5 Cara Bijak Atur Keuangan saat Pacaran. Isi Dompet dan Hubungan Sama-sama Aman~

Rudi langsung mematikan ponselnya sambil menghela napas panjang. Ternyata, ia baru saja mengecek saldo m-banking. Di awal bulan ini, pengeluarannya sudah membengkak. Mirisnya lagi, pengeluaran tersebut bukan untuk memenuhi kebutuhan primer Rudi. Sebagian besar digunakan untuk hang out bersama sang pacar.

Kalau terus-menerus seperti ini, bukan nggak mungkin, pendapatannya per bulan ludes untuk bersenang-senang saja dengan pacar. Bukannya nggak sayang pacar, tapi Rudi juga punya tanggung jawab untuk hidup mandiri serta merencanakan masa depannya. Apa yang dialami Rudi mirip sekali dengan curhatan seseorang yang sempat viral di Twitter beberapa waktu lalu, ya, SoHip? Dalam curhatannya, orang tersebut bingung cara mengatur keuangan karena rutin menghabiskan uang Rp2 juta per bulan hanya untuk pacaran.

Mengeluarkan uang untuk pacaran memang wajar sebagai usaha merawat kerharmonisan hubungan. Namun, bukan berarti kamu mengorbankan kestabilan keuangan juga. Nah, supaya nggak sampai boncos nih, ada beberapa aturan yang harus kamu patuhi biar sejahtera saat pacaran. Simak cara bijaknya di ulasan ini, SoHip!

1. Tentukan dulu tipe hubungan kalian karena memengaruhi cara pengelolaan keuangan. Apakah kalian menjalani LDR atau SDR?

Bagi sebagian orang, hubungan jarak jauh (Long Distance Relationship/LDR) dianggap membutuhkan biaya yang lumayan banyak. Pasalnya, kamu dan pacar harus menyisihkan uang untuk saling mengunjungi kota masing-masing secara bergantian. Semakin jauh jarak kota kalian, semakin banyak pula uang yang dibutuhkan.

Sementara itu, bagi sebagian orang lagi, LDR nggak terlalu mahal dibandingkan dengan SDR atau Short Distance Relationship. Meskipun tinggal berdekatan, intensitas ketemu biasanya semakin sering dan itu berarti pengeluaran untuk hang out semakin tinggi. Makanya, tim SDR tak jarang menganggap LDR nggak terlalu mahal.

Dua anggapan tersebut sebenarnya sangat relatif dan nggak perlu diperdebatkan lama-lama. Pasalnya, ada hal yang lebih penting, yakni bagaimana kalian mengatur keuangan agar tipe pacaran LDR atau SDR nggak memakan banyak pengeluaran. Jadi, PR pertama yang harus kamu jawab adalah tentukan dulu tipe hubungan pacaran kalian. Setelah itu, kamu baru bisa beranjak dari langkah pertama menuju langkah selanjutnya dalam mengatur keuangan.

2. Kemudian, tentukan prioritas keuanganmu dan buat porsi pengeluaran dengan logis. Hindari mengutamakan ego~

Siapa sih yang nggak pengin menghamburkan uang untuk membeli barang ini-itu? Siapa juga yang nggak ingin mengeluarkan banyak uang untuk jalan-jalan bersama pacar? Kamu pasti menyukainya juga, kan? Namun, semua kesenangan itu bersifat sementara dan konsumtif. Motifnya pun sering kali karena ego semata.

Hindarilah menentukan skala prioritas pengeluaran dengan berdasarkan ego. Buat prioritas atas dasar kebutuhan. Anggarkan keuangan untuk kebutuhan primer dan sekunder dengan porsi yang lebih besar. Jika kebutuhan-kebutuhan tersebut sudah terpenuhi, kamu bisa menganggarkan untuk biaya pacaran.

Tim Dalam Artikel Ini