Tak ada yang bisa menebak bahwa kita bisa sampai disini. Terjebak dengan perasaan yang berujung indah ataukah akan sangat menyakitkan. Hubungan jarak jauh, beda budaya, beda gaya hidup dan beda agama. Tapi Tuhan tidak setega itu dan keajaiban selalu ada. Dan ini adalah 12 lagu yang selalu kudengarkan ketika mengingat perjalanan hidup.

Lagu ini untukmu, lagu ini untukku. Lagu ini untuk kita.

1. 1. Ed Sheeran – Give Me Love

Aku sudah mengatakan bahwa tak ada ada lagi jatuh cinta. Tragedi adalah hal terakhir yang membahagiakan yang pernah kurasa. Kukatakan padamu bahwa jatuh cinta bukanlah bidangku. Ada sangat banyak orang menemukan cinta sejatinya. Tapi aku bukanlah salah satu di antara mereka. Ini kutukanku dari kehidupan kerasnya rumah tangga yang hancur dan hubungan-hubungan istimewa yang mengecewakan.

Give me love like never before,
'Cause lately I've been craving more,
And it's been a while but I still feel the same,
Maybe I should let you go,

Kadang kala aku iri dengan mereka yang dengan bahagianya bisa bersama dan saling menjaga. Tapi aku harus sadar bahwa kutukanku tidak mengizinkanku untuk merasakan hal seperti mereka. Dan kau hanyalah jodohnya orang lain yang sedang kupinjam. Ya, orang lain sedang meminjamkan jodohnya padaku.

2. 2. Ray LaMontagne

Kita belum pernah bertemu sebelumnya. Yang kita tahu hanya merasa nyaman satu sama lain. Kau berjarak 350km jauhnya dariku, menjalani pendidikan untuk lebih baik dan perbaiki masa lalu yang perlu di perbaiki. Sampai kita bertemu di hari liburan. Kunikmati liburanku bersamamu dan alam yang membentang luas. Rasanya aneh, kemarin kita memacari orang yang belum pernah kita temui tapi punya perasaan khusus.

Whispered kisses in your ears

Touch so soft and warm

Confessions all of love for you, without words

Dan di pagi hari aku terbangun di sampingmu. Aku menyaksikan matamu terbuka, warna hitam di tengahnya, ada warna abu-abu di ujung korneanya dan sangat jelas garis-garis merah di warna putihnya. Sangat senang rasanya melihat warna mata seunik itu. Dan kita menikmati kebersamaan kita tanpa memikirkan ada benteng besar dengan slogan "Religion".

3. 3. Ed Sheeran – All Of The Stars

Kita selalu mendengarkan lagu ini. Ed Sheeran, All Of The Stars.

Kita mendengarkannya hingga rasanya lupa segalanya yang menyakitkan. Kau menikmati glaukoma-mu dan aku mensyukuri detak jantungku yang tak pernah normal. Ada infeksi di bagian perutku dan ada semacam berlian di kepalamu yang tumbuh perlahan-lahan. Aku bersandar di bahumu dan kau bersandar di kepalaku. Katamu kita akan baik-baik saja.

So, open your eyes and see

The way our horizons meet

And all of the lights will lead

Into the night with me

And I know these scars will bleed

But both of our hearts believe

All of these stars will guide us home

Diam dan dengarkan saja lagu ini.

4. 4. Ed Sheeran – Photograph

Dan jika jarakmu masih 350km dariku. Aku tetap menunggu disini. Jika ada benteng yang begitu kokoh, aku tetap bertahan. Biarkan lah alam yang menuntun kita, alam akan menyatu dengan harapan kita. Seberapa kuat pun benteng itu, alam akan selalu menang. Akan ada waktu dimana kita hampir berpisah. Tapi aku tidak peduli. Akan ada waktu dimana kita saling menyakiti. Tapi kau telah bersiap untuk merasakannya

Loving can hurt sometimes
But it's the only thing that I know
When it gets hard, you know it can get hard sometimes
It is the only thing that makes us feel alive
We keep this love in a photograph
We made these memories for ourselves
Where our eyes are never closing
Hearts are never broken, times forever frozen still

Cepatlah pulang dan kita bisa merencanakan tentang kita. Kita bercerita tentang kita.

5. 5. Nidji – Dosakah Aku

Sampailah kita pada lagu yang mungkin jahat. Aku satu-satunya yang bisa bertahan denganmu di saat kau tak bisa melihat. Kau satu-satunya yang menolak permintaan ayahmu yang menginginkan kau dengan yang lain. Tapi hal-hal seperti ini akan lebih baik. Bertahan saja untuk menunjukkan apa yang kita punya. Aku butuh dirimu walaupun aku masih sulit membedakan cinta yang nyata dan hanya drama. Aku ingin mengatakan banyak hal, tapi tak tahu cara mengatakannya. Jangan tatap diriku seperti itu. Itu adalah tatapan ketakutan yang bodoh. Beranilah, jangan menyerah. Ini memang tidak pernah mudah, sayang. Tapi Tuhan tidak akan setega itu.

Dosakah aku mencintaimu
Mendampingimu inginkanmu
Aku manjadi diri sendiri
Tak peduli apa kata dunia
Ku nanti hari ketika cinta datang cinta menang

Don't give up on us, I won't give up.

6. 6. Adam Levine – Lost Stars

Apakah kita akan saling membunuh jika sampai terpisah.? Cinta mungkin hal yang bodoh yang membuang-buang waktu. Tapi aku menikmatinya dan entah aku menyukainya. Aku merasa sangat senang mengetahui menjadi yang pertama untukmu. Pertama yang duduk di tengah keluarga besarmu. Pertama yang membuatmu mencari. Pertama yang begitu dengan mereka. Pertama yang membuatmu sekeras itu berfikir. Aku menyukai saat kita tertawa bersama tapi aku tidak suka jika merasakan rasa sakit yang memperingatkan kalau ini akan menjadi tragedi.

Who are we? Just a speck of dust within the galaxy?
Woe is me, if we're not careful turns into reality
But don't you dare let our best memories bring you sorrow
Yesterday I saw a lion kiss a deer
Turn the page, maybe we'll find a brand new ending
Where we're dancing in our tears
And God, tell us the reason youth is wasted on the young
It's hunting season and the lambs are on the run
We're searching for meaning
But are we all lost stars trying to light up the dark?

Begitulah liriknya, lagu yang sangat suka kudengarkan. Dan kau mempelajari chord gitarnya secara diam-diam. Lalu memainkan lagu ini de depanku. Ya Tuhan, lihatlah betapa beningnya mataku dan betapa luluhnya kulihat dia memainkan lagu ini.

7. 7. Selena Gomez – Good For You

Gonna wear that dress you like, skin-tight
Do my hair up real, real nice
And syncopate my skin to your heart beating
'Cause I just wanna look good for you
I just wanna look good for you, good for you
Let me show you how proud I am to be yours
Leave this dress a mess on the floor
And still look good for you, good for you
I'm in my marquise diamonds
I'm a marquise diamond
Could even make that Tiffany jealous
You say I give it to you hard
So bad, so bad
Make you never wanna leave
I won't, I won't

Aku tidak para wanita dan para lelaki yang mengganggu kita. Save you from her, save us from him. Aku tidak suka melihat mereka senang ketika kita jatuh. Aku tidak suka orang melupakan keadaan ketika seseorang ingin memiliki semuanya, walaupun juga ia ingin miliki milik orang lain. Jangan buat aku malu. Ini bukan posesif. Kita saling menjaga dan jangan hancurkan apa yang kita sedang bangun. Karena aku satu-satunya ciuman yang paling kau suka dan aku satu-satunya sentuhan yang kau selalu inginkan. Kuharap mereka segera berhenti mengejek serigala yang sedang kehausan.

8. 8. Ellie Goulding – On My Mind

Ya, tiba-tiba aku merasa bosan dengan caramu. Kau bilang kau takut, tapi kau hanya panik dengan kehidupanmu. Kau menunjukkan apa yang bisa kau miliki tapi aku sama sekali tidak peduli. Kau menunjukkan hal sangat megah di matamu. Tapi di mataku itu hanya sekumpulan anak-anak yang baru saja mengenal dunia dan terkejut akan dunia yang glamour. Aku bosan tapi aku menginginkanmu. Kau membosankan dan aku masih bertahan. Jadi berhentilah menunjukkan hal yang tidak berguna.

I always hear, always hear them talking
Talking 'bout a girl, 'bout a girl with my name
Saying that I hurt you but I still don't get it
You didn't love me, no, not really
Wait, I could have really liked you
I'll bet, I'll bet that's why I keep on thinking 'bout you
It's a shame, you said I was good
So I poured it down, so I poured it down

Kau bilang kau telah meneruskan hidup barumu dan kemudian kau membuatku murka dengan mengungkit hal indahmu yang dulu. Andai saja bisa membunuhmu. Dan kemudian kau meminta maaf, berjanji tak mengulanginya daripada kehilangan kita. Ini plin-plan.

9. 9. Miley Cyrus – Hands Of Love

Seperti inilah yang kau tunjukkan. Aku tidak bisa berfikir sekarang. Aku percaya tentang cinta dan kadang juga itu meragukan. Masih takut untuk memulai dan mengakui. katamu detak jantung kita hampir seirama. Sampai sekecil itu kau memperhatikannya. Apakah cinta memang paling kuat hingga selalu kuat.? Apakah mereka akan meruntuhkan kebahagiaan kita.? setega itukah.?

In the hands of love, we carry on
Stronger than we started
Be ashamed of the trail behind us
Wicked is the blinded
Who we are comes to life, yeah
Who we are comes to life

Lagu ini mengingatkan kita tentang bentang tanda larang antara dua orang yang berusaha tetap saling bersama. Tapi sekali lagi, aku tidak peduli. I love you.

10. 10. David Guetta ft Usher – Without You

Tanpa sadar aku telah mengucapkan cinta padamu.

I love you, –> Aku mencintaimu.

Hal yang paling kujauhi, hal yang paling mengerikan jika kubayangkan. Dan aku merasakannya begitu saja. Menyadarinya seperti kejutan dari Tuhan. Aku merasa aman dan ini pengakuan yang sangat aneh. Aku mengingat semuanya. Jadi, maafkanlah aku yang telah menyakiti kita berdua. Kuakui aku merasa sangat berat untuk meninggalkanmu. Kupikir kita akan baik-baik saja. Tapi ketika semalam saja tanpa di miliki olehmu rasanya seperti mati. Seperti hanya satu orang saja pergi dan rasanya seperti ribuan orang yang pergi. Mereka mulai berkenalan, mereka darimu dan mereka dariku. Dan tawa kita mengembalikan semuanya. Dan tanpamu telah kusadari sekosong dan sesakit apa. Dan denganmu kusadari semenyenangkan dan sebahagia apa.

I can't win, I can't reign
I will never win this game
Without you
Without you

I am lost, I am vain
I will never be the same
Without you
Without you

I won't run, I won't fly
I will never make it by
Without you
Without you

I can't rest, I can't fight
All I need is you and I
Without you
Without you

and again, I love you.

11. 11. Anji – Dia

you say "Aku merasa beruntung memilikimu. Merasa lengkap bersamamu. Kuharap kita selalu bisa bersama, sangat berharap."

I say "I love you"

you say "I love you more"

Dan kau memasangkan earphone di telingaku. Memintaku untuk mendengarkan baik-baik. Katamu lagu ini adalah pengakuanmu. Ya, kau memang bodoh untuk mengucapkan pengakuan lewat kata-kata. Dasar bodoh.

Di suatu hari
tanpa sengaja kita bertemu
aku yang pernah terluka
kembali mengenal cinta

Hati ini kembali temukan
senyum yang hilang
semua itu karena dia

oh Tuhan ku cinta dia
ku sayang dia, rindu dia, inginkan dia
utuhkanlah rasa cinta di hatiku
hanya padanya, untuk dia

Jauh waktu berjalan kita lalui bersama
betapa di setiap hari ku jatuh cinta padanya
dicintai oleh dia ku merasa sempurna
semua itu karena dia

Ini mungkin lebay. Tapi ini yang tepatnya terjadi. Kita tertawa di atas kebodohan kita.

12. 12. Zedd ft Foxes – Clarity

Kita punya hubungan yang berbahaya. Tantangan yang gila dan kita masih menikmatinya. Kita akan merasa sakit oleh slogan bertuliskan "religion" tersebut. Tapi yang mengerti kita hanyalah kita. Dan lebih sakit jika kita kehilangan kita. Hubungan ini tragedi kita tapi hubungan ini menyembuhkan diriku dari rasa trauma. Kau menunjukkan semuanya. Membuka mataku dan mencumbuku di bawah bulan.

Cause you are the piece of me
I wish I didn't need
Chasing relentlessly
Still fight and I don't know why
If our love is tragedy why are you my remedy
If our love's insanity why are you my clarity

stay with us, yes why not.