Kamu yang sedang melakoni berpacaran dengan serius pasti mengidamkan hubungan yang mampu bertahan lama dan harmonis. Hubungan yang awet tanpa kadaluarsa adalah suatu kebanggaan tersendiri karena mampu menjalani hubungan bersama tanpa begitu banyak ombak di dalamnya.

Namun, beberapa masalah kadang datang silih berganti menghalangi keharmonisan. Bahkan beberapa hal sempat menggoyahkan hubungan kita, tapi tak terasa bulan demi bulan telah terlewati.  Ingin pacaran awet bertahun-tahun tapi belum tahu apa yang harus dilakoni? Hipwee hadirkan 7 tipsnya di sini.

1. Jadilah team player yang baik. Terbuka dan bersikap apa adanya membuat hubungan bisa bertahan lama

Terbukalah tentang diri sendiri pada pasangan via rebloggy.com

Advertisement

Waktu masa pendekatan boleh saja masih jaim dengan gebetan alias si calon pacar. Tapi kalau sudah memutuskan untuk berpacaran, lebih baik kita terus terang dengan segala hal yang mungkin tak kita suka, apa yang pacar kita suka dan tidak suka, ataupun sifat-sifat buruk yang mungkin bisa muncul tanpa disadari. Keterbukaan ini akan membuat dia menyesuaikan diri dan membuat kita juga mencoba memahami pasangan seutuhnya. Percayalah, dengan keterbukaan ini ada banyak hal yang bisa kita temukan bersama, misalnya ternyata punya kesamaan selera musik, makanan kesukaan dan hobi.

2. Kejujuran itu penting. Lebih baik jujur apa adanya daripada menyesal pada akhirnya.

Lebih baik jujur apa adanya via favim.com

Selain sebuah keterbukaan tentang diri sendiri, jujur adalah syarat mutlak sebuah hubungan. Apapun yang kita lakukan harus jujur pada pasangan, baik tentang kondisi yang sedang kita hadapi atau tentang apapun. Kalau sempat terbesit keinginan untuk berbohong, coba tanyakan pasa diri sendiri apa mau dibohongi? Kalau tidak mau, ya jangan sekali-kali berbohong pada pasangan kita. Kebohongan pasti tak cukup satu kali, selalu ada kebohongan selanjutnya untuk menutupi kebohongan sebelumnya. Lebih baik jujur apa adanya. Dijamin hubungan tak akan berjalan baik jika penuh kebohongan.

3. Sekali-sekali sisipkanlah kejutan kecil agar pacaran ini lebih berwarna dan penuh canda tawa

Memberi kejutan sesekali perlu untuk mendapat suasana baru via imgarcade.com

Tak bisa dipungkiri memang terkadang rasa bosan singgah dalam hubungan pacaran. Salah satu yang bisa dilakukan untuk mengatasi kebosanan adalah dengan memberi kejutan-kejutan sederhana. Misalnya, tiba-tiba membawa bunga pas ngapel, atau mengajak ke tempat yang romantis. Intinya, melakukan hal yang jarang atau bahkan tidak pernah dilakukan sebelumnya. Ini akan membuat kita dan pasangan kembali merasakan keceriaan dalam berpacaran, sekaligus menyadari bahwa pacar kita ternyata perhatian dan so sweet.

4. Hargai waktu bersama dengan memperdalam kepribadian pasangan. Tak harus sering yang penting berkualitas

Luangkan waktu sebentar untuk pasangan via favim.com

Advertisement

Untuk beberapa pasangan, intensitas pertemuan sering menimbulkan masalah. Saat jarang bertemu, sering dibilang terlalu sibuk, giliran sering ketemu, malah jenuh. Yang harus diperbaiki sebenarnya adalah kualitas pertemuannya. Waktu bersama bisa macam-macam bentuknya, ada makan malam, berlibur bersama, atau hanya sekadar mengobrol dan berbagi cerita. Dengan banyak mengobrol kita bisa mencurahkan isi hati ke pasangan, bertukar pikiran, dan menikmati hari bersama yang mungkin jarang dilakukan kalau pasangan sedang sibuk.

5. Belajarlah untuk berkomunikasi yang tidak lebay, seperlunya, tapi menunjukan perhatian dan kasih sayang

Komunikasi seperlunya jangan berlebihan via favim.com

Kunci utama dari sebuah komunikasi adalah sedang-sedang saja, tak perlu terlalu sering dan jangan jarang-jarang juga. Kalau terlalu sering, pasangan kita akan merasa kita terlalu bawel dan terganggu dengan banyaknya pesan yang diterima. Jika terlalu jarang, pasangan kita akan merasa kurang diperhatikan. Intinya, biasa-biasa saja yang terpenting hanya pastikan jika pesan yang kita kirimkan itu menunjukkan kepedulian kita dan memberi kabar seperlunya. Jika kita atau dia sedang sibuk, cukup berikan pengertian dan katakan jika setelah selesai pekerjaan kita atau dia kan menghubungi kembali. Itu adalah komunikasi hubungan yang dewasa.

6. Ingatlah kata yang mengawali semua perjalanan hubungan ini “I love you“, kapan terakhir diucapkan? Masih kah sampai sekarang?

Jangan malu mengatkan I Love You via favim.com

Kata pamungkas ini sering disepelekan, sering diucapkan saat pendekatan dan bulan-bulan awal pacaran. Tapi setelah itu, kata ini sering dilupakan. I love you atau aku mencintaimu terdengar sederhana tapi tak jarang membawa dampak yang cukup penting dalam hubungan pacaran. Kita yang mendengar kata itu dari pasangan akan merasa dicintai dan membuat kita merasa jika hidup kita berarti untuk seseorang. Jika si dia sedang bad mood, memberi semangat dan kata I love you dijamin akan mengembalikan mood yang sempat hilang. Selain itu, mengucapkannya disaat perayaan hari jadian juga menjadi moment yang berkesan untuk menyenangkan pasangan.

7. Ketika mulai kehilangan arah, kembalilah pada komitmen yang mengawali semua ini

Berpeganglah pada komitmen awal via us.ownskin.com

Semua itu tak akan berjalan lancar jika kita sendiri tak punya komitmen yang kuat untuk melanggengkan hubungan. Komitmen adalah fondasi utama membangun sebuah hubungan, dimana pacaran adalah tahap permulaan untuk saling mengenal sebelum melangkah ke jenjang pernikahan. Kebanyakan pasangan yang memiliki hubungan bertahun-tahun sesekali pasti memikirkan tentang pernikahan dan membuat pacaran menjadi tahapan untuk memantaskan diri satu sama lain. Jika datang masa dimana rasanya ingin menyerah dan tak ingin melanjutkannya lagi, ingat-ingatlah komitmen awal memulai semuanya.

itulah tips-tips melanggengkan hubungan ala Hipwee, yang terpenting jalani saja hubungan pacaran apa adanya tanpa banyak menuntut dan saling pengertian. Selamat mencoba.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya