4 Langkah Berpikir Kritis. Agar Kamu Tidak Termakan Informasi yang Salah

langkah-langkah berpikir kritis

Berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang perlu dimiliki oleh banyak orang. Dengan berpikir kritis maka akan membantu kamu membentuk suatu pola pikir yang terstruktur serta dapat menganalisis segala sesuatu dari berbagai sudut pandang yang rasional, termasuk untuk menganalisis sebuah informasi yang kebenarannya belum bisa dipertanggungjawabkan.

Istilah kritis berasal dari bahasa Yunani, yaitu Kritikos yang artinya memisahkan. Berpikir kritis berarti berpikir secara mendalam di mana kamu perlu mempertanyakan, menganalisis, serta mengevaluasi segala hal atau sesuatu.

Berikut ini adalah 4 langkah untuk bisa berpikir kritis agar kamu tidak termakan informasi yang salah.

Advertisement

1. Menelaah informasi dengan baik

maxmanroe.com

maxmanroe.com via https://www.maxmanroe.com

Pertama, jika kamu mendapat informasi atau sesuatu hal yang baru, maka kamu harus menelaahnya. Kamu harus mengetahui dasar-dasar mengenai informasi tersebut. Kuncinya kamu menyusun informasi dengan tepat agar mudah ditelaah.

2. Menentukan struktur alasan

tarlabu.wordpress.com

tarlabu.wordpress.com via https://tarlabu.wordpress.com

Ketika telah menelaah informasi yang kamu ketahui, maka selanjutnya adalah mengetahui struktur alasan dari informasi tersebut. Banyak orang yang langsung memberikan pendapat mengenai sebuah informasi, tetapi jarang memberikan alasan kuat yang mendukung pendapat mereka. Di sini yang perlu kamu lakukan adalah menentukan struktur berpikir yang rasional untuk mendukung alasan kamu jika ingin berpendapat.

Advertisement

3. Pertimbangkan bukti

economy.okezone.com

economy.okezone.com via https://economy.okezone.com

Langkah selanjutnya adalah mempertimbangkan bukti. Yap, untuk setelah kamu menelaah informasi dan menentukan struktur alasan dari sebuah informasi, langkah selanjutnya adalah dengan mempertimbangkan bukti yang kuat. 

Kamu perlu melihat bukti-bukti lain yang mendukung apakah informasi tersebut valid atau tidak. Lakukanlah dengan berbagai cara, seperti membaca buku, jurnal, maupun wawancara dari sumber yang kredibel.

4. Evaluasi argumen

bkpsdm.palangkaraya.go.id

bkpsdm.palangkaraya.go.id via https://bkpsdm.palangkaraya.go.id

Langkah yang keempat dapat kamu lakukan adalah dengan mengevaluasi argumen dari sebuah informasi yang ada. Ini dilakukan setelah langkah pertaman, kedua, dan ketiga sudah kamu lakukan. Langkah evaluasi ini penting, mengingat banyak sekali orang yang belum tentu berkompeten kemudian Ia menyebarkan informasinya begitu saja. Sebagai orang yang berpikiran kritis dan rasional, kamu harus memperhatikan hal ini, oleh karena itu mengevaluasi sebuah argumen dari informasi sangatlah penting untuk kamu lakukan.

Advertisement

5. Buat kesimpulan

id.depositphotos.com

id.depositphotos.com via https://id.depositphotos.com

Dan langkah terakhir adalah buat kesimpulan dari informasi yang telah kamu ketahui itu. Kamu sudah bisa menyimpulkan dari langkah-langkah berpikir kritis yang sudah kamu lakukan seperti di atas. Apakah informasi itu benar atau salah. Jika informasi tersebut salah, maka tinggalkanlah dan jika informasi tersebut benar, sebarkanlah dan gunakan jika kamu membutuhkannya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

I Write What I Like. Part-time Human Being.

CLOSE