Lebih dari pacaran biasa, LDR alias Long Distance Relationship memang memberikan tantangan besar. Salah paham, berantem, bahkan putus mungkin banget terjadi karena jarangnya kalian ketemu. Bahkan, yang mulanya kangen-kangenan pun bisa jadi ajang untuk bertengkar.

Tapi bukan berarti hubungan LDR-mu harus berakhir sendu. Sebelum kalian mengibarkan bendera putih, simak dulu tips-tips sukses LDR dari Hipwee di bawah ini!

Advertisement

1. Jagalah Hubunganmu Agar Senatural Mungkin

hubungan yang natural

hubungan yang natural via nafsulmut-mainnah.blogspot.com

Kalian wajib banget komunikasi setiap hari, bahkan nggak cuma sekali. Ngobrol di telepon, misalnya. Nggak harus lama-lama kok, yang penting kualitasnya. Tanya kabar, cerita kejadian hari ini, atau diskusi soal kerjaan juga bisa. Cobalah menghubungi satu sama lain ketika kalian punya masalah atau bingung menentukan pilihan.

2. Atur Jadwal Supaya Punya Waktu Buat Pacaran

Telepon sambil berjalan

Telepon sambil berjalan via www.vs-world.net

Kalian harus rutin dan suka rela mengorbankan waktu dan mengatur jadwal. Pastikan ada waktu luang buat pacaran. Misalnya kamu lagi sibuk banget, setidaknya bisa kirim SMS. Tapi, kalau kamu lagi punya banyak  free time dan pacarmu ternyata lagi sibuk, sebaiknya gunakan waktu untuk belajar, baca buku, atau olahraga. Pastikan waktumu nggak terbuang sia-sia buat sekedar nungguin telepon dari pacar.

3. Usahakanlah Untuk Rutin Ketemu

usaha untuk ketemu

usaha untuk ketemu via www.deluxebattery.com

Advertisement

Gimanapun kondisinya, kalian  harus sama-sama usaha supaya bisa ketemu rutin. Jangan lupa pertimbangkan soal waktu dan biaya. Yang jelas, pacaran nggak cukup cuma SMS atau telepon aja, ketemu langsung itu wajib kalau ada kesempatan. Bioskop, restoran favorit, bangku taman, atau janjian liburan bareng bisa bikin hubungan kalian tetep harmonis.

4. Jangan Melupakan Tiap Detail Tentang Pasanganmu

kenali pacarmu

kenali pacarmu via www.chriskingleonhart.com

Okelah, kalian emang nggak pernah ketemu. Tapi soal hari ulang tahun, tanggal jadian sampai hobi dan makanan favorit pacar kamu harusnya tetep tahu dong ya..

5. Meskipun Jauh, Bukan Berarti Kalian Tak Bisa Saling Mendukung

berikan dukunganmu

berikan dukunganmu via flickr.com

Ada saat-saat dimana kalian mungkin nggak bisa kompromi sama yang namanya jarak. Misalnya, ketika pacar kamu lagi sakit atau kena musibah. Sebisa mungkin kamu ada di deket dia dan jagain dia. Dalam kondisi seperti ini keberadaan kamu secara fisik bakal penting banget.

6. Ketika Tidak Ada Dia di Sampingmu, Cari Kesibukan Lain yang Bisa Menjaga Mood-mu

bosen, cari kegiatan

bosen, cari kegiatan via pixabay.com

Bohong banget kalau LDR nggak ada bosennya. Rasa bosen itu udah manusiawi banget kok. Yang penting, kalian bisa mengatasi hal ini dengan baik. Ngomong jujur ke pacar dan mula cari kegiatan yang bisa menghilangkan rasa bosan dan bad mood kamu ya!

7. Wajib Hukumnya Untuk Saling Percaya

saling percaya

saling percaya via pixabay.com

Nah, ini dia kunci utama dalam hubungan jarak jauh, harus saling percaya! Curiga itu wajar karena nggak bisa lihat kegiatan pacarmu setiap hari secara langsung, begitu juga sebaliknya. Jangan bertingkah aneh yang bisa menimbulkan kecurigaan pasangan. Selain itu, jangan gampang cemburu atau punya pikiran jelek. Berpikir positif dan grow up, please..

8. Lakukan Kegiatan Bersama-sama

lebih perasa atau sensitif

main musik bersama, mungkin? via www.sexyli.com

Pasti bakal cepet bosen kalau sekedar telepon setiap hari. Coba deh sekali-kali lakukan kegiatan bersama sambil teleponan, misalnya nonton acara TV yang sama atau maen game online bareng. Kalian akan merasa dekat, sekalipun secara fisik berjauhan.

9. Cobalah Untuk Berbagi Hasil Karyamu Dengannya

cobalah berbagi

cobalah berbagi via www.flickr.com

Misalnya kamu suka nulis, coba kasih liat hasil tulisanmu ke pacar dan minta pendapat dia. Kalau kamu suka foto, share hasil jepretanmu ke dia. Hal-hal simple seperti ini bikin pacarmu merasa terlibat dalam keseharianmu. Mungkin kalian bisa lupa kalau sebenarnya lagi LDR.

10. Kirimi Dia Kejutan Romantis, di Saat yang Tak Dia Sangka-Sangka

berikan kejutan romantis

berikan kejutan romantis via www.flickr.com

Coba deh sekali-kali kirim kejutan buat pacar. Misalnya, hadiah, bunga, surat cinta, atau puisi. Tak perlu momen khusus. Hatinya yang membuncah saja bisa jadi sesuatu yang spesial buatmu

11. “Tidur” Bareng Saja!

telepon pacar sebelum tidur

telepon pacar sebelum tidur via elitedaily.com

Eits, jangan mikir aneh-aneh dulu ya! Tidur bareng maksudnya kalian bisa ngobrol di telepon, chat, atau Skype sebelum tidur. Bayangkan kalau si pacar memang lagi ada di deket kamu dan jangan lupa ucapkan ‘Selamat tidur’! Hehehe.

12. Buat Jelas Tahap Apa yang Kalian Berdua Jalani Sekarang

pertahankan hubungan

pertahankan hubungan via imgarcade.com

Meskipun hubungan jarak jauh, semuanya harus dibuat jelas. Kalian lagi pacaran, temen deket, atau mau tunangan sekalian? Jangan takut buat ngomongin masa depan. Tujuan ke depan juga harus jelas sehingga kalian berdua bisa sama-sama berjuang untuk mempertahankan hubungan dengan baik sekali pun harus LDR.

13. Jangan Pernah Merendahkan Mimpi-Mimpinya

dukung pasanganmu

dukung pasanganmu via www.breastfeedingoutlook.com

Sebagai individu, kalian pasti punya cita-cita di masa depan. Pengen lulus cum laude, promosi di tempat kerja atau kuliah di luar negeri? Kamu bisa mulai dukung cita-cita pasanganmu. Tanyakan apakah pacarmu selalu belajar sebelum ujian? Apa kerjaannya lancar? Atau dia sudah mulai browsing beasiswa.

14. Sekali Lagi, Jangan Takut Membicarakan Masa Depan

berani ngomong masa depan

berani ngomong masa depan via flowersandarrows.wordpress.com

Hubungan jarak jauh nggak akan bertahan selamanya. Kalian harus mulai membuat poin-poin penting. Misalnya, siapa yang  rela pindah rumah dan resign dari kerjaan, kapan kalian bisa tinggal di daerah yang sama, bahkan siapa yang siap jauh dari keluarganya.

15. Kalahkan Ketakutanmu!

kalahkan ketakutanmu

kalahkan ketakutanmu via www.linkedin.com

Banyak orang nggak cukup punya nyali untuk menjalani hubungan jarak jauh, entah takut tergoda yang lain atau nggak betah sendirian. Nah, bagi yang sudah memutuskan buat LDR, semua ketakutan harus dihadapi. Kuncinya, komunikasi dan sering-sering diskusi dengan pasangan.

16. Jangan Menjadikan Sia-Sia Sesi Pertemuan Kalian yang Jarang

berpegangan tangan

berpegangan tangan via tipsofdivorce.com

Ketika kalian punya kesempatan bertemu, usahakan untuk menggunakan waktu sebaik-baiknya. Lakukan sesuatu yang nggak bisa dilakukan saat kalian long distance. Pegang tangan atau pelukan bolehlah ya. Tapi, jangan sampai terlalu fokus pada hubungan fisik sampai kehilangan interaksi secara emosional.

17. Stay Positive!

berpikir positif

berpikir positif via www.bubblews.com

Buat yang LDR, wajib selalu berpikir positif! Mikir kalau-kalau pacar selingkuh cuma menghabiskan tenaga, waktu, bahkan bisa bikin kamu sakit. Alihkan fokusmu buat urusan sekolah, pekerjaan, atau hobi yang bisa bikin happy. Kalau kamu bahagia, kebahagiaan itu juga akan menular ke pacar kamu lho!

18. Hubungan Jarak Jauh Juga Punya Manfaatnya, Lho…

kumpul bareng temen

kumpul bareng temen via www.zoella.co.uk

Siapa bilang hubungan jarak jauh nggak ada manfaatnya. Gunakan waktumu untuk lebih dekat dengan keluarga atau teman. Faktanya, mereka yang asyik pacaran bisa lupa sama keluarga, teman-teman, dan orang-orang disekitarnya.

19. Simpan Foto Pacar di Dekatmu

simpan foto pacar

simpan foto pacar via ninhaochina.tumblr.com

Mungkin terdengar “oldskool”, tapi menyimpan foto, surat cinta, atau puisi dari pacar bisa membuatmu merasa nyaman.

20. LDR Atau Pacaran Jarak Dekat, Banyak Juga Kesamaannya!

setiap hubungan pasti ada masalah

setiap hubungan pasti ada masalah via www.independent.ie

Bohong kalau orang lain yang pacaran ‘normal’ alias jarak deket nggak punya masalah. Tapi, LDR memang ibarat kerja ekstra. Kalian harus benar-benar berjuang menjaga komunikasi dan komitmen.

21. Usaha, Usaha, dan Usaha. Usaha, Usaha, dan Usaha Lagi.

usaha untuk cintamu

usaha untuk cintamu via guymelton.typepad.com

LDR itu nggak mudah, tapi gimana kamu dan pacarmu bisa struggle. Ketika mendapat masalah atau hambatan di tengah jalan dan ternyata bisa melewatinya, berarti kalian sudah berada di level hubungan yang lebih tinggi.

22. Jangan Dengerin Haters!

jangan dengerin haters

jangan dengerin haters via olipenathasa.deviantart.com

Hari gini LDR? Ya ampun, nggak capek ya? Nggak takut pacarmu selingkuh?

Nggak usah bad mood kalau denger pertanyaan seperti itu dari orang-orang sekitar kalian. Yakinlah pada kekuatan cinta dan komitmen. Orang lain nggak bisa mengerti mungkin karena mereka nggak merasakan yang sedang kamu jalani sekarang.

Nah, bagaimana? Apa kalian masih mau menyerah? Atau punya semangat baru buat kembali berjuang menjalani LDR?

Yang pasti, semua akan lebih berharga setelah kalian perjuangkan dengan maksimal, apa lagi jika itu hubungan dengan orang yang kamu sayang. All the best of luck!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya