Sebagai pasangan yang menjalani hubungan jarak jauh, kamu dan dia harus pintar mencari cara dalam menjaga keharmonisan. Salah satu hal yang paling krusial dalam LDR-an yaitu komunikasi. Kemajuan teknologi yang terus berkembang sudah seharusnya bikin kalian nggak ada lagi hambatan untuk saling memberi kabar. Sayangnya ada saja hal-hal yang luput dan membuat kamu atau dia sama-sama sebal, tapi tetap saja ditoleransi.

Padahal, toleransi mengenai suatu hal bagi pasangan LDR lama-lama menyebabkan hubungan kalian nggak bertahan lama. Toh pada dasarnya LDR-an itu banyak cobaannya dan nggak gampang. Untuk itu, kamu perlu ketahui 5 hal apa saja yang nggak boleh ditoleransi melulu demi LDR-an kalian harmonis selalu.

1. Komunikasi mulai nggak lancar. Makin ke sini, makin berkurang intensitas menelepon bahkan kirim pesan

dia jarang memberi kabar via pixabay.com

Advertisement

“Kamu ke mana aja? Kok seminggu nggak ada kabar?”

Ada banyak alasan kenapa pacar jarang memberi kabar. Bisa disebabkan sibuk sama kerjaan atau kuliah atau malah terlalu asik sama teman-temannya. Dan bisa juga dia nggak hubungi kamu gara-gara memang sengaja ingin menciptakan “jarak”, lalu dibuatlah berbagai alasan palsu saat kamu bertanya. Saking cintanya sama dia, berkali-kali dia nggak memberi kabar kamu toleransi. Sejatinya, hubungan yang sudah sulit bertemu jangan sampai ada jarak yang membentang dengan sengaja. Kamu harus kemukakan hal itu kepadanya karena kunci dari pejuang LDR adalah komunikasi yang lancar.

2. Kamu bukan prioritasnya. Belikan kamu oleh-oleh saja lupa, tapi belikan untuk yang lain malah ingat

dia lupa belikan kamu oleh-oleh via unsplash.com

“Sayang, maafin ya. Aku lupa beliin titipan kamu.”

“Lho, tapi itu yang kamu bawa titipannya siapa?”

“Ini titipannya Maudy….”

Advertisement

Biasanya, pejuang LDR itu kalau mau ketemu pasti membawa oleh-oleh. Kamu pasti akan bahagia banget menerima oleh-oleh itu. Tapi, lain ceritanya kalau pacarmu lupa bawakan oleh-oleh dan malahan ingat membelikan untuk yang lain. Awalnya mungkin itu dianggap biasa-biasa saja, tapi lambat laun kamu akan kesal karena seperti menyepelekan keberadaanmu dalam hidupnya. Bisa jadi hatinya kini sudah terbagi, yaitu satu untukmu, dan satunya lagi untuk orang yang dia belikan oleh-oleh.

3. Lagi bercanda seru, tapi pacar malah ucapkan kata-kata yang cukup menyakitkan ke kamu

dia ucapkan kata-kata hina ke kamu via unsplash.com

Salah satu momen bahagia sama pacar itu ketika kalian saling tertawa satu sama lain. Lelucon yang dia ucapkan sukses bikin kamu tertawa bahagia sesaat dan bikin mood jadi bagus seharian. Namun ada kalanya saat lagi bercanda seru, dia malah ucapkan kata-kata yang cukup hina ke kamu. Ingat, sebagai pasangan kamu seharusnya dihargai dan dihormati, bukan ditertawakan dengan kata-kata cukup hina seperti itu.

Hey! Masih ada cara yang lain untuk bikin kamu dan dia tertawa, kok!

4. Sering berantem tanpa ada solusi. Pada akhirnya kalian saling diam-diaman

tak pernah ada solusi via unsplash.com

Dalam suatu hubungan terutama LDR, mustahil sekali kalian adem-adem saja tanpa pernah berantem sama sekali. Pacaran yang sehat adalah pacaran yang pernah berantem dan satu sama lain bisa mencari jalan keluarnya. Kalau kalian malah terlalu sering berantem tanpa ada solusi, ini tentu mengkhawatirkan. Jika terus dibiarkan, maka masalah yang sama akan terulang lagi dan nggak akan pernah ada penyelesaiannya.

5. Selalu menunda kepulangan dengan alasan bermacam-macam. Awalnya kamu coba sabar, tapi kok lama-lama dia seperti menghindar

dia sering menunda kepulangan via pixabay.com

Ketika lagi LDR-an akan muncul harapan besar untuk segera bertatap muka melepas kerinduan. Tapi, pacarmu malah selalu menunda kepulangan dengan alasan bermacam-macam. Kamu mungkin coba bersabar sekaligus mengerti kondisinya seperti apa di sana. Tapi, lama-lama pacarmu seperti menghindar. Kalau sudah seperti ini kamu perlu waspada karena kemungkinan besar ada yang mengganjal dalam hatinya sampai menjauh dari kamu.

Kamu memang sebaiknya nggak memberikan toleransi terhadap kelima hal tadi ketika menjadi pejuang LDR. Demi hubungan yang bertahan lama, sebisa mungkin hal-hal tadi kamu dan dia perbaiki. Kalau ada masalah, baiknya diselesaikan sampai akhir dan clear. Kalau ada masalah di komunikasi, salah satu di antara kalian perlu mengorbankan waktu untuk menghubungi dulu. Sebenarnya mengatasi masalah saat LDR-an sesederhana itu~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya