Di usia hubunganmu yang nggak lagi muda, ada beberapa hal yang tidak lagi sama. Isu yang membuat kalian berantem jadi itu-itu saja. Kalian sudah tahu kebiasaan masing-masing. Mau makan di mana, nonton apa, nge-date di mana jadi predictable. Kalau tak pintar-pintar, kamu dan dia bisa mati bosan.

Daripada hubungan jadi hambar, kenapa nggak mencoba tantangan 21 hari ini? Apa kamu berani?

Advertisement

1. Di hari pertama, jadilah cheesy sekali-kali. Buat daftar alasan kenapa kamu menyimpan rasa, lalu berikan daftar alasan ini pada dia

couplesloveromanticcoupleladyjinsmile-5294045d42be03b0dde4146a88d24908_h

Kamu pasti punya alasan untuk menerima kekasihmu. Makanya kamu tidak pernah menganggap serius si A, atau si B yang pernah mendekatimu. Tapi mungkin selama ini, pasanganmu jarang atau bahkan tidak pernah mendengar alasan-alasan ini kamu ungkapkan. Makanya kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk jadi saling terbuka. Tulis alasan kenapa kamu bisa mencintainya lalu menuliskannya di memo ponsel atau pada lembar kertas. Pinta dia juga melakukan hal yang sama.

Aku bisa jadi diriku sendiri pas bareng sama kamu.

Aku sayang kamu karena kamu nggak pernah memandangku secara fisik.

Kamu nggak pernah menuntut macam-macam.

Advertisement

Setelah kalian selesai menuliskannya, bacakan tulisan kalian secara bergantian. Dengan cara itu, kalian akan sadar bahwa kalian itu saling melengkapi satu sama lain.

2. Di hari kedua, ajak dia pergi ke konser atau pertunjukan. Bernyanyilah bersama vokalis band itu from the top of the lung

Karena artis kesukaannya kadang tidak akan datang dalam waktu dekat via www.cleveland.com

Karena artis kesukaannya kadang tidak akan datang dalam waktu dekat via www.cleveland.com

Pergi ke konser atau pertunjukan bisa jadi hal yang kamu hindari. Suasana yang padat, kawasan sekitar konser yang macet, dan malas beranjak dari rumah dan mengganti pakaian tidurmu membuatmu semakin malas buat pergi. Jangan mager karena kamu kali ini harus mengajaknya pergi konser. Tak harus band favorit kalian, konser apapun bisa kamu datangi. Dan ketika di sana, jangan lupa bernyanyi sekeras-kerasnya!

3. Makan malamlah di suatu tempat romantis. Jangan lupa berdandan seperti putri dan pangeran

Makan malam romantis via http://limaapril.com/

Makan malam romantis via limaapril.com

Kamu sadar bahwa kamu dan pasangan adalah tipe orang yang tidak bisa melakukan hal yang romantis.

Tapi sesekali melakukan hal romantis berdua saja itu perlu!

Misalnya kamu dan kekasihmu mengenakan jas dan gaun, lalu kalian mengadakan makan malam berdua di tempat yang romantis yang selama ini hanya kalian idam-idamkan.

4. Tinggalkan pesan yang manis di tempat yang mudah ia temukan

Kasih notes ke kekasihmu via nateandrachael.com

Kasih notes ke kekasihmu via nateandrachael.com

Ambil post-it atau sobekan buku dan tuliskan sebuah pesan manis untuknya. Diam-diam kamu selipkan ke tempat yang mudah dia temukan. Kamu juga bisa selipkan ke benda yang sering dia pakai. Misalnya kamu lipat kertas itu menjadi ukuran kecil, lalu masukkan ke dalam dompetnya, tas, maupun ke buku yang sedang dia baca.

Tulisannya bebas. Kamu bisa juga hanya menuliskan, ‘I love You…’

Bisa jadi pesan singkatmu akan membuatnya kembali bersemangat.

5. Di hari kelima, lakukan hal yang spontan. Tak usah terlalu banyak rencana, tidak apa-apa

Donor darah bersama via http://www.merdeka.com/

Donor darah bersama via www.merdeka.com

Semakin dewasa sebuah hubungan, menyiratkan kalau banyak hal yang harus direncanakan dari awal. Hanya saja terkadang, perencanaan itu adalah sesuatu yang membosankan. Coba sesekali lakukan hal yang spontan, seperti datang ke stasiun, lalu belilah tiket ke suatu tempat dan bepergianlah bersama.

Kalau itu terlalu sulit diikuti, kalian bisa juga lakukan hal yang spontan lain seperti ikut donor darah.

Tidak hanya sehat, kalian juga membantu orang-orang yang membutuhkan.

6. Sedikit pamer kemesraan tidak apa-apa. Apalagi cuma hari ini saja

Main sama pacar di taman via http://magicalthunder.com/

Main sama pacar di taman via magicalthunder.com

Public Display of Affection (PDA) atau pamer kemesraan sering kali dinilai miring oleh orang-orang sekitar kita yang melihatnya. Banyak yang beranggapan menebar kemesraan seperti itu rasanya tidak pantas.

Padahal, hei, berbuat mesra itu adalah salah satu tanda syukur kalau kamu mempunyai dia.

Sedikit pamer kemesraan, tidak akan membuat kalian menjadi bahan omongan bertahun-tahun kok.

7 . Memasak bersama di dapur, ciptakan menu yang belum pernah kalian coba

Masak bareng pacar itu seru via http://www.kawankumagz.com/

Masak bareng pacar itu seru via www.kawankumagz.com

Selama ini kamu sering memasakkannya sesuatu dan dia sangat menyukainya. Kenapa kalian tidak mencoba masak bersama?

Pergi ke pasar atau supermarket bareng untuk mencari bahan-bahan. Setelah itu, mulailah kalian memasak bersama di dapur. Walaupun dapur berantakan, setidaknya kamu tau kalau dia juga bersemangat memasak bersamamu.

8. Tantangi dia main board game. Yang kalah, mukanya harus dikasih tepung!

Main board game sambil piknik via http://www.weddzilla.com/

Main board game sambil piknik via www.weddzilla.com

Kalian bisa bermain scrabble, ular tangga, atau board game lain yang tidak kalah seru.

Sebagai hukumannya, yang kalah mukanya akan diberikan bedak atau tepung dan fotonya diunggah di media sosial.

Makanya kamu harus pintar mengatur strategi untuk menang

9. Nyalakan musik dan menarilah. Tak usah peduli pada gerakannya yang tak seirama

Menarilah tanpa peduli dengan gaya via www.voaindonesia.com

Menarilah tanpa peduli dengan gaya via www.voaindonesia.com

Ciptakan suasana romantis dengan menyetel musik dan silakan mmenari berdua.

Tidak usah malu atau sungkan, yang penting gerakkan badan.

10. Ikut kegiatan sosial. Karena setelah lama bersama, kamu makin paham bahwa dunia ini tak cuma milik kalian berdua

Kamu juga bisa mengajak teman-temanmu via www.kontakp.com

Kamu juga bisa mengajak teman-temanmu via www.kontakp.com

Salah satu caranya adalah dengan mengikuti kegiatan sosial, bisa mendatangi panti asuhan, rumah ibadah, atau mengajar anak-anak jalanan.

Ikut kegiatan sosial juga membuatmu dan kekasihmu semakin dekat dan kalian akan mensyukuri apa yang sudah kalian dapat.

11. Bikin mixtape yang menggambarkan hubungan kalian. Masukkan lagu yang di kencan pertama kalian dengar

Bikin lagu bikinian sendiri juga bisa via http://www.alet.co.za/

Bikin lagu bikinian sendiri juga bisa via www.alet.co.za

Kumpulkan lagu-lagu atau musik yang menggambarkan hubungan perjalanan kalian berdua dan serahkan padanya untuk didengarkan. Setelah kalian mendengar satu sama lain, apakah ada satu-dua lagu yang sama?

Kamu juga bisa menciptakan lagumu sendiri dan merekamnya.

12. Olahraga itu penting biar kalian awet muda! Di hari ke-12, coba deh olahraga bersama

Biar tambah semangat, kalian juga bisa beli baju yang sama via http://www.umiabie.com

Biar tambah semangat, kalian juga bisa beli baju yang sama via www.umiabie.com

Salah satu alasan untuk tidak berolahraga adalah malas olahraga sendirian. Daripada begitu, mending olahraga bersama. Ajak dia untuk mengikuti kegiatan olahragamu, atau kalian ikut mendaftar kelas olahraga yang sama.

Kalian bisa lari keliling lapangan, ikut kelas yoga, maupun datang ke gym.

13. Punya kekasih bukan berarti nggak berhubungan lagi dengan sahabat. Kenapa kalian nggak mencoba double date saja?

Double date via http://wmagazine.tumblr.com/

Double date via wmagazine.tumblr.com

Punya kekasih, nggak lantas membuat hubungan kamu sama sahabat jadi renggang dong. Apalagi itu menjadi alasan kalian untuk tidak bertemu.

Aduh, aku sibuk sama pacar aku.

Daripada begitu, coba buat kencan ganda. Ajak sahabatmu dan kekasihnya. Selain hubungan kalian jadi akrab, kekasihmu juga akan tahu dengan siapa kamu bergaul selama ini.

14. Ngobrol ngalor-ngidul, hingga tak sadar sudah sampai larut malam

Mengobrol menambah kedekatan kalian via http://www.eonline.com/

Mengobrol menambah kedekatan kalian via www.eonline.com

Kadang waktu kebersamaan kalian begitu singkat, terlebih kalau kekasihmu datang ketika sore dan malam tiba. Coba sesekali ngobrol ngalor-ngidul sampai larut malam.

Tapi ingat untuk izin sama orangtuamu dulu, ya.

Kalau orangtuamu tidak mengizinkan, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi messenger.

15. Road trip ke tempat yang belum kalian kunjungi, meskipun hal itu terlihat begitu mainstream

Main ke pantai via https://sanguines.wordpress.com

Main ke pantai via sanguines.wordpress.com

Di akhir pekan bisa kalian manfaatkan untuk road trip ke tempat-tempat yang selama ini kalian liat di media sosial. Di daerah Jabodetabek misalnya, ada banyak sekali lokasi-lokasi wisata baru yang Instagramable.

Manfaatkan momen itu untuk sejenak melupakan kepenatan kalian selama hari kerja atau waktu kuliah.

16. Kumpulkan bukti-bukti yang selama kalian pacaran, lalu buatlah sebuah karya dari situ

Kumpulkan foto-foto kalian juga via http://cjanitraw.blogspot.co.id/

Kumpulkan foto-foto kalian juga via cjanitraw.blogspot.co.id

Ya, namanya sepasang kekasih, pasti ke mana-mana sering pergi bersama. Sobekan tiket bioskop, potret mesra di dalam photobox, lembar bill di tempat makan, menjadi saksi perjalanan kalian.

Kumpulkan kembali bukti-bukti itu lalu buatlah scrapbook untuk menyimpannya supaya tidak hilang dan menjadi buah karya bersama.

Tidak hanya itu, kamu semakin sadar bahwa sudah banyak hal yang sudah kamu lewati bersama-sama dari waktu ke waktu.

17. Ambil foto satu sama lain dengan kamera kalian masing-masing. Bukan hanya terlihat lucu, tapi juga terlihat artistik

Ambil foto masing-masing via http://www.pelfind.co/

Ambil foto masing-masing via www.pelfind.co

Ketika dia sedang bersama kamu, coba ambil potretnya secara sembunyi-sembunyi.

Hal ini akan menambah chemistry kalian berdua.

Bukankah manusia itu mengingat momen dan kejadian?

18. Simpan alat elektronikmu jauh-jauh, coba habiskan satu hari bersama tanpa teknologi

Pergi ke alam juga bisa via www.johanesjonaz.wordpress.com

Pergi ke alam juga bisa via www.johanesjonaz.wordpress.com

Ketika kalian sedang bersama, simpan dulu peralatan teknologi kalian dalam satu wadah. Tidak boleh diambil dalam jangka waktu tertentu.

Lalu coba habiskan satu hari tanpa teknologi. Banyak hal yang bisa kalian lakukan sebenarnya, membaca buku bersama, main origami, mewarnai bareng.

Kalian juga bisa melakukan ibadah bersama.

19. Nggak usah pergi ke bioskop, menonton film atau serial di sofa rumah jauh lebih murah

Nonton di rumah lebih hemat via akuwesrapopo.blogspot.com

Nonton di rumah lebih hemat via akuwesrapopo.blogspot.com

Daripada setiap minggu nonton ke bioskop dan ngeluarin duit ratusan ribu buat nonton berdua, mending nyewa DVD aja di tempat rental dekat rumah dan menonton bersama di rumah.

Kalau nggak ada rental, kalian masih bisa menonton serial TV yang lain tayang.

Jangan lupa beli cemilan untuk teman selama menonton.

Selain menghemat pengeluaran, hal ini juga tidak membuat orangtuamu khawatir karena kamu tidak kunjung pulang.

20. Daripada punya akun pribadi yang isinya cuma kalian, mending bikin akun media sosial punya berdua aja

Punya media sosial berdua pasti seru via www.huffingtonpost.com

Punya media sosial berdua pasti seru via www.huffingtonpost.com

Punya akun media punya berdua? Kenapa nggak?

Untuk kalian yang narsis, kalian bisa membuat akun Instagram dengan akronim nama berdua. Atau kalau kalian lebih suka menulis, coba buat blog dan bagikan cerita tentang kalian. Sebaliknya ternyata kalian lebih menyukai main musik dan nyanyi, bisa buat akun Soundcloud dan kolaborasi bareng.

21. Di hari terakhir tantangan ini, berterima kasihlah padanya karena selalu ada. Kamu sudah tak lagi bisa membayangkan hari-harimu sebelum dia

Sudahkah kamu mengucapkan terima kasih? via http://indianexpress.com/

Sudahkah kamu mengucapkan terima kasih? via indianexpress.com

Terakhir, sudahkah kamu mengucapkan terima kasih padanya? Untuk segala pengorbanan dan kasih sayangnya padamu.

Tersenyumlah di hadapannya, lalu peluklah dia…

Semoga tantangan ini membantu hubungan kalian semakin lengket dan awet sampai ke jenjang pernikahan.Memang tidak mudah mempertahankan sebuah hubungan, tapi selalu ingat kembali kenapa kalian memutuskan untuk saling mencintai. Jangan menyerah saat segalanya terasa hambar. Masih ada 21 hal ini kok untuk dilakukan!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya