10 Perbedaan Sistem Pendidikan Jepang dengan Indonesia

Jepang memang Dikenal akan keunikannya,mulai dari teknologi,pakaian,kebudayaan,makanan sampai sistem pendidikan.

Siapa sih yang tidak tau dengan negara Jepang? Negara yang memiliki keunikan dan kecanggihan teknologi yang sudah dikenal di dunia. Apalagi dalam sistem pendidikan, Jepang memiliki peraturan dan sistem belajar yang patut dicontoh loh guyss..

Jepang memang Dikenal akan keunikannya,mulai dari teknologi,pakaian,kebudayaan,makanan sampai sistem pendidikan. Sistem pendidikan di Jepang menjadi satu yang terbaik di dunia.

Tak heran jika banyak orang yang berlomba-lomba untuk bisa menempuh pendidikan disana. Bahkan banyak anak muda Indonesia yang berkeinginan bisa sekolah disana,contohnya saja saya hehe..

Pendidikan memang menjadi  salah satu tolak ukur kesuksesan dan kemajuan suatu Negara. Berikut  10 perbedaan sistem pendidikan Jepang dengan Indonesia:

1. Jam Sekolah

Advertisement

Jam belajar di Jepang dimulai dari pukul 8 delapan pagi hingga pukul tiga sore,sedangkan di Indonesia umumnya adalah pukul tujuh pagi hingga pukul  satu siang.

Di Jepang jika ada siswa yang terlambat akan disuruh membuat surat perjanjian untuk tidak mengulangi lagi. Dan jika mengulanginya kembali maka siswa tersebut  akan di beri sanksi skorsing.

Sedangkan di Indonesia ketika ada siswa yang terlambat masuk ke sekolah,hanya dimintakan surat izin masuk sekolah dan diberi sedikit hukuman. Seperti berdiri hormat di depan tiang bendera, membersihkan wc, push-up dan sebagainya. Kalau kayak gini mah pasti gak jera tuh yang terlambat,hahaha

Advertisement

2. Etika dan Kedisiplinan

Disiplin

Disiplin via https://unsplash.com

Siswa di Jepang baru bisa mengikuti ujian mata pelajaran  jika sudah kelas 4 SD atau berumur 10 tahun. Selama 3 tahun mereka tidak dinilai seberapa pintar ilmu pengetahuan,tapi mereka di fokuskan untuk belajar tata karma.

Sedangkan di Indonesia kedisiplinan sangatlah kurang dan sangat sulit sekali untuk diterapkan. Bahkan dalam hal etika pun Indonesia sedang mengalami  kemerosotan. Terbukti dengan banyaknya kasus guru yang dijebloskan ke penjara atau dipukuli oleh orang tua murid hanya karena menegur muridnya.

Bahkan yang membuat sangat miris,saat ini tidak sedikit para murid yang berani melawan dengan gurunya baik dengan perkataan maupun dengan serangan fisik. walah walah mau jadi apa nih generasi penerus kita nantik..

Advertisement

3. Kemampuan Belajar Siswa

Siswa yang sedang berdiskusi

Siswa yang sedang berdiskusi via https://unsplash.com

Dalam hal kemampuan belajar siswa, di Indonesia guru lebih memiliki kecendrungan melihat  factor individu muridnya. 

Tetapi bagi siswa di Jepang  mereka selalu naik kekelas berikutnya dari nilai ulangan dan kemampuan mereka.

Bahkan Nilai ulangan mereka hanya berarti pada saat mereka mengikuti ujian masuk sekolah menengah dan Universitas. wahh enak juga yaaa

4. Mata Pelajaran Sekolah

Buku pelajaran

Buku pelajaran via https://unsplash.com

Mata pelajaran di Jepang lebih sedikit jadi, siswa bisa lebih fokus dalam belajar dan tidak merasa tertekan dengan pelajaran.

Sedangkan di Indonesia,seperti yang kita ketahui banyaknya mata pelajaran terkadang membuat murid merasa tertekan,stress dan jenuh. Sehingga murid di Indonesia sering mengeluhkan banyaknya mata pelajaran yang harus mereka pelajari di setiap semesternya.. haduhhh kasihan yaa

5. Penekanan Pada Siswa

Pusing belajar

Pusing belajar via https://unsplash.com

Murid-murid di Jepang diajarkan untuk bisa berfikir kritis dalam kegiatan belajar mengajar.

Sedangkan para siswa di Indonesia  mulai dari tingkat SD sampai tingkat atas selalu dihadapkan pada hafalan hafalan dan hafalan… waduh!!  banyaknya nya hafalan bisa buat otak kami eror tuh buk guruu..

6. Transportasi

Sepeda di Jepang

Sepeda di Jepang via https://unsplash.com

Siswa di Jepang mulai dari sekolah dasar hingga tingkat atas dilarang keras menggunakan kendaraan bermotor  baik roda dua atau roda empat kesekolah.

Siswa di Jepang biasa berangkat menggunakan transportasi umum seperti kereta,bis ataupun sepeda. Bahkan siswa di Jepang juga banyak memilih untuk berjalan kaki menuju sekolah.

Sedangkan di Indonesia saat ini hampir banyak siswa kesekolah membawa kendaraan  roda dua kesekolah. Bahkan banyak siswa membawa kendaraan roda empat kesekolah. waww..apa mungkin karena anak-anak Indonesia anak sultan semua kali yahh haha

7. Perlengkapan Sekolah

Perlengkapan sekolah

Perlengkapan sekolah via https://unsplash.com

Sekolah dijepang menuntut siswa untuk mengenakan sepatu khusus didalam bangunan sekolah. Hal itu dilakukan untuk menjaga kebersihan dan mencegah kotoran agar tidak terbawa masuk. Bahkan tidak hanya itu mereka juga menggunakan tas sekolah yang sama persis yang disediakan oleh pihak sekolah.

sedangkan di Indonesa anak sekolahan malah berlomba-lomba memiliki tas dan peralatan sekolah yang super duper keren dan mahal. apalagi jika sudah memasuki semester baru duh siap-siap deh untuk saling  pamer-pameran  hahaha

8. Menu Makan Siang

Makan siang

Makan siang via https://unsplash.com

Di Jepang setiap orang makan-makanan yang sasma,siswa dilatih untuk memakan-makanan yang sama dan menyelesaikan makan siangnya dalam waktu yang sudah ditentukan. Semua siswa makan siang dengan gurunya dikelas.

Sedangkan di Indonesia siswa bebas membeli makanan di kantin atau membawa makanan dari rumah masing masing. Hayooo kamu tim mana nih yang suka jajan atau bawa bekal? hehe

9. Kebersihan Sekolah

Di Jepang sekolah tidak bergantung pada petugas sekolah untuk membersihkan lingkungan sekolah. Setiap harinya sekolah dijepang diberikan waktu  untuk kegiatan bersih-bersih yang dssebut O-Soji.

Biasanya sehabis pulang sekolah sekitar pukul 3 sore, seluruh siswa dikelas gotong royong membersihkan lingkungan sekolah seperti membersihkan kelas,tangga,hingga toilet.

Sedangkan di Indonesia biasanya setelah lonceng pulang sekolah berbunyi para siswa langsung keluar kelas dan buru-buru meninggalkan sekolah.

Bahkan Toiletnya pun dibiarkan kotor setelah digunakan dan hanya menghandalkan petugas kebersihan sekolah untuk membersihkannya.Ditambah lagi laci-laci meja kelas biasanya penuh dengan sampah makanan iuhhh jorok…

10. Seragam Sekolah

Bagi siswi perempuan di Jepang menggunakan seragam seperi baju pelaut dan siswa laki-laki berseragaram gaya militer hitam polos dengan lengan panjang dengan kerah tegap untuk dileher seperti tentara Jepang.

Bedanya dengan seragam yang ada di Indonesia,seragam di Indonesia memiliki banyak model yaitu seragam utama,batik dan pramuka.

Warna seragam utama membedakan jenjang pendidikan yaitu seragam putih merah untuk siswa SD, Putih Dongker Untuk siswa SMP dan putih abu-abu untuk siswa SMA.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Mahasiswa Jurnalistik

CLOSE