Namanya juga sedih, datangnya suka ngga kira-kira dan bisa dialami siapa saja – nggak cuma cewek aja. Cowok pun bisa merasakan hal yang sama. Mereka bisa juga larut dalam kesedihan. Bahkan, ada cowok yang lebih rentan hatinya ketimbang cewek. Bedanya, cowok yang bersedih tidak akan seekpresif cewek. Jadi jangan harap melihat cowok yang bersedih lalu curhat beram-jam. Cowok cenderung memilih untuk sendiri.

Cowok tak selalu bisa terlihat tangguh dan kuat. Meski tak pernah mengungkapkan perasaannya yang sesungguhnya, sebenarnya 10 hal ini yang dirasakan para cowok ketika mereka sedih.

1. Diam tak selalu berarti emas. Bagi cowok saat bersedih, diam bisa berarti lelah dan juga gundah.

cowok saat hatinya merasa hampa

cowok saat hatinya merasa hampa via www.theexitexperts.com

Ya, cowok memang nggak terbiasa menunjukkan perasaannya di tempat umum. Saat ada orang lain di sekitarnya, dia memang terlihat biasa, tenang, seperti tidak ada masalah yang terjadi. Kalau dia seorang pendiam, mungkin dia hanya akan berdiam seperti biasanya. Kalau dia orang yang biasanya energik, dia akan terlihat lebih tenang dari biasanya. Sebenarnya dia sedang merasakan kehampaan. Kecenderungannya adalah melamun, terkadang juga melamun dengan pikiran kosong sehingga dari luar pun cowok terlihat tetap tenang, atau terlalu tenang.

2. Putus cinta pun punya dampak besar bagi cowok. Diam-diam dia juga merasakan sakit hati yang mendalam dan pikiran kacau.

saat cowok merasa hatinya sedang kacau

cowok bisa sedih juga kalau putus cinta via nextshark.com

Advertisement

Banyak anggapan, cowok yang baru saja mengalami putus cinta cenderung terlihat biasa-biasa saja. Namun ternyata anggapan itu tak selamanya benar. Kehilangan kekasih juga bisa meninggalkan luka yang cukup dalam di hati mereka. Tak seperti cewek yang bisa langsung mengekspresikan kesedihannya sesaat setelah putus cinta, kesedihan yang dirasakan cowok biasanya lebih banyak butuh waktu. Terutama ketika dia merasa ada hal yang hilang dalam hidupnya.

3. Kalau cowok jadi gampang marah, bukan berarti dia temperamen. Stres dan tekanan yang berat adalah penyebabnya.

dia sedang merasa tertekan atau stress

dia sedang merasa tertekan atau stress via itsslexi.wordpress.com

Cowok kalau lagi sedih memang terkadang jadi gampang marah. Walaupun demikian, jangan dicap sebagai temperamen. Dia seperti ini karena sebenarnya dia sedang merasa tertekan atau stress. Kesedihan bagi cowok bisa menjadi beban yang menekan kestabilan emosinya.

4. Cowok seringkali gengsi terlihat lemah. Sekuat tenaga ia menyembunyikan kesedihannya, meski itu jadi siksaan batin.

dia nggak ingin terlihat lemah

dia nggak ingin terlihat lemah via www.huffingtonpost.co.uk

Saat bersedih, kebanyakan cowok merasa malu dan ingin menyembunyikan kesedihannya. Apalagi kalau sampai menangis, bagi sebagian besar cowok itu adalah pantangan. Ada rasa malu harus mengakui bahwa dirinya juga punya sisi lemah dalam hatinya. Ini juga salah satu sebabnya cowok nggak ingin terlihat sedih atau menangis di sekitar teman-temannya.

5. Cowok seringkali merasa bertanggungjawab atas kebahagiaan orang-orang terkasihnya. Jika gagal, kesedihan tak terkira akan dia rasa.

saat gagal membahagiakan orang terdekatnya

saat gagal membahagiakan orang terkasih via addmepics.com

Membahagiakan orang-orang terkasih adalah impian semua orang. Cowok pun demikian.Harapan dan usaha telah dikerahkan, jika kegagalan yang menjadi hasilnya maka dia akan merasa dirinya sebagai orang yang gagal. Terkadang perasaan ini juga bercampur dengan rasa bersalah, terutama kalau dia telah menjanjikan sesuatu tetapi gagal.

6. Menyalahkan diri sendiri tak pelak sering cowok lakukan. Apalagi jika pertengkaran dengan orang terdekat tak kunjung mereda.

merasa bersalah saat merasa telah merusak hubungan dengan orang terdekat

merasa bersalah saat merasa telah merusak hubungan dengan orang terdekat via bostonreview.net

Kecenderungan menyalahkan diri juga sering dirasakan oleh cowok, terutama mereka yang merasa telah berbuat salah. Namun sekalipun bukan dia yang berbuat salah, perasaan ini tetap saja bisa muncul. Kesedihan bisa menuntunnya menjadi tidak rasional. Dia yang terlalu peduli dengan hubungan itu akan cenderung menyalahkan diri sendiri dengan harapan dapat segera mengembalikan keadaan.

7. Ada saatnya cowok dipaksa menjadi dewasa, padahal dia belum siap untuk menerima diri sendiri sepenuhnya. Pikiran kacau sudah pasti menyelimutinya.

dia merasa belum siap untuk beranjak dewasa

dia merasa belum siap untuk beranjak dewasa via www.telegraph.co.uk

Fase dewasa memang pasti akan dialami oleh semua orang, termasuk cowok. Saat keadaan menuntutnya tumbuh sebagai orang dewasa, sementara dia belum bisa melepaskan pikirannya dari masa-masa muda, pikiran cowok sudah pasti kacau tak karuan. Dia merasa belum siap dengan keadaannya sekarang.

8. Saat cowok dituntut untuk mandiri, masalah ekonomi sudah pasti selalu menghantui.

saat merasakan susahnya mencari nafkah

saat merasakan susahnya mencari nafkah via www.target-marketing.info

Merasakan beratnya kehidupan yang sesungguhnya bisa membuat seorang cowok merasa sedih. Saat inilah cowok akan menyadari betapa sulitnya mencari nafkah, sementara dia harus bekerja untuk makan. Pada saat-saat seperti ini antara tertekan dan life must go on bercampur menjadi satu. Belum lagi, mereka nantinya juga dituntut sebagai kepala keluarga yang harus bisa memberi nafkah anak dan istri.

9. Tak ada yang mengharapkan perpisahan. Namun ketika itu harus terjadi, cowok juga perlu waktu untuk merelakannya.

ketika harus pergi dan berpisah

belum rela melepaskan ketika harus pergi dan berpisah via www.reddwarf.co.uk

Saat cowok harus berpisah dengan orang yang baginya penting, dia kadang merasa belum bisa langsung merelakan perpisahannya. Meninggalkan atau ditinggal orang yang penting dalam hidup, bukanlah hal yang bisa diabaikan. Rasa ingin tetap terus dekat, juga dirasakan para cowok.

10. Atas semua kesedihannya, cowok terus berupaya tak satu pun yang tahu. Rasanya, semua masalah yang mendera ingin disimpannya dalam kalbu.

merasa nggak perlu menceritakan masalahnya ke orang lain

merasa tidak perlu menceritakan masalahnya ke orang lain via addmepics.com

Kecenderungan yang lain yang dialami cowok saat bersedih adalah memendam perasaannya. Cowok terkadang berpikir bahwa masalahnya tidak perlu diketahui oleh orang lain. Saat ada orang lain yang bertanya tentang permasalahan yang sedang dihadapinya, terkadang dia justru merasa terganggu. Cowok bisa menjadi pribadi yang sangat egois. Ia merasa bisa menyelesaikan semua masalah yang sedang mendera. Walaupun pada akhirnya ia butuh teman untuk berbagi cerita.

Semoga, dari sini, kamu bisa mengerti apa yang sebenarnya dirasakan cowok ketika sedang larut dalam kesedihan..