5 Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan Selama Karantina di Rumah Aja. Asyik dan Nggak Bikin Bosen!

aktivitas selama karantina di rumah aja

Pandemi Covid-19 memaksa kita untuk meminimalkan aktivitas di luar rumah. Karena hal tersebut pemerintah mengarahkan agar masyarakat melakukan semua kegitan di rumah, seperti bekerja di rumah bagi para pekerja dan belajar di rumah untuk para pelajar serta mahasiswa. Ya, Indonesia kini di tengah masa karantina untuk menghentikan penularan Covid-19.

Akan tetapi, diam di rumah tidak boleh dijadikan alasan untuk bermalas-malasan. Selain harus menjalankan kewajiban seperti bekerja atau belajar, nggak ada salahnya bagi kita memaksimalkan waktu di rumah untuk melakukan aktivitas yang bikin rumah semakin nyaman ditempati.

Apa aja aktivitas tersebut? Berikut uraiannya.

1. Mendekor ulang kamar tidur

Photo by Dmitry Zvolskiy from Pexels

Photo by Dmitry Zvolskiy from Pexels via https://www.pexels.com

Dekorasi kamar dari dulu gitu-gitu aja? Ini waktu yang tepat untuk mendekor ulang kamarmu. Misalnya, kamu bisa mengecat ulang kamar dengan warna baru agar mendapatkan suasana yang lebih segar, mengganti seprai kasur, atau memperbarui furnitur di dalam kamar.

Jika hal di atas dirasa susah dilakukan, kamu cukup melakukan hal-hal sederhana. Seperti mengutak-ngatik tata letak kamar dan menambah beberapa detail di dalam kamar. Detail itu bisa menempelkan poster atau menyimpan tanahan hias. Satu hal yang penting, buatlah kamarmu lebih nyaman biar makin betah diam di rumah.

2. Membersihkan atau memperbarui kebun di lingkungan rumah

kebun rumah

kebun rumah via http://pinterest.com

Punya kebun di rumah? Mumpung di rumah, luangkan waktu untuk membersihkan atau memperbaruinya. Dimulai dari daun-daun yang sudah mati dan berserakan, agar enak dipandang, bersihkan daun-daun tersebut. Bisa juga membersihkan tanaman liar atau merapihkan tanaman yang ada di kebun agar terlihat lebih segar.

Jika memungkinkan, kamu bisa menambah koleksi tanaman di kebun agar lebih asri dan bervariasi. Tapi ingat, kalau ingin beli tanaman baru keluar rumah, perhatikan protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak ya.

3. Bersih-bersih rumah

bersih rumah

bersih rumah via http://www.pexels.com

Dari berbagai sumber, virus Covid-19 bisa bertahan di luar tubuh manusia. Maka dari itu, untuk meminimalkan pertumbuhan virus tersebut kita perlu rajin membersihkan lingkungan sekitar seperti rumah. Selain pencegahan dari Covid-19, membersihkan rumah manfaatnya untuk penghuni rumah sendiri ko, rumah jadi semakin nyaman dan bersih untuk ditinggali.

Membersihkan rumah pada prinsipnya enggak repot, cukup mengepel lantai secara teratur, menyapu atau membersihkan bagian rumah yang sering disentuh atau dipegang oleh penghuni rumah.

4. Waktu yang tepat buat sortir barang yang udah nggak terpakai

Photo by Burst from Pexels

Photo by Burst from Pexels via https://www.pexels.com

Jika rumah terasa sesak dan dirasa banyak barang, kamu perlu memikirkan untuk menyortir barang yang udah nggak dipakai. Barang tersebut bisa kamu jual, buang atau kamu sumbang. jika barang itu masih layak digunakan. Menyortir barang yang nggak perlu membuat rumah semakin nyaman dan membuat kesan hunian lebih luas. Layak untuk dicoba kan?

5. Memperbaiki bagian rumah yang akan atau sudah rusak!

rumah bocor

rumah bocor via http://housingestate.id

Rumah bocor, cat pudar dan segala bagian rumah yang akan atau sudah rusak tidak ada salahnya bagi kamu untuk mencoba memperbaikinnya. Waktu luang yang cukup banyak harus dimanfaatkan. Tak ada salahnya mencoba, jika akhirnya bagian rumah yang rusak tersebut tidak sepenuhnya tidak diperbaiki secara maksimal, setidaknya kamu sudah mencoba.

Lima aktivitas di atas adalah contoh yang bisa kamu lakukan agar rumahmu semakin nyaman untuk ditempati. Tentunya, masih banyak kegiatan lain yang bermanfaat selain 5 aktivitas yang sudah diuraikan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

“

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

une femme libre