9 Cara Paling Elegan Hadapi Pasangan Selingkuh, Jangan sampai Makin Keruh!

Jangan sampai gegabah hingga dirimu sendiri menyesal nantinya

“Kenapa? Gerah ya? Atau haus?” ucap Kinan sambil menyunggingkan senyum di wajahnya setelah mengatakan kalimat yang membuat Lydia Danira kicep.

Kalau mengikuti serial Layangan Putus, kamu mungkin familier dengan kalimat itu. Setelah mendengar kalimat utuhnya kamu mungkin jadi ingin tepuk tangan saking elegannya cara Kinan menghadapi selingkuhan suaminya. Tak hanya itu, cara Kinan menghadapi Aris, suaminya sendiri juga dinilai tak kalah elegan oleh warganet. Jika kita menempatkan diri sebagai tokoh istri tersebut, sudah terbayang emosi yang akan meluap-luap untuk melampiaskan amarah.

Bagaimanapun, perselingkuhan memang menjadi masalah yang nggak bisa ditoleransi bagi sebagian orang. Mau disadari atau nggak, masalah ini bisa mengintai siapa saja. Cara menghadapinya pun nggak sama dengan masalah lainnya, apalagi di dalam hubungan pernikahan. Tindakan yang didominasi berbagai emosi bisa membuat kita mengambil langkah yang salah.

Maka dari itu, penting sekali mengetahui cara-cara elegan untuk menghadapi pasangan yang selingkuh, mulai dari menerima segala perasaan dan emosi yang muncul, menghadapi sikap pasangan yang sulit jujur, hingga menemukan jalan keluar yang kalem dan bersikap tenang supaya situasi nggak semakin runyam, sehingga bisa mengambil keputusan paling tepat.

Ngomong sih gampang, tapi ada nggak sih cara yang realistis biar elegan kayak Kinan saat menghadapi perselingkuhan? Simak selengkapnya yuk!

1. Terima segala perasaan  yang muncul dan jangan pernah menghindar atau mengabaikan kondisi diri sendiri

Cara menghadapi pasangan selingkuh

Menerima segala perasaan | Ilustrasi by Hipwee

Menghadapi perselingkuhan pasangan adalah bukti bahwa dia nggak setia dan menghancurkan kepercayaan kita padanya. Hal ini tentu masalah yang besar dan sangat menyakitkan. Merasakan kesedihan yang mendalam, kecewa, marah, stres, dan tertekan adalah hal yang sangat wajar dialami oleh siapa pun ketika pasangannya selingkuh.

Segala perasaan yang muncul harus diterima dengan baik supaya lebih mudah menerima keadaan saat ini dan menghadapi kenyataan yang akan datang.

Mengabaikan kesedihan dan rasa sakit justru membuat kita seolah lari dari kenyataan dan meyakinkan diri bahwa hubungan dengan pasangan akan baik-baik saja. Padahal, kenyataannya perselingkuhan akan menciderai hubungan, segalanya nggak akan sama lagi meski kesalahan pasangan sudah dimaafkan sekalipun. Jadi, hal pertama yang harus dilakukan adalah menerima segala perasaan lebih dulu, utamakan merawat luka diri sendiri, sebelum melakukan hal ke depan dan membuat keputusan.

2. Kumpulkan bukti-bukti perselingkuhan pasangan, beri kesempatan dia menjelaskan dan minta untuk mengakuinya

Jangan lewatkan untuk mengumpulkan bukti-bukti perselingkuhan pasangan. Selain sebagai cara untuk membuat dia mengakui perbuatannya, hal ini juga untuk berjaga-jaga bila ada pihak-pihak yang menuntut penjelasan, misalnya keluarga atau orang terdekat, bahkan pengadilan jika terjadi dalam hubungan pernikahan dan harus berakhir dengan perpisahan.

Menghadirkan bukti yang jelas membuat posisi kita lebih kuat karena nggak akan dinilai menuduh sembarangan. Setelah menunjukan bukti, coba minta dia untuk menjelaskannya, termasuk memintanya mengakui perbuatan dan mencari tahu alasan perselingkuhan yang dilakukan.

3. Hubungi orang lain untuk meminta dukungan moral, bukan untuk mencampuri urusan

Cara menghadapi pasangan selingkuh

Minta dukungan orang terdekat | Credit by Shvets Production on Pexels

Ketika mengetahui pasangan selingkuh pasti ada rasa tertekan yang membuat kita gelisah dan sulit berpikir. Dalam kondisi ini, kita butuh dukungan moral dari pihak ketiga. Hal ini akan membantu kita menyadari posisi diri sendiri, bahwa ada yang masih bisa hadir untuk menguatkan. Cobalah minta dukungan orang terdekat dengan cara menceritakan masalah perselingkuhan pasangan. Namun, hal ini nggak boleh dilakukan dengan gegabah. Jangan sampai dengan bercerita pada mereka justru membuat masalahmu makin rumit karena banyak yang ikut campur.

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan