Cowok biasanya sih gak pusing sama hal-hal kecil. Tapi, gak cuma cewek aja yang bisa ilfeel sama lawan jenisnya, cowok juga bisa lho mundur teratur gara-gara kelakuan cewek yang menurut mereka gak banget.

Kalo kamu gak mau dijauhi cowok yang lagi deketin kamu, ada baiknya kamu perhatiin sikap cewek yang bakal bikin cowok ambil langkah seribu berikut ini.

1. Jorok.

Ngupil via www.pmslweb.com

(Sepasang muda mudi lagi makan di kafe.)

Cewek: “Mana ya makanannya lama bener.”(Sambil ngupil.)

Cowok: “Ih, jangan ngupil di sini, kek. Jorok amat.”

Cewek: “Bentar, Beb. Nanggung nih bentar lagi dapet. Naaah, dapet kan.” (Mamerin upilnya, terus dipeperin ke meja makan)

Cowok: (Muntah.)

Hal pertama yang akan bikin cowok kabur dari hadapanmu adalah perilaku jorok yang kamu lakukan. Please behave, terutama saat di meja makan. Hindari ngupil, mengorek telinga, atau kentut di hadapan cowok karena itu bakal bikin lelaki yang paling macho sekalipun bilang “iyuuwwwhhh!” 

Advertisement

Kalo kamu emang gak tahan pengen melakukan ritual di atas, pergilah menjauh, ke toilet atau kamar mandi dan silakan ngupil dan kentut sepuasnya.

Terus, jangan pernah terbiasa buat meperin upilmu ke tembok, baju, atau sembarang permukaan lain ya. SUMPAH ITU IYUUWWH BANGET!

2. Matre kelewat batas.

Matre luar biasa. via giphy.com

Hari 1:

Cewek: “Yang, beliin siomay dong” 

Cowok: (pergi beli) (masih wajar)

Hari 2:

Cewek: “Yang, beliin baju dong”

Cowok: (agak gondok) (tapi gak pa-pa lah, wajar)

Hari 3:

Cewek: “Yang, beliin handphone dong”
Cowok: (ini cewek pikir sini ATM apa ya?”

Meminta sesuatu ke cowok kamu itu sah-sah aja sih, toh sebagian cowok juga punya gengsi untuk bisa “membiayai” keperluan ceweknya. Tapi, gak ada orang yang suka dimanfaatkan, apalagi kalo si cowok bukan tipe orang yang bisa menghambur-hamburkan uang seenaknya.

Mereka cenderung akan milih cewek yang bersedia diajak susah bareng-bareng buat dijadiin pasangan dan mengeliminasi cewek yang boros dan oportunis. Jadi, kalo dikit-dikit kamu minta diisiin pulsa, minta ini-itu dengan semangat aji mumpung, siap-siap aja cowok-cowok pada mundur.

3. Terlalu bergantung sama cowok.

Terlalu tergantung. via dating-advice.wonderhowto.com

(Di telepon.)

Cewek: “Yang, kamu mau anterin aku ke kampus ‘kan? Anterin ya, pleeeeease?”

Cowok: “Iya, iya.” (Dalam hati: YAELAH DARI KOS LO KE KAMPUS TINGGAL NGESOT JUGA SAMPE KALI!)

Atau…

Cewek: “Yang, aku belum makan nih, temenin dooong….”

Cowok: “Iya, iya.” (Dalam hati: PADAHAL SEBELAH KOS ADA WARTEG, PKL, RESTORAN, KAFE DAN MAMANG-MAMANG BURJO! AAAAARGH!)

FYI aja,  tempat tinggal si cowok jaraknya 10 kilometer dari kos si cewek.

Ladies, kalo kamu emang bisa melakukannya sendiri atau sekiranya permintaanmu bakal bikin repot banget cowok yang kamu mintai tolong, please lakukan sendiri ya. Kami tahu kok mungkin kamu lagi kode-kodean sama gebetanmu dan pengen dia berkunjung. Tapi ya gak usah berlebihan juga sih, jangan sampai mereka menghilang tanpa pamit gara-gara males ngeladenin kamu.

4. Terus, dikit-dikit ngambek.

Dikit-dikit ngambek. via galleryhip.com

Masyarakat memang lebih permisif pada cewek daripada cowok yang sensitif dan ekspresif. Cowok akan dengan senang hati meminjamkan pundaknya buat kamu yang lagi sedih. Tapi, kalo dikit-dikit kamu ngambek dan nangis gara-gara permintaanmu gak dituruti sama si cowok, itu bisa bikin cowok jadi ilfeel sama kamu.

Habisnya, apa bedanya deketin kamu sama mengasuh balita? So, jangan sampai kelakuanmu bikin cowok menganggap kamu bukan butuh cowok, melainkan baby sitter.

5. Atau, malah terlalu mandiri.

Terlalu mandiri. via thankq4commonsense.blogspot.com

Kamu gak mau terlihat lemah di hadapan cowok dan apa-apa bisa kamu lakukan sendiri; itu bagus. Tapi, cowok akan senang jika bisa membantu cewek, apalagi cewek yang dia sukai.

Jadi, gak ada salahnya, ‘kan, main tarik ulur dan sedikit mengandalkan cowok buat beberapa hal? Jangan sampai mereka jiper duluan gara-gara menganggapmu terlalu “tangguh.”

6. Gak tahu sopan santun.

Jangan tiru mbak ini ya! via www.tribunnews.com

Kesantunan adalah kewajiban setiap orang. Kamu nggak harus jadi lembut bagai putri raja. Yang penting, kamu bisa menjaga sikap dan membawa dirimu sesuai situasi. Jangan sampai deh kamu bikin malu cowokmu gara-gara kamu nyela antrean makan prasmanan pas resepsi kawinan saudaranya. Udah gitu, kamu makannya berisik pula. Capek deh.

7. Atau, bahkan suka mengumpat.

Suka mengumpat. via uniqpost.com

Kalo mengumpatnya berlandaskan keakraban sih gak apa-apa, kami masih bisa maklumin, karena cowok juga begitu: mengumpat terhadap hal-hal lucu dan gila lalu tertawa bareng-bareng. Itulah akrab yang sebenarnya, gak ada yang merasa tersinggung atau sakit hati.

Tapi. kalo udah merutuk dengan nada kemarahan dan kebencian, gak ada yang suka mendengarnya, bahkan cowokmu sendiri. Jadi, yuk sama-sama jaga omongan biar gak bikin ilfeel yang lain.

8. Terlalu posesif

Kelewat posesif. via www.adweek.com

Sikap terlalu posesif adalah tanda bahwa kamu insecure sama hubunganmu; ini gak sehat, lho. Selain berefek sama hidupmu sendiri — kamu jadi parno, curigaan, dan berpikiran buruk sama cowokmu — juga berefek sama hidup pasanganmu (jadi merasa dikekang, gak dipercaya, dan sebagainya).

Sedikit posesif itu sehat; itu tandanya kamu sayang sama dia. Tapi, kalo berlebihan jelas bakal bikin cowok kabur.

9. Sukanya inspeksi handphone.

Ngintip hape cowoknya. via www.glamour.com

Handphone atau hape itu ibarat celana dalam, jangan sekali-sekali kamu liat-liat isinya atau make tanpa seizin si empunya. Jadi, perilakumu ngintip isi hape cowokmu atau gebetanmu tanpa seizinnya itu jelas bikin ilfeel, karena itu berarti kamu gak menghargai privasi mereka. Selain itu, ini juga menunjukkan kamu insecure dengan hubunganmu.

Kalo emang kamu pengen tahu banget, minta izin baik-baik lah. Kalo emang dia gak ngizinin, ya udah jangan maksa. Saat cowok gak memperbolehkan kamu mengintip hapenya bukan berarti dia menyembunyikan sesuatu kok.

10. Atau sebaliknya, terlalu sibuk sama hapenya.

Terlalu sibuk sama hapenya. via goodncrazy.com

(kencan sama gebetan)

Cowok: “Makanannya enak ya?”

Cewek: “Hmmmm…” (asyik nge-Path)

Cowok: “Minumannya seger, ya?”

Cewek: “Hmmmm….” (sibuk unggah foto di Instagram)

Cowok: “Kamu ngeselin ya?”

Cewek: “Hmmmm….” (masih asyik update Twitter) (beberapa menit kemudian)“Hah? Apaaa?!”

Kalo kamu lagi diajak jalan sama gebetan atau cowokmu, hindari untuk terlalu sibuk sama ponselmu. Fokuslah untuk “hadir” di dekat mereka. Jika kamu sibuk sendiri sama hapemu, mereka akan menganggap kamu gak menghargai mereka atau gak tertarik sama mereka. Dan itu bisa jadi alasan mereka buat mundur teratur dari kamu lho.

11. Bau badan, bau mulut, dan bau kaki.

Bauuu! via www.ravishly.com

Baik cewek maupun cowok, mereka kadang gak sadar dengan bau badannya sendiri. Biasanya sih kalo ceweknya bau badan, cowoknya bakal ngingetin dengan halus. Tapi, ada juga sih cewek yang gak peduli meski udah diingetin berkali-kali, dan itu yang bisa bikin cowok pergi.

So, kalo kamu udah diingetin, gak ada salahnya pake deodoran dan parfum (tapi gak usah terlalu menyengat juga, cowok suka kok aroma natural cewek).

Jika bau mulutmu gak bisa diilangin dengan sikat gigi, cobalah ke dokter gigi, siapa tahu gigimu ada yang gak sehat. Terus, kalo kamu bau kaki, jangan kelamaan pake sepatu tertutup deh.

12. Gak nyambung kalo diajak ngomong.

Intelligence is the real beauty. Cewek yang cerdas selalu punya nilai plus di mata cowok, meskipun tampang mereka biasa-biasa aja. Jadi, selama kamu bisa mengimbangi atau minimal berusaha memahami isi obrolan gebetan atau cowokmu, kamu aman kok.

Yang bikin kesal adalah ketika kamu gak nyambung ketika ngomongin hal-hal yang umum, atau sok-sokan nyambung tapi malah blunder.

Cowok: “Eh, tau gak sih kemaren di tivi Ronaldo maennya keren banget. Seru nontonnya.”

Cewek: “Eh iya, aku juga nonton lho. Tapi, sedih pas dia tenggelam.”

Cowok: “Hah, kok tenggelam?”

Cewek: “Iya, kan kapalnya tenggelam, terus Ronaldo DiCaprionya tenggelam.”

Cowok: (dalam hati) Innalilahiii…

13. Suka ngomongin kejelekan orang.

Suka jelek-jelekin orang. via giphy.com

Ngegosip itu hal yang biasa, cowok juga kadang suka ngegosip kok. Tapi, kalo kamu getol ngomongin kejelekan orang buat bahan obrolan, cowok bakalan gak respek sama kamu. Mereka akan berpikir bahwa kamu gak cerdas; apa gak ada bahan obrolan lain yang lebih berkelas?

Selain itu, bukan gak mungkin kamu juga bakal ngomongin hal-hal buruk tentang mereka ke orang lain. Akhirnya, sebelum terlibat lebih jauh sama kamu, mereka bakal memilih untuk cabut duluan.

14. Sok imut.

Kalo imut beneran kayak ini sih gak papa. via deidara13.blogspot.com

Cewek: (dengan nada imut mendayu) “Kakanda, aku capeeeek. Mau maem es krim dulu”

Cowok: (bergidik dengar panggilan Kakanda) “Ya udah gih, beli es krim”

Cewek: “Aaaaaaaa Kakakanda….aku-nya kan mau ditemenin aku-nya. Takuuut”

Cowok: *merasa di sinetron laga Ind**i*r yang ada naga-nya*

Cowok itu biasanya suka sama cewek yang imut, tapi bukan berarti segala hal yang berhubungan dengan kamu harus diimut-imutin biar disukai sama cowok. Yang alami aja deh.

Kalo kamu emang terlihat dewasa dan gak imut, gak perlulah gaya bicara atau dandananmu lantas diimut-imutin. Bukannya suka, yang ada mereka malah gregetan. Jadi apa adanya kamu aja deh, gak perlu berusaha jadi orang lain.

15. Dandan terlalu menor.

Gak perlu dandan sampai kayak gini. via vk.com

Cewek bersolek itu boleh banget, kamu pastinya pengen menampilkan sisi terbaikmu ke orang lain, terutama gebetan atau pacarmu. Tapi, gak usah berlebihan juga sampai bikin kamu keliatan pake topeng. Itu bukan lagi menampilkan sisi terbaikmu, tapi sama aja dengan memalsukan dirimu yang sebenarnya.

Cowok bakal suka dengan dandanan yang natural kok. Tapi, kalo warna kulit wajah dan tangan bedanya sampai kayak langit dan bumi, siap-siap aja ditinggal kabur gebetanmu.

16. Genit

Waduh! Mbak-nya terlalu mendalami makan pisang nampaknya via www.ign.com

Cowok suka cewek yang bisa sedikit “nakal” sekaligus elegan. Tapi, kalo bahasa tubuhmu terlalu “mengundang” alias genit, cowok yang mendekatimu baik-baik juga bakal risih — kecuali kalo emang dia udah punya maksud tertentu sih.

So, jaga gestur kamu, gak perlu terlalu agresif sama cowok. Biarkan mereka yang jadi penasaran sama kamu, bukan sebaliknya.

Kesan pertama itu penting lho saat PDKT; ia ibarat pintu depan yang bisa menentukan seseorang akan masuk ke dalamnya atau enggak. Jadi, tetap jaga perilakumu dari hal-hal yang nyebelin di atas ya, biar PDKT atau pacaranmu tetap berjalan lancar. Good luck!