalam diam yang begitu damai, cobalah untuk tetap santai menanggapinya karena siapa tahu dia sedang mengalami satu dari 8 alasan berikut ini..

1. Bisa saja ia sedang punya masalah keluarga. Bukan tak terbuka, dia hanya sedang mengumpulkan hati untuk menceritakannya

Bukan berarti tidak mau, aku hanya butuh waktu

Bukan berarti tidak mau, aku hanya butuh waktu via shadowphobia.tumblr.com

Advertisement

Jangan kamu pikir hanya dirimu seorang yang paling dekat dengan dirinya. Ada lingkaran lain yang lebih dalam dan sangat sensitif untuk dibicarakan, keluarga. Kejadian-kejadian yang terjadi antara dia, saudara, dan orangtuanya bukanlah gosip tetangga yang bisa diceritakan kapan saja. Apalagi jika ada perkara berat yang butuh curahan perasaan. Kamunya juga jangan sembarangan bersikap. Cari tahu dulu. Jangan sampai kamu udah marah-marah, padahal masalah yang menimpanya begitu berat. Buktikan kamu punya kualitas jentelman dengan bersabar. Tunggulah beberapa saat, mungkin dia sedang menunggu saat yang tepat.

2. Ada kalanya orang memang butuh sendiri. Berilah dia waktu untuk memenuhi kebutuhan diri. 

Teman yang paling setia dalam tiap kondisi adalah diriku sendiri

Teman yang paling setia dalam tiap kondisi adalah diriku sendiri via shadowphobia.tumblr.com

Siapakah teman yang paling setia di dunia ini?

Dirimu sendiri

Ada kemungkinan bahwa dirinya sempat lupa dalam waktu yang lama untuk memperhatikan dirinya. Pada saat itulah dia ingin melihat ke dalam tentang apa yang menjadi perlu bagi kehidupan pribadinya. Jangan kamu interupsi dengan sikap memelas nan manja sebagai sebuah protes kekanak-kanakan atas sikap diamnya. Sadarlah bahwa dia butuh waktu untuk memenuhi kebutuhan diri, yang tidak selalu materi. Bentuknya bisa saja kedamaian rohani, yang berbeda setiap orangnya. Berilah dia waktu penuh, siapa tahu juga dia akan berubah menjadi pribadi yang lebih dewasa dari sebelumnya.

3. Dia sedikit pendiam dan “tak perhatian”, mungkin karena fokus dengan cita-citanya. “Mengesampingkan dirimu” sementara waktu untuk yang terbaik buat kalian berdua.

Tuh lihat, dia tu malah bekerja keras. Demi masa depan yang begitu luas

Tuh lihat, dia tu malah bekerja keras. Demi masa depan yang begitu luas via www.imagebadger.com

Advertisement

Bukan hanya kamu saja yang punya ambisi untuk mengejar mimpi. Dirinya pun memiliki hasrat yang sama. Jadi janganlah berkesimpulan yang aneh-aneh, ketika tiba-tiba dia diam seribu bahasa. Ingat bahwa curahan waktu terhadap mimpi akan semakin besar seiring terang harapan menyinari jalan. Dia hanya butuh lebih banyak waktu terhadap mimpinya, agar kalian berdua dapat berbahagia bersama. Jadi, santai aja…

4. Ada baiknya juga sih untuk introspeksi, mungkin kamu salah akhir-akhir ini. Barangkali itu yang dia tunggu: pengakuan salah yang tulus darimu

hubunganmu menegang

bertanya dalam hati via favim.org

Tapi, bisa juga dia sedang mengalami kecewa-ringan terhadap dirimu. Bukan otomatis hilang rasa cinta, namun dia betul-betul menunggu kepekaan dari dirimu. Cowok yang jarang terpengaruh oleh perasaan, akan luput hal-hal kecil yang mempunyai potensi untuk mengecewakan. Sebaiknya mulailah berkaca kalau diamnya tanpa alasan yang pasti, barangkali dia memang tidak terlalu sreg dengan salah satu sikapmu. Jangan biarkan berlarut, kalau enggak mau kamunya yang kalut.

5. Tapi bisa juga diamnya cewekmu hanyalah karena perut keroncongan. Segeralah ajak makan karena kalau enggak, kamunya yang diberi pelajaran.

Dan kalau laparnya sudah keterlaluan, dia bisa jadi gila

Dan kalau laparnya sudah keterlaluan, dia bisa jadi gila via rebloggy.com

Nah, yang bikin kesel adalah kalau ternyata diamnya hanyalah persoalan lapar. Jangan remehkan perut kosong, tiadanya gizi dalam usus dapat menyebabkan manusia : tiba-tiba galak, buruknya mood, dan rasa salah pada semua masalah. Daripada kamunya yang kena perkara, ada baiknya langsung tawarkan ajakan makan. Persoalan berikutnya, kamu perlu mempersiapkan mental untuk mendapatkan momen ini:

“Mau makan apa, Yang?

“Terserah.” *diucapkan sambil cemberut*

6. Atau ternyata cewekmu mau tumbuh gigi. Buat ngunyah aja sakit, apalagi ngobrol. Lebih baik kamu juga pura-pura sakit, daripada mati konyol.

Kalau kata Pak Haji Meggy Z, sakit hati lebih sakit dar sakit gigi

Kalau kata Pak Haji Meggy Z, sakit hati lebih sakit dar sakit gigi via suyhnc.tumblr.com

Kemungkinan alasan lain dari diamnya adalah ada sesuatu yang salah di antara rongga mulut. Jangan main-main soal gusi bengkak dan gigi mau tumbuh. Sakitnya bisa menyebabkan segala yang ada di hadapanmu harus dilibas karena mengancam sakit yang makin parah. Jadi wajar saja cewekmu diam kalau lagi sakit gigi. Dia menahan diri supaya tidak melakukan perbuatan desktruktif. Kalau sudah begini, kami sarankan untuk kamu pura-pura sakit gigi, supaya kalian sama-sama dalam diam. Tak perlu khawatir, obrolan masih bisa berlangsung di chat room.

7. Udah sakit gigi, skripsi banyak revisi. Jelaslah dia berdiam diri.

Lebih baik aku diam daripada bikin keributan

Lebih baik aku diam daripada bikin keributan  via meriaroza.blogspot.com

Nah apalagi ketika sakit gigi yang dialami diperparah dengan revisi skripsi yang sungguh tak bisa diampuni. Dalam kondisi ini, diam adalah sebuah solusi. Sebab dalam diam dia akan menemukan terang cahaya, begitu kata Buddha. Lalu apa yang bisa kamu lakukan? Jangan sesekali menasihati, karena yang dibutuhkannya saat ini bukanlah nasehat, melainkan sakit giginya sirna, dan skripsinya segera paripurna. Jadi, bantulah dia untuk mencapai diam yang paling sempurna. Dengan cara? Biarkan dia sendiri…

8. Banyak hal bisa disampaikan tanpa perlu berkata-kata. Mungkin diam baginya adalah sikap untuk mengungkapkan betapa banyak perkara yang menyita pikirannya.

mungkin dia lelah

mungkin dia lelah via pixshark.com

Terkadang, diam adalah bukti bahwa apa yang sedang kamu alami tak sanggup hanya dengan beberapa kalimat dan satu cuplikan cerita. Ada banyak tanda yang bisa dibaca dari diam. Tentunya, tanda itu samar-samar. Butuh kepekaan untuk menduga apa yang sedang terjadi di balik diam. Namun, satu hal yang pasti atas tragedi cewekmu yang tiba-tiba diam adalah tanda bahwa dia tidak sedang baik-baik saja. Orang pada umumnya akan datang dan bertanya banyak hal akan perubahan sikapnya. Namun, cara itu tidak akan pernah berhasil. Ada baiknya kamu datang dengan berita bahagia dan kabar suka cita. Kebahagiaan yang meningkat akan membuat dirinya berpikir lebih positif, sebab pertanyaan hanya akan memperumit keadaan.

Jangan asal menebak-nebak ketika cewekmu tiba-tiba diam. Kamu harus mencari tahu tanpa dia sadar kamu sedang mencari tahu. Artinya, jangan bertingkah seperti pak pulisi yang kalau kepo butuh 24 jam intensif tanpa ada jeda yang berarti. Tanyakan kondisi cewekmu pada sekitarnya. Jika memang masih sulit, cobalah cari tahu dari dia langsung tanpa melontarkan pertanyaan-pertanyaan yang menyudutkan. Mulailah dengan menceritakan hal terdalam dari dirimu. Niscaya, dia tidak akan merasa ragu untuk bercerita segala masalah yang dialaminya dalam diam. Yang pasti, jangan diam saja kalau cewekmu sedang dalam kondisi diam.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya