#MimpiMasaMuda-5 Macam Halangan serta Rintangan untuk Mewujudkan Mimpimu dan Cara Mengatasinya

Hidup ini biasa-biasa saja yang hebat itu adalah apa yang kita lakukan di hidup ini

Kalau dipikir-pikir hal yang membuat kita bertahan hidup ya harapan, cita-cita dan  mimpi yang akan kita raih untuk diwujudkan. Saat kita kecil semua impian tampak mudah kita raih ketika kita besar nanti. Ternyata saat kita mulai tumbuh dewasa, kita mulai realistis.Kita sadar kalau butuh  tenaga ekstra dan pengorbanan serta kerja keras untuk mewujudkannya.

Sayangnya tidak semua hal dapat berjalan mulus saat kita hendak  mewujudkannya. Beberapa hal ini yang biasanya menjadi penghambat kita untuk mewujudkan impian, tapi tenang semua hambatan itu bisa kita atasi kok.

Advertisement

1. Modal

Green Plant in clear glass vase photo

Green Plant in clear glass vase photo via https://images.unsplash.com

Jer basuki mawa beya

Semua hal membutuhkan biaya termasuk untuk mewujudkan mimpimu. Di dunia ini mana ada sih yang gratis, bahkan kamu pipis di toilet umum aja bayar dua ribu. Apapun impianmu pasti membutuhkan banyak modal entah modal uang atau modal tekad. Masalahnya dari mana kamu dapat memperoleh modal ini? Untuk kamu yang masih pelajar kamu bisa mulai mengumpulkan modal untuk menggapai impianmu dengan menyisihkan uang saku. Selain itu bisa juga juga mulai jualan kecil-kecilan yang kamu tawarkan ke teman-teman sekitar.  Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah menjadi reseller suatu produk.

Advertisement

Kamu hanya  perlu rajin posting produknya, nanti kalau ada yang pesan tinggal kamu ambilkan ke supplier dan supplier ini yang nanti akan mengurus pesananmu. Uang dari hasil menyisihkan uang saku atau hasil jualan ini,  bisa kamu gunakan untuk pengembangan skill yang mendukung impian kamu. Kalau mimpimu ingin menjadi youtuber misalnya, bisa mulai kamu gunakan untuk mencicil melengkapi alat-alat seperti ringlight dan sebagainya. 

2. Motivasi

silhoute of man standing on high ground under red and blue skies

silhoute of man standing on high ground under red and blue skies via http://https

Seperti iman yang sering naik turun, kadang motivasi kita untuk mencapai impian kita juga gak selalu tinggi. Ada kalanya kita merasa jenuh capek dan ingin menyerah karena tidak melihat tanda-tanda mimpi kita akan bersinar terang.

Kalau suatu kali kita merasa lelah dan jenuh itu wajar kok. Istirahat dan rehat sejenak itu tidak masalah, asalkan kita gak berhenti. Kalau lagi di fase ini,  ingat-ingat lagi apa yang dulu membuat kamu  begitu bersemangat untuk ingin mewujudkan impianmu. Ambil jeda sebentar lihat sekitar dan tanya lagi kalau bukan kamu yang berusaha mewujudkannya mau siapa lagi?

Advertisement

3. Kesehatan

woman exercising indoors photo

woman exercising indoors photo via http://https

Kendaraan yang akan kita bawa untuk mewujudkan dan menikmati hasil dari impian kita ya kita sendiri, tubuh kita, fisik kita. Oleh karena itu kesehatan fisik kita juga penting. Sedari sekarang yuk#SehatSamaSama karena kan percuma sekali kalau #MimpiMasaMuda bisa kita wujudkan tapi kita tidak bisa menikmatinya karena kita sakit atau mengalami cidera.

Nabung kesehatan yuk mulai dari sekarang dengan rajin minum air putih, tidur tepat waktu tanpa begadang, bangun lebih pagi, perbanyak makan sayur dan menyempatkan olahraga fisik seminggu sekali entah itu bersepeda, berenang, lari atau senam.

Kalau dirasa hal-hal tersebut masih kurang buat tubuhmu, berarti kamu butuh suplemen tambahan agar kamu selalu merasa fit. Mengkonsumsi suplemen atau obat khusus multivitamin itu aman-aman saja bagi tubuhmu asal tepat sesuai kebutuhan dan dosisnya.

4. Orang Terdekat

woman in green academic dress standing on gray concrete

woman in green academic dress standing on gray concrete via http://https

Kadang hal yang membuat kita insekyur dan membuat kita meragukan diri sendiri adalah orang terdekat entah keluarga, teman atau pasangan. Kita seolah merasa kalau mereka gak ngerti apa yang kita mau atau yang kita pengen. Dan silnya, kita juga gak bisa maksa orang lain untuk selalu mengerti dan menyetujui segala keputusan yang kita ambil.

Padahal dukungan dari orang terdekat tuh booster banget yang membuat kita jadi lebih semangat. Ada kalanya mereka bisa kita abaikan tapi mau sampai kapan? Alih-alih mengacuhkan mereka, kamu bisa mulai menghadapi dengan menjelaskan pada mereka apa yang kamu mau dan buktikan kalau impianmu ini positif, baik dan bukan hal yang sia-sia,. Lama-lama mereka akan mengerti dan bakal jadi tim yang akan selalu mendukungmu.

 

5. Dirimu Sendiri

woman in white sweater wearing red scarf and black framed

woman in white sweater wearing red scarf and black framed via http://https

Pada akhirnya semua bergantung pada dirimu sendiri. Selagi kamu mau melangkah pasti ada jalan meski tidak selalu mudah. Tak ada jalan yang mulus menuju sebuah tujuan pasti ada kerikil, hujan, badai serta belokan tajam yang kadang bikin kita ingin menyerah.

Yang perlu kita lakukan adalah menghadapi semua itu. Meski suatu kali kita merasakan lelah dan frustasi seolah perjalanannya terlalu panjang dan tampak tak pernah sampai namun ingat tak ada hal yang sia-sia. Halangan itu ada, rintangan itu ada tapi selama kita terus maju dan tak berbalik arah kita pasti sampai. Semangat!

#MimpiMasaMuda#SehatSamaSama#HipweexNI

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE