10 Aplikasi Perekam Layar Android dengan Audio Gratis dan Berbayar 2021

Perekam layar Android gratis dan berbayar terpopuler 2021!

Salah satu pertanyaan yang pastinya paling sering ditanyakan di antara pengguna Android adalah “Bagaimana cara merekam layar pada perangkat Android?”. Ada banyak alasan kamu membutuhkan perekam layar Android saat ada banyak konten di layar Android kamu yang sedang berjalan, entah itu untuk merekam panggilan, rapat penting bahkan membuat konten Youtube.

Dulu rekaman layar menjadi sebuah persoalan yang besar. Kamu harus menyewa ahli perangkat lunak atau menggunakan alat yang rumit untuk mengurus itu, yang pastinya nggak selalu memungkinkan untuk dilakukan. Untungnya, saat ini ada banyak aplikasi perekam layar di Google Play Store

Kebanyakan aplikasi tersebut dikemas dengan beragam fitur yang membuat pekerjaan kamu jadi lebih efisien! Berikut 10 aplikasi perekam layar android terbaik dengan audio dari yang berbayar hingga gratis!

Advertisement

1. Vidma Screen Recorder

Photo by Vidma Recorder

Photo by Vidma Recorder via https://recorder.vidma.com

Aplikasi pertama adalah Vidma Screen Recorder , Vidma merupakan perekam layar Android populer yang gratis dan tanpa watermark atau tanda air. Vidma memungkinkan kamu sebagai pengguna Android untuk merekam, mengedit, dan membagikan tangkapan layar secara online dengan mulus tanpa perlu berlangganan atau registrasi terlebih dahulu.

Kamu dapat merekam video berkualitas tinggi dengan audio internal maupun eksternal. Selain itu kamu juga bisa merekam sambil mengaktifkan facecam pada resolusi tertinggi 1080P (Pixels). Fitur lainnya dalam Vidma yakni kecepatan bingkai tercepatnya 60 FPS (Frame Per Second), merekam tanpa batas waktu, dan tidak memerlukan root.

Advertisement

Kamu juga bisa lebih mudah mengekspor atau membagikan tangkapan layar dari Androidmu ke apps lainnya, karena video yang dibuat dengan aplikasi ini cocok dengan sebagian besar platform media sosial!

2. RecMe Screen Recorder

RecMe Screen Recorder Apk

RecMe Screen Recorder Apk via http://www.apkmonk.com

RecMe adalah aplikasi perekaman yang paling banyak digunakan untuk perangkat yang di-rooting. Ini adalah salah satu dari sedikit aplikasi perekaman layar dengan kemampuan yang kuat untuk merekam audio internal saat digunakan pada perangkat yang di-rooting.

Advertisement

RecMe mengaktifkan tangkapan layar dengan overlay kamera depan dan belakang (untuk pengguna Pro) hingga 60 fps, kualitas video 1080p dan kualitas video bitrate 32 Mbps. RecMe dapat menyimpan rekaman dalam format MP4 atau MKV.

Versi Pro menawarkan fitur eksklusif seperti Screen Drawing atau Menggambar pada Layar untuk membuat hasil akhir dalam aplikasi. Hal yang perlu diperhatikan dari aplikasi ini yaitu aplikasi ini tidak akan berfungsi dengan versi Android 6.0 ke bawah. RecMe tersedia dalam versi gratis dan versi pro (berbayar).

3. Google Play Games

Photo by Google Play Store

Photo by Google Play Store via https://play.google.com

Google Play Game dilengkapi dengan fungsi perekaman layar built-in yang mencakup fungsi perekaman audio. Perekam layar Google Play Game gratis, tanpa iklan atau pembelian dalam aplikasi.

Meskipun perekam layar Google Play Game diutamakan bagi para gamer, pengguna selain gamer juga dapat menggunakan fitur ini untuk merekam hal-hal non-game. Untuk mengatasi batasan khusus game, keluar dari game di tengah perekaman dan kemudian buka aplikasi apa pun yang kamu inginkan.

Jika saat ini kamu menggunakan Android versi lama, kamu memerlukan perangkat yang di-rooting agar dapat mengakses fungsi perekaman. Perekaman layar ini erfungsi hingga resolusi 720p dengan batasan durasi  4 jam, serta dapat digunakan di beberapa negara tertentu saja.

4. Screen Recorder By Kimcy 929

Photo by Apk Mirror

Photo by Apk Mirror via https://www.apkmirror.com

Aplikasi ini hadir tanpa iklan, tanpa watermark, dan tanpa akses root. Kamu bisa merekam dalam resolusi berbeda (hingga 120 fps tergantung perangkat yang kamu gunakan), kecepatan bit, dan kecepatan bingkai.

Aplikasi ini juga didukung dengan Facecam saat merekam dan memungkinkan kamu untuk merekam input sentuh dan audio eksternal. Perekam layar ini mendukung perekaman panggilan, tapi kamu perlu mematikan fitur perekaman suara saat merekam panggilan.

Selain itu, Screen Recorder By Kimcy 929 menyertakan pemangkas video yang cukup bagus, kamu juga bisa menambahkan teks, logo, dan gambar ke rekaman layar. Kamu bisa memilih untuk menggunakan versi gratis atau berbayar untuk Versi Pro harganya mencapai $20,99.

5. Mobizen Screen Recorder

Photo by Google Play

Photo by Google Play via https://play.google.com

Seperti aplikasi perekam layar gratis pada umumnya, Mobizen adalah perekam layar tanpa root yang mendukung hampir semua versi Android. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk merekam dalam berbagai resolusi dari 240p hingga 1080p, menawarkan pilihan kecepatan bingkai dari 5 FPS hingga 60 FPS dan kecepatan bit dari 0,5 Mbps hingga 12 Mbps.

Mobizen Screen Recorder memiliki fitur menarik seperti video editor bawaan, mode unik bernama “Clean Recording”. Mode tersebut memungkinkan perekaman layar tanpa logo dan tanpa penghitung waktu maksimum. Dengan mode ini juga, kamu dapat mengubah logo Mobizen menjadi watermark merek kamu sendiri.

6. AZ Screen Recorder

Photo by Rexdl

Photo by Rexdl via https://rexdl.co.id

AZ Screen Recorder dapat diunduh secara gratis. Aplikasi ini tidak memerlukan akses root, tanpa watermark, dan tanpa batasan waktu untuk merekam, namun disertai dengan iklan di dalamhya. Kamu dapat merekam layar dalam kualitas Full HD dan merekam audio melalui mikrofon.  

Selain versi gratis, kamu juga dapat mengunduh versi Pro AZ Screen Recorder dengan harga $ 2,99. Versi pro memiliki fitur tambahan seperti tombol ajaib, penghapusan iklan, penghitung waktu mundur, dan fitur overlay kamera depan yang tidak mengganggu konten rekamanmu. Fitur upgrade berbayar ini tersedia sebagai pembelian dalam aplikasi.

7. Super Screen Recorder

Photo by Google Play

Photo by Google Play via https://play.google.com

Super Screen Recorder hadir dengan antarmuka yang ramah pengguna bersama dengan fitur pengeditan video yang mengesankan. Ketika menggunakan aplikasi ini kamu tidak memerlukan perangkat yang di-rooting dan kamu bisa merekam layar dengan durasi yang tak terbatas.

Aplikasi ini menyediakan rekaman berkualitas tinggi dengan resolusi hingga 1080P, kecepatan bit 12Mbps, dan kecepatan bingkai 60 FPS. Aplikasi ini juga terdiri dari GIF maker, Facecam, dan alat kuas yang memungkinkan kamu untuk membuat catatan berbagai hal di layar saat merekam.

Aplikasi ini menyediakan beberapa fitur unik seperti perekaman terjadwal dan penambahan watermark.

8. VideoShow VRecorder

Photo by Hybrid.co.id

Photo by Hybrid.co.id via http://hybrid.co.id

VideoShow VRecorder adalah perekam layar stabil untuk Android dengan lebih dari 1 juta pengguna. Sama seperti aplikasi perekaman layar kebanyakan lainnya, aplikasi ini tidak memerlukan root, menyediakan fitur video editor, dan tidak memiliki batas waktu perekaman.

Aplikasi ini merekam audio internal dan eksternal, terdapat alat kuas yang memungkinkan kamu untuk corat-coret saat merekam, dan mengubah rasio hingga menjadi persegi, vertikal, atau widescreen (layar lebar). Aplikasi ini menawarkan resolusi hingga 1440p, kualitas 12.0Mbps, 60 FPS.

Sebagai pengguna premium (berbayar), kamu akan menikmati pengalaman yang lebih lancar dan merekam video tanpa watermark.

9. XRecorder

Photo by Paidcrack

Photo by Paidcrack via https://www.paidcrack.com

XRecorder adalah aplikasi perekaman layar Android yang sudah diunduh lebih dari tiga juta pengguna di seluruh dunia. XRecorder menawarkan perekaman full HD dengan sampai dengan 1080p, 60FPS, 12Mbps.

Kamu bisa merekam layar dengan durasi tak terbatas, tanpa perlu root dan tanpa watermark. XRecorder memungkinkan perekaman layar dengan Facecam, mengambil tangkapan layar dan merekam dengan audio secara bersamaan.

Aplikasi ini memiliki fitur unik yang dikenal dengan penghitung waktu mundur, fitur yang jarang ada di perekam layar Android lainnya. Dengan mengaktifkan fitur ini, aplikasi akan menambahkan hitungan mundur 3 detik sebelum perekaman layar dimulai.

10. ADV Screen Recorder

Photo by Google Play

Photo by Google Play via https://play.google.com

Perekam Layar ADV menawarkan fitur merekam tanpa watermark dan tidak memerlukan root. Perekam layar ADV gratis untuk diunduh dan berisi iklan bersama dengan pembelian dalam aplikasi.

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk merekam layar ponsel dengan dua mesin yang berbeda, merekam audio internal dan eksternal dan gambar layar saat merekam. Aplikasi ini memiliki fungsi pengeditan sederhana.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur hitung mundur yang mirip dengan XRecorder, yang memungkinkan pengguna menambahkan penundaan hingga 3 detik sebelum memulai rekaman.

Kamu dapat mengatur resolusi, kecepatan bingkai, kecepatan bit yang berbeda. Namun, resolusi maksimumnya hanya 720p, terbilang sedikit lebih rendah jika dibandingkan dengan perekam layar lainnya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE