Kumpulan Ucapan Hari Raya Idul Fitri untuk Orang Tua, Penuh Makna dan Bikin Baper

Ucapan Hari Raya Idul Fitri untuk Orangtua

Hari Raya Idul Fitri biasanya identik dengan mengirim ucapan selamat lebaran ke anggota keluarga, sanak saudara, sahabat, teman kantor, dan lain-lain. Hal ini dinilai dapat mempererat tali silaturahim sekaligus menyambung kembali komunikasi yang sempat terhenti.

Walaupun ucapan Idul Fitri lebih sering diucapkan oleh sesama teman atau saudara jauh, tetapi nggak ada salahnya kalau kamu juga mengirim ucapan tersebut ke orang tua, lho! Apalagi kalau posisinya kamu anak rantau yang menjalani puasa dan lebaran di negara lain.

Biar nggak bingung memilih kata yang tepat untuk diucapkan kepada mereka, berikut kumpulan ucapan Hari Raya Idul Fitri untuk Orang tua yang penuh makna, bikin baper, dan sedikit lucu.

ADVERTISEMENT

1. Ucapkan selamat Idul Fitri ke orang tua sembari mengingat masa kecil yang penuh kenangan dan tak terlupakan

ucapan hari raya idul fitri untuk orang tua yang jauh

Sambil mengingat masakan ibu, buatlah beliau terharu

Sebagai anak rantau dan belum bisa mudik saat lebaran, pastinya akan teringat dengan masakan ibu, bukan? Apalagi biasanya masakan ibu tidak ada duanya.

“Dulu ibu suka masakin aku lontong opor dan sambal goreng, sekarang jadi kangen lebaran di rumah. Minal Aizin wal Faizin ya, Bu. Maafkan semua kesalahanku”

Kamu bisa menulis kenangan tersebut sembari mengirim ucapan Hari Raya Idul Fitri ke ibu melalui WhatsApp. Pasti ibumu terharu dan akan senantiasa mendoakanmu.

ADVERTISEMENT

2. Tak ada salahnya pakai Bahasa Inggris selama orang tua kamu bisa dengan mudah memahaminya

ucapan hari raya idul fitri untuk orangtua dalam bahasa inggris

Menggunakan Bahasa Inggris juga bisa bikin orang tua terharu

Sebagian orang tua masa kini sudah pandai mengartikan Bahasa Inggris, begitu juga ketika berbicara langsung dengan orang asing. Kamu bisa gunakan kesempatan ini untuk mengirim doa sekaligus kata-kata ucapan Idul Fitri yang indah dalam bahasa Inggris kepada orang tua.

“Dear Mom and Dad, as we gather to celebrate the joyous occasion of Eid, I find myself reflecting on the countless blessings in my life, and at the top of that list is both of you. May our hearts be filled with the warmth of family, the joy of togetherness, and the blessings of the Almighty. Eid Mubarak, Mom and Dad. With all my love and appreciation”

ADVERTISEMENT

3. Ucapan Hari Raya Idul Fitri untuk orang tua nggak harus panjang, singkat pun tak masalah!

ucapan hari raya idul fitri 2024 untuk orang tua

Dengan mengirimkan doa, pasti orang tuamu senang

Siapa bilang kalau ucapan Hari Raya Idul Fitri untuk orang tua harus panjang? Kamu tetap bisa kok kirim dengan kalimat pendek tanpa menghilangkan maknanya! Misalnya saja seperti di bawah ini:

“Taqaballahu minna wa minkum shiyamana wa shiyamakum, kullu ‘amin wa antum bikhair. Selamat berlebaran ya, Pak & Bu”

Doa tersebut memiliki makna “semoga Allah menerima puasa kita dan setiap tahun semoga kita selalu dalam kebaikan”

ADVERTISEMENT

4. Punya orang tua yang humoris? Ucapkan selamat lebaran dengan pantun

ucapan hari raya idul fitri untuk orang tua humoris

sedikit ngelawak bisa mencairkan suasana

Kalau kamu punya orang tua yang humoris, suka ngelawak, dan hobi banget ngebanyol, berarti saatnya mengeluarkan pantun-pantun lucu. Ini dia ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri untuk orang tua dengan pantun:

Jalan-jalan bersama kawan ke Toraja

Pulangnya jajan bakso sambil ngerujak di Bekasi

Siapa sangka momen Ramadan udah kelar aja

Buat bapak dan ibu tercinta met Hari Raya Idul Fitri.

ADVERTISEMENT

5. Siapkan juga ucapan Hari Raya Idul Fitri untuk mertua, karena mereka juga termasuk orang tua

ucapan lebaran untuk mertua di kampung

Mertua jangan sampai dilupakan, ya~

Buat kamu yang sudah menikah dan berumah tangga, jangan lupa untuk mengirimkan ucapan Hari Raya Idul Fitri ke mertua ya. Karena bagaimana pun mereka juga orang tua kedua kamu.

Sedikit berbeda dengan mengirim upacan ke orang tua sendiri, ucapan lebaran ke mertua mungkin bisa sedikit lebih sopan dan menggunakan kalimat yang halus, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman yang berimbas panjang.

“Sebulan penuh kita berpuasa, saatnya keluarga kecil kami mengucapkan Taqaballahu minna wa minkum untuk Bapak dan Ibu. Kami senantiasa berdoa untuk kesehatan Bapak dan Ibu. Salam sayang, saya dan istri”

ADVERTISEMENT

6. Setahun sekali, boleh lah pakai kata-kata yang sedikit puitis ke orang tua

ucapan selamat lebaran yang bikin terharu

Orang tua yang sweet memang cocok diberi ucapan yang penuh haru seperti ini

Sebagian anak terkadang tidak biasa mengucapkan kalimat-kalimat puitis atau romantis ke orang tuanya. Namun jika ayah dan ibumu tipikal orang yang sweet dan bahasa cintanya word of affirmation, coba buat kata-kata yang menyentuh dan bikin baper mereka.

“Ma.. Pa.. mendoakan kalian bukan hanya saat lebaran saja, tetapi juga setiap waktu. Seperti kasih Mama dan Papa yang terus mengalir deras untukku. Mungkin, banyak khilaf yang termaafkan, tetapi tetap saja, aku tidak tahu kapan Mama dan Papa tersakiti oleh tindakanku. Eid Mubarak, my Love. I love you so much”

Pasti orang tuamu akan berlinangan air mata deh usai baca pesan tersebut!

7. Buat Ucapan yang simple tanpa menghilangkan makna lebaran

contoh ucapan lebaran yang simple

Ucapan lebaran bisa singkat, padat, dan bermakna

Ucapan Hari Raya Idul Fitri sebenarnya tidak harus selalu panjang, karena yang simple saja tetap bermakna kok! Asalkan kamu tidak asal copy paste ya, apalagi untuk orang tua sendiri. Jadi pastikan berikan yang terbaik.

“Selamat merayakan Idul Fitri untuk orang tuaku tercinta, terkasih, dan terbaik. Taqaballahu Minna wa Minkum Taqabbal ya karim”

8. Sesekali coba kirim ucapan Idul Fitri dalam Bahasa Arab, tentunya sertakan juga artinya ya

ucapan idul fitri dalam bahasa arab

Bahasa Arab juga sangat menyentuh

Udah pernah kirim ucapan Hari Raya Idul Fitri ke orang tua dalam Bahasa Arab belum? Ada beberapa kalimat dalam Bahasa Arab yang sangat bagus dan bikin orang tua merasa trenyuh saat membacanya lho! Nih, salah satu contohnya:

“Eid Mubarak ayyuha alwaldan al’azizan, ‘adam Allah hubbikuma wara’ayatkuma, wajal alsa’adah tumla’ qulubikuma dawman”

yang artinya: Selamat Hari Raya Idul Fitri, wahai orang tua yang terkasih, semoga Allah mengasihi dan menyayangi kalian, dan semoga kebahagiaan selalu memenuhi hati kalian.

9. Ucapan untuk orang tua teman atau sahabat yang dekat dengan kamu

ucapan idul fitri untuk camer

orang tua sahabat atau teman yang dekat dengan kamu juga pantes loh diucapin selamat lebaran

Mungkin ada sebagian dari kamu yang dekat dengan orang tua sahabat atau teman dan mereka sangat perhatian denganmu, sama ketika mereka menaruh perhatian untuk anaknya.

Kalau sudah begitu, mereka pantas untuk mendapatkan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri darimu.

“Taqaballahu minna wa minkum taqabbal ya karim untuk Om dan Tante yang selalu baik dan perhatian dengan (nama kamu). Semoga Om dan Tante selalu sehat, usianya berkah, dan tunggu saya ke sana, ya”

Itulah kumpulan ucapan Hari Raya Idul Fitri untuk orang tua dengan beragam kalimat. Di hari yang suci, selalu tebarkan cinta dan kehangatan untuk keluarga kamu, ya~

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis