10 Komponen Ini Harus Ada di Jurnal Harianmu. Biar Hidup Lebih Tertata

menyusun daily journal

Pernakah kamu sering merasa bingung harus memulai dari mana saat hendak melakukan sesuatu? Atau kamu memiliki aktivitas yang cukup padat sehingga membuat jadwal harian kamu menjadi semakin berantakan? Mulai saat ini, kamu tidak perlu khawatir lagi. Kamu bisa mulai menata hidupmu dengan membuat bullet journal agar aktivitas keseharianmu bisa menjadi lebih teratur dan teorganisir. Bagi kamu khususnya para pemula  yang ingin mencoba untuk mengatur jadwalmu dengan membuat bullet journal, terdapat beberapa langkah yang perlu kamu perhatikan dalam menulis komponen bullet journal-mu.

Advertisement

1. Daily to do list

Pinterest

Pinterest via https://pin.it

Langkah pertama yang wajib kamu tulis adalah daily to do list. Pada halaman ini kamu bisa menuliskan aktivitas yang akan kamu lakukan dalam satu hari. Kamu harus memprioritaskan kegiatan penting terlebih dahulu untuk dikerjakan. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan lainnya yang tidak terlalu mendesak setelahnya. Daily to do list ini biasanya ditulis secara rutin pada setiap hari.

2. Weekly or monthly schedule

Pinterest

Pinterest via https://pin.it

Dalam weekly/ monthly schedule ini kamu bisa menuliskan semua daftar kegiatan, tugas, rapat, hingga acara penting lainnya yang akan dilakukan selama 1 minggu atau per bulannya. Dengan  demikian, kamu tidak akan melewatkan setiap kegiatan penting atau deadline tugas yang diberikan. Hal ini juga dapat bermanfaat untuk melatih kedisplinanmu dalam mengatur jadwal keseharian agar menjadi lebih produktif.

Advertisement

3. Yearly goals

Pinterest

Pinterest via https://pin.it

Kemudian, langkah selanjutnya dalam membuat bullet journal adalah kamu bisa membuat yearly goals pada bagian halaman bullet journal-mu. Yearly goals ini bertujuan untuk mencatat hal-hal yang ingin kamu capai dalam satu tahun ke depan. Kamu dapat menambahkan kotak kecil di setiap list-nya. Apabila kamu sudah berhasil mewujudkan pencapaianmu, kamu bisa memberikan tanda centang ataupun simbol lainnya di dalam kotak kecil tersebut. Ini juga dapat membantu kamu untuk selalu termotivasi  dalam mengejar impian atau goals-mu.

4. Habit tracker

Pinterest

Pinterest via https://pin.it

Habit tracker adalah suatu catatan yang digunakan untuk pemantauan. Kamu dapat memantau aktivitas atau kebiasaan sehari-hari yang sering kamu lakukan, sehingga kamu dapat mengetahui seberapa sering kamu melakukan kebiasaanmu tersebut. Biasanya, habit tracker ini tersusun dalam bentuk sebuah tabel.

5. Movie/drama tracker

Pinterest

Pinterest via https://pin.it

Bagi kamu yang mempunyai hobi menonton film atau drama, kamu wajib banget untuk membuat movie/drama tracker pada salah satu halaman bullet journal-mu. Kamu bisa mencatat film, series atau drama yang ingin kamu tonton. Bahkan, kamu juga bisa memberikan penilaianmu terhadap setiap film atau drama yang sudah selesai kamu tonton.

Advertisement

6. Mood tracker

Pinterest

Pinterest via https://pin.it

Mood tracker adalah keadaan suasana hati kamu per harinya. Agar pada halaman ini dapat terlihat lebih menarik, kamu bisa menggunakan warna sesuka hati kamu. Warna yang berbeda akan menjadi sebuah tanda dari setiap suasana mood kamu. Misalnya, hari ini kamu sedang  emosi, kamu bisa menyimbolkan suasana emosi tersebut dengan warna merah.

7. Quotes

Pinterest

Pinterest via https://pin.it

Selanjutnya, pada komponen ini kamu bisa menuliskan sebuah kutipan kalimat yang dapat memotivasi hidup kamu. Supaya kalimat yang kamu tulis dapat terlihat makin aesthetic, kamu bisa menuliskannya dengan teknik penulisan hand lettering. Kamu bebas menulis quotes sesukamu kapan pun yang kamu inginkan.

8. Financial tracker

Pinterest

Pinterest via https://pin.it

Salah satu bagian yang paling penting dalam sebuah bullet journal adalah financial tracker. Karena, di halaman financial tracker ini kamu bisa melihat rekam jejak finansialmu. Kamu bisa memulainya dengan mencatat setiap dana pemasukan dan pengeluaran agar lebih terperinci. Sehingga kamu bisa mengelola keuanganmu dengan baik.

9. Shopping list

Pinterest

Pinterest via https://pin.it

Saat kamu hendak pergi berbelanja, kamu perlu membuat sebuah daftar belanja atau disebut shopping list. Kamu bisa membuat daftar segala jenis kebutuhan yang akan kamu beli dengan mengurutkannya berdasarkan tingkat urgensi keperluanmu. Jadi, tentunya hal ini juga dapat berguna untuk mengontrol dana pengeluaran belanja kamu.

10. Meal planner

Pinterest

Pinterest via https://pin.it

Pada bagian ini kamu bisa merencanakan makanan dan minuman apa pun yang ingin kamu konsumsi, supaya kamu tidak bingung saat hendak memakan atau meminum sesuatu. Kamu bisa mencatat semua jenis makanan dan minuman kesukaanmu di halaman meal planner ini. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE