Minimalisir Hal Mengejutkan Setelah Nikah, Ini Cara Cek Background Calon Pasangan

Kalau mendengar testimoni orang-orang yang sudah menikah nih, katanya biasanya akan muncul banyak hal yang mengejutkan setelah kamu dan doi mengikat janji suci. Saat masih pacaran, kamu dan pasangan mungkin masih bisa jaim (jaga image) atau memang ada kebiasaan yang kalian nggak saling ketahui. Semua kebiasaan baik dan buruk dari A sampai Z ternyata baru ‘ketahuan’ setelah kalian tinggal seatap.

Menemukan sisi-sisi mengejutkan dari pasangan usai menikah adalah hal lumrah. Namun, bagaimana kalau hal yang mengejutkan tersebut adalah kamu ternyata menikahi selingkuhan orang lain? Apalagi, sampai sudah punya anak. Duh.

“Hah, serius? Kok bisa sih? Mustahil deh kayaknya.”

Eh, tunggu dulu. Kisah ini sungguhan ada di dunia nyata, lo. Beberapa waktu lalu, dunia maya Twitter kembali dihebohkan dengan cerita seorang polisi wanita yang baru menikah. Di tengah kondisi tengah berbadan dua, ia baru mengetahui kalau suaminya merupakan selingkuhan orang lain yang sudah bersuami. Waduh~

Nah, supaya hal seperti ini nggak terjadi, sebelum memutuskan menikah, apalagi dengan seseorang yang dikenal baru beberapa bulan, cek latar belakang calon pasangan sampai ke akarnya, ya! Coba gunakan cara ini, SoHip!.

1. Pastikan calon pasangan nggak menutupi latar belakang pekerjaannya

Latar belakang pekerjaan ini rentan dimanipulasi, lo, terutama oleh calon pasangan yang memang sudah berniat buruk. Kalau calon pasangan memang baru kamu kenal dalam hitungan sebulan, 3 bulan, atau 6 bulan, ada baiknya tanyakan tentang pekerjaannya dengan jelas.

Coba buka topik soal pekerjaan masing-masing. Kalian bisa saling bertukar informasi tentang pekerjaan yang dilakukan, lokasi dan nama tempat kerja, hingga perusahaan yang pernah menjadi tempat kerja. Sebenarnya, informasi tentang pekerjaan bukan bahasan yang privat dan sensitif yang disembunyikan. Jadi, pastikan kalian saling terbuka dan jujur.

2. Riwayat pendidikan juga harus dikomunikasikan dan dipastikan ke calon pasangan

Siapa yang bahagia ketika ada orang yang baru dikenal, kemudian menawarkan komitmen serius seperti pernikahan? Namun, jangan biarkan perasaan bahagia ini menguasaimu sepenuhnya, ya. Sisakan sedikit ruang logis sehingga kamu bisa berpikir jernih. Orang yang akan kamu nikahi adalah seseorang yang akan menemani sehari-hari dan hampir 24 jam. Lantas, bagaimana jika kamu nggak cukup mengenalnya?

Salah satu latar belakang yang harus diketahui adalah riwayat pendidikan calon pasangan. Bukannya nggak percaya, tapi kamu perlu memastikan bahwa doi memang jujur dengan pendidikannya. Dalam beberapa kasus nih, ada calon pasangan yang sengaja berbohong soal pendidikannya karena minder, padahal sebuah hubungan yang baik, kan, didasari dengan keterbukaan.

3. Penting nih, tanyakan tentang riwayat tempat tinggal calon pasangan. Harus clear!

Sering kali tempat tinggal disembunyikan oleh calon pasangan yang memang berencana bohong sejak awal. Menyembunyikan riwayat tempat tinggal ini biasanya dipakai untuk menutupi riwayat hubungan dengan orang lain. Apakah kamu pernah mendengar cerita seseorang yang baru tahu ternyata pasangannya sudah menikah? Sementara itu, pasangan resminya yang lain tinggal di kota lain?

Cerita semacam ini sungguhan ada di dunia nyata dan nggak sedikit jumlahnya. Jadi, pastikan dan tanyakan kepada calon pasangan tentang tempat tinggalnya selama ini.

4. Cari tahu tentang status relasi calon pasangan biar nggak ada kecurigaan

Tim Dalam Artikel Ini