Halo sahabat Hipwee! Kalian pernah nggak ngelihat anak laki-laki yang bisa make-up sebagus seniman make-up profesional? Kalian setuju nggak kalau make-up itu hanya bisa dilakukan oleh perempuan? Di sini ada lima anak laki-laki yang mematahkan stereotip bahwa make-up hanyalah untuk perempuan. Mereka secara langsung atau tidak langsung telah membuat kampanye tentang “make-up has no gender”. Baca artikel ini dan berikan tanggapanmu!

1. Jack

Jack dari UK adalah seniman make-up yang tergolong jenius. Ia masih berusia 10 tahun dan terlihat sangat piawai dalam bidang make-up. Ia terkenal dengan keahliannya membuat kontur wajah, penggambaran alis serta pemakaian eyeliner dan bulu mata palsu yang rapi.

Jack menjadi viral karena tutorial-tutorial make-up yang diunggah ke akun Instagramnya, @makeuupbyjack. Saat ini ia telah mempunyai 300 ribu pengikut. Ia juga beberapa kali diundang oleh beberapa program TV yang mengakui bahwa Jack merupakan salah satu anak paling jenius dalam sejarah di dunia make-up. Ia selalu mengingatkan slogan favoritnya setiap kali tampil di TV: “Make-up has no gender.”

Pada beberapa keterangan foto di akun Instagramnya, ia berusaha mengingatkan kaum laki-laki agar mereka tidak malu menunjukkan kesenangan terhadap dunia makeup. Banyak warganet yang setuju dengan hal ini.

Advertisement

Orang yang mencintai make-up dan membuka akun Instagram Jack pasti tidak sabar meng-klik tombol follow setelah menyaksikan keahlian make-up Jack yang impresif!

2. Jake Warden

Jake Warden via https://www.instagram.com

Nama Jake Warden meroket setelah ia mengunggah beberapa tutorial make-up di akun Instagramnya, @Jakewarden. Saat ini, ia berusia 15 tahun. Keahliannya dalam menggunakan make-up memang patut diacungi jempol. Ia dikenal dengan kemampuannya menggabungkan warna-warna make-up, termasuk eye shadow dan lipstik.

Di awal tahun 2017, jumlah pengikutnya di Instagram masih terbilang sedikit, namun saat ini ia telah memiliki pengikut sebanyak 2.1 juta orang. Artinya, semakin banyak orang yang ingin belajar make-up dari tutorial yang diunggah Warden, sekaligus semakin banyak yang mendukung pernyataan Warden bahwa laki-laki yang piawai dalam menggunakan make-up tidak seharusnya dipandang remeh.

3. Ryan Potter

Ryan Potter via https://www.instagram.com

Saat ini, Ryan Potter berusia 18 tahun, tetapi ia telah dikenal sejak usianya lebih muda karena ia aktif di Instagram dengan mengunggah tutorial-tutorial make-up di akunnya, @ryanbpotter. Selain aktif di Instagram, ia juga membuat vlog make-up di Youtube. Video pertamanya dirilis pada tahun 2016 dengan judul “Simple Modern Renaissance Palette Look”, yang telah ditonton lebih dari 14 ribu kali di Youtube. Ia tidak hanya menampilkan tutorial-tutorial make-up mainstream, tetapi berani berkreasi dengan membuat gaya make-up ciptaannya sendiri.

Pada beberapa keterangan foto di akun Instagramnya yang sekarang memiliki 288 ribu pengikut, ia sering mengatakan bahwa make-up adalah hobi, dan setiap orang berhak menikmatinya.

4. James Charles

James Charles via https://www.instagram.com

Mungkin orang-orang di Amerika sudah tidak asing lagi dengan nama James Charles. Ia adalah model laki-laki pertama pada majalah Covergirl di Amerika Serikat. Saat ini ia berusia 18 tahun, namun sudah dikenal sejak usianya masih 16 tahun karena ia mengunggah tutorial-tutorial make-up di akun Youtube dan Instagramnya.

Akun Instagram @jamescharles telah mencapai 2.5 juta pengikut, sedangkan akun Youtoube yang dibuatnya pada tahun 2015 kini telah mencapai hampir 2 juta pelanggan.

Tutorial-tutorial make-up yang dibagikan, terutama akhir-akhir ini, sudah semakin beragam. James Charles berkarya di bidang make-up dengan membuat kreasi sendiri. Ia tidak hanya memanfaatkan keahlian make-upnya untuk menciptakan wajah cantik, tetapi juga berkreasi dengan membuat gaya make-up untuk lakon-lakon seperti peri, monster, dan sebagainya.

5. Reuben de Maid

Reuben de Maid via https://www.instagram.com

Reuben de Maid adalah anak laki-laki yang sangat berbakat dan berasal dari Llandaff. Ia adalah seorang penyanyi. Ia juga memiliki bakat make-up yang sangat luar biasa untuk laki-laki seumurannya, yaitu 12 tahun. Instagramnya, @reubendemaid_1, telah diikuti sebanyak 17.2 ribu pengikut. Ia juga telah diundang oleh berbagai program TV untuk membicarakan tentang keahliannya, baik dalam dunia tarik suara maupun make-up.

Saat ia tampil di program TV Good Morning Britain, ia mengatakan bahwa ia mendapat cyberbully karena ia selalu tampil di TV dengan balutan make-up di wajahnya. Walau pun demikian, Reuben de Maid tetap berusaha tampil percaya diri dan terus mencoba untuk mengasah bakatnya di bidang make-up. Ia percaya bahwa make-up tidak hanya bisa dilakukan oleh perempuan.