Sama halnya dengan hidup, jalan cinta juga kerap nggak sesuai dengan rencanamu. Meski sudah mantap dan sama-sama yakin dengan pasangan tapi terkadang ada saja aral yang menghadang yang membuat hubungan cintamu berakhir di tengah jalan. Begitulah cinta nggak hanya menawarkan kebahagiaan saja, melainkan juga kesedihan dalam waktu yang sama.

Putus cinta selalu menyisahkan kepedihan dalam dada. Ada yang terpuruk lama, namun ada pula yang kembali bangkit lalu melanjutkan hidup sebagaimana mestinya. Semoga kamu masuk dalam golongan yang kedua. Kamu yang berani menjalani hubungan harus juga berani menanggung resikonya. Kamu boleh bersedih karena dia sudah bukan milikmu lagi, namun kamu wajib mengontrol diri agar nggak terlalu tenggelam dalam keterpurukan. Sayangi dirimu, mulailah dengan mengikhlaskan 5 hal ini.

1. Ikhlaskan kenangan bahwa dia pernah memberikan kebahagiaan di masa lalu. Sementara sekarang bahagia ada di tanganmu

Kamu berhak bahagia via www.unspash.com

Advertisement

Meski berakhir duka, namun seenggaknya kamu pernah merasakan kebahagiaan karena cinta. Bersamanya hidup serasa ingah dijalani, segalanya terasa mudah. Tapi takdir berkata lain. Kamu mesti berpisah dengannya yang telah memberikanmu banyak kebahagiaan hidup.

Meratapi kepergiannya terlalu lama tentu nggak baik bagi dirimu sebab bagaimanapun hidup mesti berlanjut. Sekarang dia sudah bersama yang lain, kamu juga seharusnya bisa seperti dia. Kamu berhak untuk bahagia. Sayangi dirimu dengan mengikhlaskan kenangan indah bersamanya.

2. Ikhlaskan kesalahannya yang mungkin membuatmu sakit hati. Karena dari sana kamu akan berdamai dengan masa lalu dan diri sendiri

Berdamai dengan masa lalu via www.unspash.com

Miris memang mendapati dia yang pernah membuatmu merasa bahagia hidup di dunia ini membuatmu kecewa di akhir cerita cinta. Tapi semuanya sudah terjadi, kamu nggak bisa menolak takdir. Dia mungkin banyak melakukan kesalahan-kesalahan yang membuatmu kecewa bahkan sakit hati, tapi nggak perlulah sampai menaruh dendam.

Advertisement

Menyimpan dendam dalam dada menghambat kebahagiaan dirimu. Maafkanlah kesalahannya sebagaimana dia telah memaafkan kesalahanmu. Ikhlaskan saja. Berdamailah dengan dia dan masa lalumu.

3. Ikhlaskan semua pengorbanan yang pernah kamu lakukakan, biar tak ada lagi rasa kesal dan mempertanyakan keadilan

Nggak perlu mengungkit-ungkit via www.pexels.com

Siapa sih yang nggak sedih mendapati hubungan yang telah dibangun lama berakhir begitu saja? Apalagi setelah tahu sang mantan telah punya pacar baru.. hmm.. Tapi yang begitulah hidup, terkadang terasa sangat nggak adil.

Semakin nyesek jika kamu mengingat-ingat lagi pengorbananmu saat bersama dirinya dulu. Maka dari itu nggak perlulah kiranya mengungkit-ungkit lagi kebaikan-kebaikan yang telah kamu berikan kepadanya. Yang ada kamu malah tambah terpuruk, yang ada mantanmu nanti justru malah kasihan dan iba kepadamu. Bangkit, dan tunjukkan kepada dia bahwa kamu masih bisa hidup tanpa dirinya.

4. Ikhlaskan segala rencana masa depan yang telah kamu wacanakan bersamanya. Namanya hidup seringkali berjalan tak sesuai keinginan

Ya, namanya juga hidup via www.unspash.com

Satu hal yang membuatmu susah move on baangkali adalah kenyataan bahwa kamu terlanjur merancang masa depanmu dengan sosoknya sebagai pendamping, benar nggak? Sedih sih memang, tapi ya mau bagaimana lagi.. dia telah bersama yang lain sekarang. Mau nggak mau kamu mesti merombak segala yang ada di kepalamu secepatnya. Ikhlaslah pada kenyataan bahwa nggak ada dia dalam masa depanmu. Kamu mesti menerima kenyataan dan kembali merancang ulang masa depanmu tanpa dirinya.

5. Ikhlaskan dia yang nggak akan kembali kepadamu. Bukalah hati untuk orang baru yang mungkin bisa mengisi kekosongan hatimu

Bukalah hatimu via www.pexels.com

Sekarang dia sudah bersama orang lain, meski masih ada tapi kecil kemungkinan ia kembali ke pelukanmu. Berharap selalu menempatkanmu dalam ketidakpastian. Daripada menunggu dia yang nggak pasti ada baiknya kamu tentukan jalanmu sendiri. Temukan kebahagiaan lain dengan membuka hati untuk seseorang yang baru. Jangan takut untuk memulai dari awal. Ingat kamu punya bekal dari hubunganmu yang lalu untuk mendukung hubunganmu yang selanjutnya. Kamu punya kesempatan yang lebih terbuka sekarang.

Itulah beberapa hal yang harus kamu ikhlaskan saat dia yang terkasih sudah jadi milik orang lain. Sedih karena ditinggalkan itu wajar. Namun ingat kamu berhak untuk bahagia. Sayangi dirimu, jangan biarkan dirimu terpuruk terlalu lama. Berdamailah dengan masa lalumu dan jalani hidup sebagaimana kamu ingin menjalaninya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya