Pekerjaan sebagai seorang entertainer ternyata tidak melunturkan tekad artis-artis ini untuk menimba ilmu. Di tengah kepadatan syuting, konser, atau rekaman, ternyata mereka masih meluangkan waktu untuk menyelesaikan studinya. Bahkan mereka menyandang predikat Cum Laude.

Berikut adalah lima penyanyi yang tidak hanya cantik dan bersuara merdu, tapi juga sukses di dunia pendidikan. Mereka barhasil meraih Cum Laude di program studinya masing-masing.

1. Setelah Berhasil di Dunia Seni Peran dan Merilis Album, Maudy Ayunda Menyempatkan Studi di Luar Negeri

Maudy Ayunda

Maudy Ayunda via https://www.instagram.com

Maudy Ayunda mengawali kariernya di dunia hiburan melalui film Untuk Rena pada tahun 2006. Namanya mulai dilirik di panggung keaktrisan saat menjadi pemeran utama dalam film Perahu Kertas. Dalam film ini Maudy juga ditunjuk untuk menjadi pelantun lagu ciptaan Dewi Lestari yang merupakan soundtrack film tersebut.

Selain membangun karier di dunia hiburan, Maudy juga termasuk pemerhati politik dan ekonomi di Indonesia. Terutama yang berdampak langsung terhadap kehidupan anak muda. Pemikiran kritis Maudy ini mendorong dirinya menyelesaikan studi di Universitas Oxford, Inggris. Jurusan yang ia ambil adalah Politics, Philosophy, and Economics. Ia lulus dengan predikat Cum Laude hanya dalam waktu tiga tahun.

2. Setelah Lulus dari Universitas Indonesia dan Tiga Tahun Berkarier di Filipina, Lala Karmela Masih Sempat Menempuh Studi Hukum

Lala Karmela

Lala Karmela via https://www.instagram.com

Advertisement

Sebelum aktif menyanyi, Lala Karmela lebih dulu menjadi pemeran sinetron remaja. Namanya melambung di dunia Tarik suara justru saat ia dikontrak oleh perusahaan rekaman di Filipina. Lala Karmela pindah ke Filipina, tempat kelahiran ibunya untuk berkarier sebagai penyanyi setelah menyelesaikan kuliah D3 Sastra Inggris di Universitas Indonesia pada 2006. Selama tiga tahun, ia berkarier music di Filipina.

Tahun 2009, Lala kembali ke Indonesia untuk meniti karier musiknya. Di tengah kesibukannya, Lala masih sempat mengambil studi Ilmu Hukum pada 2012. Ia lulus dan mendapat predikat Cum Laude pada 2016.

3. Mantan Penyanyi Cilik, Tasya Kamila, Meraih Cum Laude dan Melanjutkan S2 di New York

Nama Tasya Kamila

Nama Tasya Kamila via https://www.posbunda.com

Anak generasi 90-an pasti kenal pelantun lagu Anak Gembala dan Libur Telah Tiba ini. Mantan penyanyi cilik yang sudah beranjak dewasa ini bernama lengkap Tasya Kamila. Lama tak kelihatan di panggung hiburan tanah air, diam-diam Tasya memfokuskan dirinya di dunia pendidikan. Ia telah meraih gelar sarjana di jurusan Ekonomi dengan predikat Cum Laude.

Advertisement

Tidak berhenti di situ, kehausan Tasya akan ilmu membuatnya lanjut ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Tasya berhasil mendapatkan beasiswa untuk menempuh S2 di Columbia University, Amerika.

4. Member JKT48 Generasi Pertama, Jessica Veranda, Merupakan Lulusan Terbaik di Jurusan DKV Seangkatannya.

Jessica Veranda

Jessica Veranda via https://www.instagram.com

Jessica Veranda merupakan member JKT48 generasi pertama. Kariernya di JKT48 sangat mempengaruhi kehidupan pribadinya. Salah satunya adalah mengubah dirinya yang semula introvert menjadi sedikit lebih mau bersosialisasi.

Selain introvert, pandai menyanyi, dan lihai berkoreografi, ternyata ia juga lulusan Desain Komunikasi Visual (DKV). Tidak tanggung-tanggung, bahkan ia mendapat predikat Cum Laude di jurusan yang ia tempuh itu.

5. Suara Merdu dan Kejeniusan dalam Bermusik Isyana Sarasvati

Isyana Sarasvati

Isyana Sarasvati via https://www.kepogaul.com

Siapa yang tidak kenal dengan sosok anggun yang bersuara merdu, Isyana Sarasvati. Duetnya bersama Raisa dalam lagu berjudul Anganku Anganmu menjadi hits dan digandrungi kaum muda. Dibalik paras manis dan suara merdunya, Isyana ternyata pernah menyelesaikan studi di luar negeri dengan hasil yang membanggakan.

Pada usia 16, Isyana menerima beasiswa untuk belajar Pertunjukan Musik di Nanyang Academy of Fine Arts (NAFA), Singapura. Setelah itu ia juga berhasil lulus sebagai Best Scholarship Graduate dari Royal College of Music London.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya