Kamu Enggak Perlu Cemas Lagi, 5 Tanaman Ini Dijamin Ampuh Cegah Ular Masuk Rumah

5 tanaman yang ampuh untuk mencegah ular masuk rumah.

Heboh ditemukanya anak ular kobra di pemukiman warga menjadi topik hangat belakangan ini. Teror ular kobra tentu saja membuat sejumlah masyarakat resah dan takut dengan fenomena tersebut. Menurut Pusat Reptil Ciliwung mengatakan bahwa kelahiran anak ular merupakan siklus alami saat musim hujan. Ular mulai kehilangan habitat aslinya, sehingga membuat sejumlah ular mencoba beradaptasi dengan lingkungan baru. Untuk mencegah hal tersebut, ternyata ada beberapa tanaman untuk mencegah ular datang ke rumah lho.

Mengutip dari laman HaiBunda, sebagian besar tanaman untuk mencegah ular datang memiliki aroma yang kuat. Ular tidak suka dengan aroma-aroma tersebut. Perlu juga diperhatikan penataannya. Salah satu cara menata tanaman untuk mencegah ular yaitu membuatnya seperti pembatas. Misalnya, tumbuhan bawang ditanam disepanjang pagar. Apa sajakah tanaman tersebut? berikut ulasannya.

Advertisement

1. Marigold

Marigold umumnya ditanam untuk mencegah datangnya hama. Akar dari tanaman ini bisa mencegah kehadiran tikus tanah.

Akar marigold mengeluarkan bau kuat yang bisa mengusir banyak hama dan binatang di kebun. Bau yang kuat dari marigold akan membuat hama tidak mau tinggal di situ, termasuk ular. Selain itu, warna yang cantik dari bunga marigold bisa membuat kebun rumah kamu lebih berwarna.

Advertisement

2. Sansivera

Tanaman lidah mertua atau Sansivera bisa mengusir ular karena daunnya yang tajam. Daun lidah mertua terlihat menyeramkan bagi ular.

Menanam lidah mertua juga tidak sulit kok. Tanaman ini hanya butuh disiram tiga kali seminggu dan dapat hidup hingga bertahun-tahun. Lidah mertua digunakan untuk mencegah ular di iklim panas maupun dingin.

3. Lavender

Tanaman lavender memiliki aroma yang kuat. Tikus dan hewan pengerat lainnya tidak akan suka dekat-dekat dengan tanaman lavender. Bau tidak sedap dari lavender akan mencegah datangnya ular. 

Advertisement

4. Serai India Barat

Serai India Barat

Serai India Barat via https://www.dokter.id

Serai menghasilkan aroma jeruk yang tidak disukai ular. Serai India merupakan salah satu tanaman terbaik untuk mengusir ular, nyamuk, bahkan kutu.

Pemeliharaan serai India cukup mudah. Tanaman ini hanya butuh sering disiram ketika daunnya mulai mengering.

5. Bawang Putih

Bawang Putih

Bawang Putih via https://hellosehat.com

Tanaman bawang putih sudah digunakan untuk mengusir ular oleh orang-orang Mesir Kuno, Yunani, dan Romawi. Ular tidak suka melata di atas daun-daunan. Minyak yang dilepaskan bawang putih bisa membingungkan ular ketika melata di atasnya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Writer Wannabe

CLOSE