Saat Hubungan Tak Direstui Orangtua, Ini 5 Langkah Bijaksana yang Perlu Kamu Coba

Cara menghadapi hubungan yang tak direstui orang tua

Pada dasarnya, semua hubungan yang terjalin di dunia pasti tak luput dari hempasan kerikil-kerikil di tengah perjalanan. Setiap orang yang membina hubungan, tentu punya permasalahan yang berbeda-beda. Mulai dari pertengkaran sepele karena tidak diajak malam mingguan, sampai yang lebih serius menyangkut orangtua dan agama. Tidak hanya hubungan sebagai pasangan kekasih, pun dengan hubungan dengan teman, orangtua, kakak adik, atau mungkin tukang bakso langganan.

Advertisement

Salah satu masalah yang mungkin jadi mimpi buruk sebagian besar pasangan di luar sana adalah tidak direstuinya hubungan oleh orangtua. Karena kalau sudah bicara restu ayah ibu, segala solusi yang ada seolah tidak mampu menyelesaikan segalanya. Alih-alih membantah orang yang sudah membesarkanmu sejak lahir, lebih baik kamu lakukan 5 cara bijaksana ini saat hubunganmu memang tak diberi restu. Yuk, belajar jadi dewasa bersama Hipwee Hubungan.

1. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memberi pengertian sebaik-baiknya pada pasangan. Katakan bahwa mungkin ini yang terbaik untuk kalian

Bicarakan dari hati ke hati via pixabay.com

Biar bagaimanapun, soal restu dari orangtuamu ini pun jadi masalah bagi pasanganmu. Begitu kamu tahu ayah dan ibumu tak merestui hubungan kalian, temui pasanganmu, beri dia pengertian sebaik-baiknya. Jangan sampai kamu main tinggal begitu saja. Katakan padanya bahwa mungkin cara inilah yang terbaik buat kalian. Tekankan bahwa jika kalian nekat melanjutkan, akan ada banyak pihak yang tersakiti. Daripada jadi dosa, alangkah lebih baik kalau kalian lapang dada berkorban.

2. Buang pikiran negatif jauh-jauh, dan yakinlah bahwa dengan cara ini kamu ataupun dia bisa lebih bahagia

Be positive via pixabay.com

Ketika tahu bahwa ortumu tidak memberi restu, kamu pasti merasa mereka tidak menyayangimu. Tapi daripada terus larut dalam pikiran-pikiran negatif yang bisa membuang-buang energi dan memperburuk hubunganmu dengan keluarga, lebih baik isi pikiranmu dengan hal positif. Yakinlah kalau hanya dengan cara inilah kamu dan kekasihmu bisa bahagia. Karena bahagia tidak harus selalu bersama kan?

Advertisement

3. Percaya sepenuh hati, kalau apa yang orangtua pastilah yang terbaik. Belajar untuk lebih menerima yang kamu butuhkan, bukan yang dirimu inginkan

Percaya apa kata orangtua via pixabay.com

Jarang ada orangtua yang tega menyakiti hati anak-anaknya. Sekalipun harus, mereka melakukan itu semua demi kebaikan sang buah hati di kemudian hari. Belasan bahkan puluhan tahun membesarkanmu, menjadi pelajaran berharga bagi mereka untuk memahami anaknya. Jadi bisa dipastikan kalau segala keputusan orantua itu ya untuk kebaikan anak-anaknya. Cobalah belajar lebih menerima apa yang kamu butuhkan, bukan cuma yang kamu inginkan.

4. Yakinkan dirimu, bahwa masalah ini bisa jadi ajang belajar untuk menjadi pribadi yang lebih tegar ke depannya

Jadi pribadi lebih tegar via pixabay.com

Banyak yang bilang tua itu pasti, dewasa itu pilihan. Orang yang bertambah usia, belum tentu secara mental dia juga bisa dikatakan dewasa. Setiap orang dikatakan dewasa adalah ketika mereka bisa menyelesaikan permasalahan dengan bijak dan mampu mengesampingkan ego. Saat dihadapkan pada hubungan tanpa restu, seharusnya kamu bisa lebih terbuka. Karena dengan begini, kesempatan untuk meningkatkan level kedewasaanmu lebih terbuka lebar. Belajar menerima, untuk menjadi pribadi yang lebih tegar ke depannya.

5. Bukalah diri untuk menerima lembaran baru. Percaya kalau di luar sana masih ada seseorang yang jauh lebih baik dalam mencintaimu

Advertisement

Buka lembaran baru via pixabay.com

Move on, mungkin adalah saran klise yang sudah sering kamu dengar. Tapi gimanapun, cara ini juga perlu kamu lakukan saat menghadapi masalah restu orangtua ini. Jangan menutup diri dengan pilihan-pilihan yang ada. Bukalah lembaran baru dengan mencoba menambatkan hati pada orang lain. Mungkin memang butuh waktu, tapi tidak ada salahnya mencoba. Mungkin saja Tuhan telah membuat rencana indah dengan mempersiapkan seseorang yang jauh lebih baik.

Permasalahan terkait restu orangtua ini memang rumit. Tidak semua orang bisa menerima. Bahkan tak jarang yang berakhir dengan memburuknya hubungan dengan keluarga. Tapi, selayaknya orang dewasa, kamu harus bisa menerima dengan lapang dada. Jangan sampai kamu jadi anak durhaka karena merenggut kebahagiaan orangtua.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An amateur writer.

CLOSE