5 Cara Jaga Rumah Tetap Sejuk Saat Cuaca Panas, Bikin Betah!

Cuaca panas tentu bikin kita malas beraktivitas. Biasanya, kita akan memakai alat pendingin ruangan supaya rumah terasa lebih sejuk dan tidak kepanasan. 

Namun, tidak dapat kita pungkiri bahwa hal ini bisa bikin tagihan listrik makin membengkak. Apalagi, kalau kita menggunakannya sepanjang hari tanpa jeda waktu. 

Nah, berikut ini ada beberapa cara praktis dan hemat supaya rumah tetap sejuk, meski tidak memasang alat pendingin atau AC. Simak selengkapnya yuk, Sobat Hipwee!

Advertisement

1. Menutup Tirai dan Jendela

unsplash.com

unsplash.com via https://unsplash.com

Sinar matahari yang terik dapat membuat suhu di dalam ruangan meningkatkan. Pada siang hari, kamu bisa menutup tirai dan jendela untuk menjaga ruangan tetap sejuk dan menghindari masuknya cahaya matahari.

Gunakan tirai dengan bahan yang tebal agar sinar matahari tidak dapat menembusnya. Cara ini dapat dilakukan agar terhindar dari cuaca panas, lo.

Advertisement

2. Matikan Lampu Jika Tidak Digunakan

unsplash.com

unsplash.com via https://unsplash.com

Selain menghemat listrik, mematikan lampu ketika tidak digunakan juga bisa membuat ruangan terasa lebih sejuk. 

Sebab, hawa panas dan cahaya dari lampu dapat meningkatkan suhu ruangan. Namun, SoHip juga dapat mencoba alternatif lain dengan menggunakan lampu hemat energi untuk mengurangi hawa panas.

3. Banyak Tanam Tumbuhan Hijau

Advertisement
unspalsh.com

unspalsh.com via https://unsplash.com

Menanam pohon di luar rumah dan meletakkan tanaman hias di dalam ruangan juga bisa menciptakan hawa yang sejuk. Apalagi, tanaman hijau dapat membuat rumah terasa lebih asri, lo.

Selain itu, menambah tanaman di dalam ruangan juga bisa meningkatkan aksen dekorasi rumah agar rumah terlihat lebih cantik dan memanjakan mata.

4. Gunakan Humidifier Agar Suhu Tetap Terjaga

unsplash.com

unsplash.com via https://unsplash.com

Saat cuaca panas, udara akan lebih kering sehingga membuat ruangan terasa pengap. Nah, untuk menstabilkan tingkat kelembaban ruangan, kamu bisa meletakkan humidifier di atas meja dan rak.

Humidifier ini juga dapat membantu kamu mengatasi iritasi, kulit kering, bibir pecah-pecah, dan sakit tenggorokan. Jadi, pastikan selalu sedia humidifier, ya!

5. Pilih Jenis Kain yang Tepat untuk Sofa

unsplash.com

unsplash.com via https://unsplash.com

Supaya kamu bisa bersantai dengan nyaman saat cuaca panas, gunakanlah sarung sofa dengan bahan yang ringan dan sejuk, seperti katun dan linen. 

Selain itu, coba ganti seprai untuk matras dengan kedua bahan di atas agar tidur menjadi lebih nyenyak.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga rumah tetap sejuk. Selain mudah, cara di atas bisa membantu kamu dalam menghemat listrik karena tidak bergantung pada penyejuk udara.   

Kamu juga bisa menghindari penggunaan terlalu banyak furniture di dalam rumah. Jadi, ruangan tidak terasa pengap dan sesak.

Namun, bukan cuma suhu ruangan, suhu tubuh pun perlu kita jaga agar terhindar dari udara panas. Caranya adalah dengan memenuhi kebutuhan air minum dan batasi gerakan. 

Selain itu, hindari terlalu sering aktivitas di luar ruangan. Hal ini bertujuan untuk menghindari paparan sinar matahari dan udara panas. Semoga bermanfaat, Sobat Hipwee!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

ruparupa.com merupakan e-commerce resmi ACE, Informa, Toys Kingdom, dan Grup Kawan Lama lainnya. ruparupa.com hadir untuk membantu menjalani kehidupan yang lebih baik buat semua orang karena rumah adalah awal semuanya dimulai.

CLOSE