5 Cara Agar Skripsimu Cepat Kelar, Mahasiswa Semester Tua Wajib Baca Ini!

Ini 5 Cara Agar Skripsimu Cepat Kelar

Kuliah adalah masa yang membutuhkan ketekunan, keuletan, dan semangat tinggi untuk belajar sesuai bidang yang diinginkan. Jika nggak memiliki hal tersebut, maka sangat berpotensi bahwa masa kuliahmu akan menghabiskan waktu yang cukup lama, karena banyaknya tugas yang harus diselesaikan mahasiswa.

 

 

Salah satu tugas yang dianggap paling memberatkan oleh seluruh mahasiswa di universitas adalah skripsi. Bagaimana nggak, skripsi secara nyata memberikan bukti tentang hasil karyamu sendiri namun dengan dukungan orang lain.

 

 

Skripsi butuh pengerjaan yang ekstra dibandingkan dengan tugas-tugas lain di perkuliahan. Selain membutuhkan keuletan, kamu juga harus menjaga kesehatan dan kekuatan mental.

 

 

Apabila kamu sudah berada di tahap menempuh tugas skripsi, maka wajib untuk mengetahui cara agar skripsimu cepat kelar.

 

 

Jika nggak, maka kamu akan rugi karena menghabiskan lebih banyak waktu dan biaya sebelum menempuh dunia kerja yang benar-benar nyata. Nah, berikut ini cara yang perlu kamu simak.

1. Aktif Mengikuti Bimbingan Skripsi

Dosen Skripsi

Dosen Skripsi via https://pakdosen.co.id

Advertisement

Penyelesaian tugas akhir mahasiswa atau skripsi sangat bergantung pada dosen pembimbing. Apabila mahasiswa kurang aktif, terutama pada saat menjalin kedekatan komunikasi dengan dosen maka penyelesaian skripsi menjadi lebih lama.

Oleh karena itu, cara penting yang pertama adalah rajin dan aktif mengikuti bimbingan skripsi. Selain itu, kamu harus mengenal dengan baik dosen pembimbingmu agar dapat memanfaatkan waktu lebih banyak bersama dosenmu.

Biasanya kamu akan mendapatkan jadwal bimbingan skripsi selama berada di tahap pengerjaan tugas tersebut. Hadirilah secara rutin jadwal bimbingan, bila perlu lakukan di luar jam bimbingan untuk mendapatkan kesempatan lebih.

Advertisement

2. Atur Waktu Pengerjaan Skripsimu dengan Baik

Waktu Pengerjaan Skripsi

Waktu Pengerjaan Skripsi via https://unsplash.com

Mahasiswa tentu memiliki karakter dan kemauannya masing-masing, sebagian besar terdapat para mahasiswa yang nggak hanya aktif di perkuliahan saja tetapi juga mencari pengalaman di bidang karir.

Apabila kamu merupakan salah satu mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi sekaligus melakukan aktivitas atau pekerjaan lain, maka aturlah waktu dengan baik.

Jika pekerjaan sampingan membuatmu keteteran untuk mengerjakan skripsi, sebaiknya berhentilah untuk sementara waktu, kemudian fokuslah dengan skripsimu saja.

Advertisement

3. Pilih Topik Skripsi Menarik Tetapi Nggak Terlalu Sulit

Topik dan Judul Skripsi

Topik dan Judul Skripsi via https://duniapendidikan.co.id

Hal penting yang seringkali dijadikan alasan agar skripsi mendapatkan nilai bagus adalah topik unik dan menarik, namun sebagian besar memang sulit untuk dikerjakan.

Inilah yang nantinya bisa membuat kelulusanmu terhambat karena lamanya waktu pengerjaan skripsi.

Tentu saja kamu sangat disarankan memilih topik yang menarik, tetapi gunakanlah metode dan cara penyelesaian yang cukup praktis untuk penelitiKamulam skripsimu.

4. Kejar Dosen Pembimbing Skripsimu Sekarang Juga

Bimbingan Skripsi

Bimbingan Skripsi via https://www.kuliahbahasainggris.com

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa dosen pembimbing skripsi merupakan aktor yang berperan penting agar skripsimu cepat kelar karena mendapatkan persetujuan dalam waktu singkat.

Apalagi jika dosen pembimbingmu tersebut sangat sulit untuk ditemui karena berbagai alasan, bahkan seringkali nggak memiliki waktu untuk menghadiri jadwal bimbingan.

Oleh karena itu, kamu nggak boleh berhenti mengejar dosen pembimbing skripsi. Jika kamu melihatnya di area perkuliahan segeralah menemuinya dan diskusikan tentang jadwal bimbingan serta tentang berbagai masalah pada skripsimu

5. Tunjukkan Kemauanmu untuk Mengerjakan Skripsi pada Dosen Pembimbing

Skripsi

Skripsi via https://pixabay.com

Skripsi cepat kelar sangat bergantung pada kemauan mahasiswa dalam mengerjakan tugas akhir. Dosen pembimbing pun akan malas jika mahasiswanya nggak memiliki semangat untuk menyelesaikan skripsi.

Maka tunjukkanlah kemauan yang besar serta alasan tertentu yang membuatmu harus menyelesaikan skripsi lebih cepat atau secara tepat waktu. Dosen tentu berusaha memahamimu jika kamu menyebutkan alasan agar skripsi cepat kelar.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Sosok wanita periang dengan ketawa lepas. Suka makan coklat sembari menulis.

CLOSE